Cara Membuat Email di Gmail Menggunakan HP dan Komputer

Di zaman yang serba digital ini, kebutuhan kita akan email pasti tak bisa dipungkiri lagi. Hampir segala sesuatu aktifitas yang kita lakukan di internet memerlukan email, seperti untuk membuat akun media sosial, belanja online, dan berbagai kebutuhan lainnya. Dari sekian banyak penyedia email, Gmail merupakan salah satu penyedia yang memiliki banyak pengguna dan reliable. Tak hanya itu, cara membuat email di Gmail juga terbilang cukup mudah dan simpel sehingga tak menyulitkan.

Cara membuat email di Gmail

Cara membuat email di Gmail, image by xda-developers.com

Akun email dari Gmail menawarkan berbagai fitur menarik, seperti kapasitas penyimpanan pesan yang lebih lega hingga filter untuk spam yang masuk. Jadi, paling tidak inbox-mu akan aman dari pesan-pesan sampah di internet yang banyak berseliweran.

Nah, kalau kamu tertarik buat Gmail baru untuk berbagai kebutuhan pembuatan akun, kali ini ContohText akan berbagai tutorial mengenai cara membuat email di Gmail. Cara yang kita bagikan di sini terdiri dari 2 cara, yakni menggunakan HP melalui aplikasi Gmail dan browser, ataupun menggunakan browser di Komputer.

Note: Oh, iya. Satu hal penting yang harus kamu persiapkan untuk buat Gmail baru yaitu nomor ponsel yang aktif dan belum pernah digunakan untuk mendaftar di Gmail sebelumnya. Nomor ini akan digunakan untuk verifikasi nantinya agar email aktif dan siap digunakan.


Cara Membuat Email Gmail di HP Menggunakan Aplikasi Gmail atau Browser

Bagi yang menggunakan smartphone Android atau iPhone, kamu bisa buat email Gmail dengan melalui aplikasi Gmail yang tersedia. Kalau belum punya bisa download Gmail di Google Play ataupun App Store. Untuk cara membuat email di aplikasi ini, ikuti langkah berikut:

  • Pertama, kunjungi gmail.com melalui browser di HP. Kalau kamu ada aplikasi Gmail di HP dan sebelumnya sudah ada email yang masih log-in, pilih buka aplikasi Gmail, klik tiga garis di bagian kiri atas. Setelah tab pengaturan muncul, scroll ke bagian paling bawah klik Settings (Pengaturan) , lalu Add account (Tambah akun) , dan pilih Google.
  • Pilih Create account (Buat akun) . Nanti akan muncul pilihan, lau pilih For myself (Untuk diri sendiri) .
  • Selanjutnya masukkan nama depan di kolom First name dan nama belakang di kolom Last name. Setelah selesai, klik tomol Next (Berikutnya).
  • Di laman berikutnya ini, kamu perlu memasukkan tanggal lahir pada kolom yang disediakan. Month (Bulan) , Day (Tanggal) , dan Year (Tahun). Kemudian pilih Gender (Jenis kelamin). Setelah semua terisi dengan benar klik tombol Next (Berikutnya).
  • Pada laman berikutnya, kamu akan diberikan alternatif pilihan alamat email, pilih yang sesuai dengan keinginan dan klik Next (Berikutnya). Kalau kurang bagus atau pas, pilih Create a different Gmail address, dan buat sesuai keinginan.
  • Setelah itu masukkan sandi yang diinginkan. Kata sandi harus minimal 8 karakter dan berisi kombinasi angka, huruf, dan simbol. Kemudian klik Next (Berikutnya).
  • Terakhir, setujui laman Privacy and Terms dengan cara scroll ke bagian bawah dan klik tombol I agree (Saya setuju).

Cara Membuat Email Gmail di Komputer

Bagi kalian yang kebetulan sedang menggunakan komputer ataupun laptop dan malas ingin buka HP, kalian bisa buat Gmail baru dengan mengikuti langkah berikut:

  • Pertama buka browser kamu (bisa Firefox, Chrome, atau Opera) dan kunjungi gmail.com. Kemudian pilih Buat akun.
  • Nantinya akan muncul pilihan Untuk diri sendiri dan Untuk mengelola bisnis saya. Kalau untuk kebutuhan email pribadi, sebaiknya pilih Untuk diri sendiri.
  • Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang sesuai keinginan. Lalu masukkan nama pengguna (username). Alam email yang kamu buat nantinya akan berupa nama pengguna diikuti @gmail.com. Semisal nama pengguna yang dimasukkan “contoh”, nama emailnya menjadi “contoh@gmail.com”.
  • Kemudian masukkan kata sandi. Untuk kata sandi, disarankan menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol minimal 8 karakter.
  • Setelah selesai, klik tombol Berikutnya.
  • Di bagian selanjutnya ini, kamu akan diminta untuk memasukkan Nomor telepon, Alamat email pemulihan (jika ada), Tanggal lahir, dan juga Jenis kelamin. Jika tak memiliki alamat email pemulihan, kamu bisa melewatinya dengan cara dikosongkan saja.
  • Setelah semua terisi dengan benar, klik tombol Berikutnya.
  • Di sini kamu akan dimintai untuk melakukan verifikasi nomor telepon yang kamu masukkan tadi. Kamu bisa langsung verifikasi dengan klik tombol Kirim, atau ingin melakukan verifikasi lain kali klik Jangan sekarang. Kalau kamu melakukan verifikasi langsung, pilih verifikasi melalui pesan sms dan tunggu hingga sms dari Google masuk. Masukkan kode yang tertera pada kotak kode verifikasi yang tersedia.
  • Tahap terakhir adalah persetujuan Privasi dan Persyaratan, klik tombol Saya setuju untuk melanjutkan proses buat Gmail baru. Setelah kamu klik Saya setuju, klik Lanjutkan ke Gmail dan kamu akan diarahkan ke laman akun Gmail yang baru saja kamu buat.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat email di Gmail baik melalui HP dan komputer. Semoga tutorial di atas bisa membantu dan memudahkan kamu untuk buat Gmail baru yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan daftar akun sosial media dan online shop, seperti daftar Tokopedia, Lazada, Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel