Contoh Explanation Text about Rain dan Artinya

Hi English learners, berbicara tentang hujan, fenomena alam satu ini memang sudah tak diragukan lagi memiliki dampak yang signifikan bagi manusia dalam memberikan suplai kebutuhan air secara alami. Meski hujan tak asing lagi di kehidupan kita, tapi apa sebenarnya kamu tahu bagaimana proses terjadinya hujan?

Contoh explanation text about rain

Contoh explanation text about rain, image by phenomenon.org

Menyambung dari apa yang ada di atas, ContohText kali ini akan membagikan salah satu contoh explanation text about rain dan arti terjemahannya untuk dijadikan bahan referensi tugas. Selain contoh explanation text berikut, kami juga sebelumnya membahas tentang explanation text global warming, auroras, tsunami, dan rainbow.


Contoh Explanation Text about Rain

How is Rain Formed?

Without water, life as we know it would cease to exist. Living organisms depend upon water for surviving, including human. Most areas all over the world rely on rainfall for the supply of fresh water. Rain is basically drops of liquid water that fall from clouds to distribute water naturally across the land. However, how is rain formed?

The oceans are the main source of rain, but rivers and lakes also contribute to it. When the sun shines, it heats and evaporates the water. The water vapor then rises into the atmosphere as an invisible vapor. As the air is cooled, the water vapor in the cooling air condenses to form clouds and then raindrops.

Raindrops start to form when there is particulate matter in the air, such as dust or salt, at temperatures above freezing. These particles are called condensation nuclei. When the nuclei are cooled to temperatures below freezing point, water condenses around them in layers. The particles then become quite heavy that they resist updrafts and fall through the clouds as rainfall. Technically, only water drops with diameters greater than 0.5 millimeters are called rain. Smaller drops are usually known as drizzles.


Arti Terjemahan Contoh Explanation Text about Rain

Bagaimana Hujan Terjadi?

Tanpa air, kehidupan seperti yang kita tahu tidak akan ada lagi. Organisme hidup bergantung pada air untuk bertahan hidup, termasuk manusia. Sebagian besar wilayah di dunia bergantung pada curah hujan untuk pasokan air bersih. Hujan pada dasarnya adalah tetesan cairan air yang jatuh dari awan untuk mendistribusikan air secara alami ke seluruh daratan. Namun, bagaimana hujan terjadi?

Lautan adalah sumber utama hujan, akan tetapi sungai dan danau juga ikut berkontribusi. Saat matahari bersinar, ia memanaskan dan menguapkan air. Uap air kemudian naik ke atmosfer sebagai uap yang tidak terlihat. Saat udara mendingin, uap air di udara yang dingin mengembun membentuk awan dan kemudian tetesan hujan.

Tetesan hujan mulai terbentuk ketika ada partikel di udara, seperti debu atau garam, pada suhu di atas titik beku. Partikel-partikel ini disebut inti kondensasi. Ketika inti didinginkan ke suhu di bawah titik beku, air mengembun di sekitarnya berlapis-lapis. Partikel-partikel itu kemudian menjadi sangat berat sehingga mereka melawan arus dan jatuh melalui awan sebagai hujan. Secara teknis, hanya tetesan air dengan diameter lebih besar dari 0,5 milimeter yang disebut hujan. Tetes kecil biasanya dikenal sebagai gerimis.

Baiklah, itu tadi salah satu contoh explanation text about rain dan arti terjemahannya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan atau referensi tugas Bahasa Inggris. Kalau kamu ingin mencari materi belajar Bahasa Inggris lain seperti belajar grammar dan tense Bahasa Inggris, vocabulary, dan jenis teks, kamu bisa menemukan lebih lengkapnya di laman daftar isi ContohText.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel