Contoh Explanation Text Tsunami dan Artinya

Hi, English learners, setelah sebelumnya ContohText membagikan explanation text global warming, kali ini kita masih tetap akan membahas explanation text namun dengan topik fenomena alam yang lainnya.

Contoh explanation text about tsunami

Contoh explanation text about tsunami, image by bbc.co.uk

Kalau berbicara tentang bencana alam di dunia yang bersifat destruktif dan mematikan, tsunami pasti masuk dalam kategori tersebut. Bahkan di tahun 2004 silam, bencana ini melanda sebagian besar daerah pesisir di kawasan Asia Tenggara. Nah, tapi bagaimana sih sebenarnya proses gelombang besar ini bisa terjadi di lautan?

Agar tak penasaran lagi, berikut ContohText bagikan salah satu explanation text mengenai proses terjadinya tsunami. Selain menambah wawasan, contoh explanation text tsunami ini juga bisa kamu gunakan sebagai bahan atau referensi penulisan untuk tugas Bahasa Inggris kalian di sekolah. Selamat menyimak!


Contoh Explanation Text Tsunami

How Does a Tsunami Occur?

Tsunami is a scientific term for a class of abnormal sea wave that can cause catastrophic damage when it hits a coastline. This word comes from the Japanese word, which means harbor (tsu) and wave (nami). Tsunamis can be generated by an undersea earthquake and landslide, volcanic eruptions, or by the force of an asteroid crashing into the ocean. The most frequent cause of tsunamis is an undersea earthquake.

A tsunami is started to develop after an earthquake or other generating impulses occurs. A series of waves then spreads over the ocean surface in ever-widening circles. In deep water, the height of a tsunami is only about 30 to 60 centimeters. However, it behaves like shallow water waves, which means the deeper the water, the faster it travels. For instance, a tsunami can travel more than 400 kilometers per hour at 4,000 meters deep in the ocean.

As the waves approach the land, friction with the rising sea bottom and turbulences reduce the speed of the waves. As the speed lessens, the wavelengths become shortened and the wave heights increase. The force of a tsunami as it reaches shore is still enormous, and it will continue to travel until its energy is completely dissipated. It may travel inland several hundred feet that carrying with it boats, large rocks, trees, and other heavy debris. Coastal waters may rise as high as 30 meters above normal sea level in 10 to 15 minutes. The flow of the water back to the sea can also be extremely destructive.

All lowland coastal areas are vulnerable to tsunamis. The waves pack enough energy to destroy an entire coastal community in moments. Because these waves have very long periods, the danger posed by a tsunami can last several hours and the first wave may not be the largest of the series.


Arti Terjemahan Explanation Text about Tsunami

Bagaimana Tsunami Terjadi?

Tsunami adalah istilah ilmiah untuk kelas gelombang laut yang tidak normal yang dapat menyebabkan kerusakan bencana ketika menyentuh garis pantai. Kata ini berasal dari kata Jepang, yang berarti pelabuhan (tsu) dan gelombang (nami). Tsunami dapat ditimbulkan oleh gempa bumi bawah tanah dan tanah longsor, letusan gunung berapi, atau oleh kekuatan asteroid yang menabrak samudera. Penyebab tsunami yang paling sering adalah gempa bumi bawah laut.

Tsunami mulai terbentuk setelah gempa bumi atau dorongan pemicu lainnya terjadi. Serangkaian gelombang kemudian menyebar ke permukaan laut dalam lingkaran yang terus melebar. Di perairan dalam, ketinggian tsunami hanya sekitar 30 hingga 60 sentimeter. Namun, ia berperilaku seperti gelombang air dangkal, yang berarti semakin dalam air, semakin cepat ia bergerak. Sebagai contoh, tsunami dapat melaju lebih dari 400 kilometer per jam pada kedalaman 4.000 meter di laut.

Ketika gelombang mendekati daratan, gesekan dengan naiknya dasar laut dan turbulensi mengurangi kecepatan gelombang. Saat kecepatan berkurang, panjang gelombang menjadi lebih pendek dan ketinggian gelombang meningkat. Kekuatan tsunami saat mencapai pantai masih sangat besar, dan akan terus bergerak hingga energinya benar-benar hilang. Ia dapat bergerak ke daratan beberapa ratus kaki dengan membawa serta perahu, batu besar, pohon, dan puing-puing berat lainnya bersamanya. Perairan pesisir bisa naik setinggi 30 meter di atas permukaan laut normal dalam 10 hingga 15 menit. Aliran air kembali ke laut juga bisa sangat merusak.

Semua wilayah pesisir dataran rendah rentan terhadap tsunami. Gelombang-gelombang ini memiliki energi yang cukup untuk menghancurkan seluruh komunitas pesisir dalam beberapa saat. Karena gelombang ini memiliki periode yang sangat panjang, bahaya yang ditimbulkan oleh tsunami dapat berlangsung beberapa jam dan gelombang pertama mungkin bukan yang terbesar dari rangkaian tersebut.

Baiklah, itu tadi salah satu contoh explanation text tsunami beserta arti terjemahannya yang tentunya bisa kamu jadikan referensi atau untuk bahan tugas Bahasa Inggris. Jika kamu mencari contoh explanation text lainnya ataupun jenis teks lain, kamu bisa langsung kunjungi laman daftar isi ContohText atau klik kategori terkait yang telah tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel