Contoh Explanation Text about Aurora dan Artinya

Hi, English learners, kalau berbicara mengenai fenomena alam yang menakjubkan, kalian pasti sudah tak asing lagi dengan aurora. Fenomena cahaya yang menyerupai tirai di sekitar belahan kutub bumi ini memang sangat indah dengan warna-warna menarik. Nah, karena banyak yang sudah familiar, fenomena aurora ini kerap jadi bahan penulisan ataupun referensi explanation text.

contoh explanation text about aurora

Aurora borealis, image by indystar.com

Menyambung di atas, setelah sebelumnya ContohText membagikan explanation text global warming dan tsunami, kali ini kita akan membagikan contoh explanation text about auroras dengan terjemahannya. Penasaran dengan explanation text mengenai proses aurora terjadi? Simak berikut ini!


Contoh Explanation Text about Aurora

How Do Auroras Occur?

contoh explanation text about aurora

How do the northern lights occur? image by sciencelearn.org.nz

Auroras are luminous atmospheric phenomena in the night sky that occur most frequently in high latitudes of both hemispheres. They are categorized specifically according to their location. Auroras in the Northern Hemisphere are called the northern lights (aurora borealis), and in the Southern Hemisphere, auroras are called the southern lights (aurora australis).

Auroras are caused by the sun, but they are not sunlight. In addition to light, the sun also sends out electrically charged particles stream of electrons and protons, called the solar wind. This stream of particles travels from the sun towards the Earth at high speed.

The earth is surrounded by a magnetic field, consisting of north and south magnetic poles. These magnetic poles are not the same as the North and South poles. As the charged particles in the solar wind penetrate the earth’s magnetosphere and enter the lower Van Allen radiation belt, the earth magnetic field deflects it to the magnetic poles. Then they collide with gas molecules, mostly oxygen and nitrogen, in the atmosphere. These collisions cause them to emit visible light at various wavelengths, creating the colors of the aurora. Because the light of auroras is not strong enough, they are generally only visible at night.


Arti Terjemahan Explanation Text tentang Aurora

Bagaimana Aurora Terjadi?

Aurora adalah fenomena atmosfer bercahaya di langit malam yang kerap terjadi di lintang tinggi kedua belahan bumi. Mereka dikategorikan secara spesifik berdasarkan lokasi mereka. Aurora di Belahan Utara disebut cahaya utara (aurora borealis), dan di Belahan Selatan, aurora disebut cahaya selatan (aurora australis).

Aura disebabkan oleh matahari, tetapi bukan sinar matahari. Selain cahaya, matahari juga mengirimkan aliran partikel elektron dan proton yang bermuatan listrik, yang disebut angin surya. Aliran partikel ini bergerak dari matahari menuju Bumi dengan kecepatan tinggi.

Bumi dikelilingi oleh medan magnet, yang terdiri dari kutub magnet utara dan selatan. Kutub magnet ini tidak sama dengan kutub Utara dan Selatan. Saat partikel bermuatan dalam angin surya menembus magnetosfer bumi dan memasuki sabuk radiasi Van Allen yang lebih rendah, medan magnet bumi membelokkannya ke kutub magnet. Kemudian mereka bertabrakan dengan molekul gas, yang sebagian besar oksigen dan nitrogen, di atmosfer. Tabrakan ini menyebabkan mereka memancarkan cahaya yang bisa terlihat pada berbagai panjang gelombang, menciptakan warna aurora. Karena cahaya aurora tidak cukup kuat, mereka umumnya hanya terlihat di malam hari.

Oke, itulah tadi salah satu contoh explanation text about auroras dengan arti terjemahannya. Selain bisa menambah wawasan kamu akan fenomena alam tersebut, kamu juga bisa menjdikannya sebagai salah satu referensi atau bahan dalam menulis explanation text dalam Bahasa Inggris. Buat kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris lebih, selain explanation text tersebut, kamu bisa mengunjungi laman daftar isi ContohText yang tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel