Contoh Explanation Text about Rainbow dan Artinya

Hi, English learners, berbicara tentang pelangi, tentu kamu sudah tak asing lagi dengan fenomena indah di langit ini, kan. Kemunculan pelangi ini memang bisa diamati oleh berbagai orang di belahan dunia, tak seperti aurora yang ada di sekitar kutub bumi. Mengingat pelangi lumayan familiar, fenomena alam ini kerap dijadikan bahan untuk penulisan explanation text.

contoh explanation text about rainbow

Contoh explanation text about rainbow, image by reddit.com

Setelah sebelumnya ContohText membahas fenomena langit lain dalam explanation text about aurora, kebetulan kali ini kita akan membagikan explanation text about rainbow dan arti terjemahannya. Agar tak penasaran dengan bagaimana proses pelangi terjadi, langsung saja simak berikut ini!


Contoh Explanation Text about Rainbow

How Do Rainbows Form?

contoh explanation text about rainbow

How do rainbows form? image by webexhibits.org

Rainbow is an arch of light that exhibits the spectrum of colors in their order in the sky. This natural phenomenon is most commonly seen when the sunlight strikes raindrops falling from distant rain clouds. Generally, this is only in the early morning or late afternoon.

When the sunlight enters a raindrop, it is refracted by a slightly different amount during its passage from the air into the water. Then the light is reflected back from the drop and refracted back a second time as it emerges into the air. Because a ray of white sunlight is actually composed of all the colors of the spectrum, the white light is separated into various colors inside the drop. In the primary rainbow, the colors are, from inside to outside, violet, blue, green, yellow, orange, and red. The colors can be seen only when the angle of the reflection between the sun’s rays, the drops of water, and the observer’s line of vision is between 40 and 42 degrees.

Occasionally, another faintly rainbow or called secondary bow may also be seen. The secondary bow is seen above the primary bow and has a reversed color sequence. It is produced by light that has been reflected from two different points on the back of the drops before emerging into the air.


Arti Terjemahan Explanation Text abut Rainbow

Bagaimana Pelangi Terjadi?

Pelangi adalah lengkungan cahaya yang memperlihatkan spektrum warna yang berurutan di langit. Fenomena alam ini paling sering terlihat ketika sinar matahari menerpa air hujan yang jatuh dari awan hujan yang jauh. Umumnya, ini hanya di pagi hari atau sore hari.

Ketika sinar matahari memasuki tetesan air hujan, ia dibiaskan dengan jumlah yang sedikit berbeda selama perjalanannya dari udara ke dalam air. Kemudian cahaya dipantulkan kembali dari tetesan air hujan dan dibiaskan kembali untuk kedua kalinya saat muncul ke udara. Karena sinar matahari putih sebenarnya terdiri dari semua warna spektrum, cahaya putih dipisahkan menjadi berbagai warna-warna di dalam tetesan air hujan. Pada pelangi primer, warnanya dari dalam ke luar yaitu ungu, biru, hijau, kuning, oranye, dan merah. Warna-warna tersebut dapat dilihat hanya ketika sudut pantulan antara sinar matahari, tetesan air, dan garis penglihatan dari pengamat adalah antara 40 dan 42 derajat.

Terkadang, pelangi samar lain atau disebut pelangi sekunder juga dapat terlihat. Pelangi sekunder terlihat di atas busur utama dan memiliki urutan warna terbalik. Ia diproduksi oleh cahaya yang telah dipantulkan dari dua titik berbeda di belakang tetesan sebelum muncul ke udara.

Baiklah, itu tadi salah satu contoh explanation text about rainbow dan arti terjemahannya yang dapat kamu jadikan bahan atau referensi tugas Bahasa Inggris. Selain explanation text tentang pelangi tersebut, kamu juga bisa menemukan explanation text global warming dan tsunami, ataupun materi belajar Bahasa Inggris lainnya mengenai vocabulary, tenses dan grammar Bahasa Inggris di laman daftar isi ContohText yang telah kami sediakan atau klik saja kategori terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel