3 Cara Screenshot Vivo Y15 tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah lumayan sukses dengan budget phone Vivo Y15 tahun 2013 silam, kini Vivo kembali menghadirkan lagi Vivo Y15 dengan spesifikasi dan fitur yang jauh lebih baik. Smartphone mid-range ini hadir dengan bodi policarbonat dan layar FullView HD+ 6.35 inci. Kinerjanya disokong oleh daya dari baterai berkapasitas 5000 mAh. Selain itu, OS Android 9.0 Pie yang ditanamkan juga kian membuat performa semakin mulus untuk menyajikan berbagai kemudahan bagi pengguna, salah satunya membuat cara screenshot Vivo Y15 mudah dan praktis.

Cara screenshot Vivo Y15 2019

Cara screenshot Vivo Y15, image via digitalwebreview.com

Meskipun cara screenshot HP Vivo ini sudah cukup mudah, tak jarang masih ada yang kesulitan dalam mengambil gambar screenshot HP Vivo satu ini. Untuk itulah, di kesempatan kali ini ContohText akan memberikan tutorial mengenai beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak 3 cara screenshot Vivo Y15 di bawah ini.


Cara Screenshot Vivo Y15 dengan Tombol

Cara screenshot Vivo yang pertama ini merupakan cara yang bisa dibilang paling cepat dan mudah karena hanya menekan tombol kombinasi yang ada pada smartphone. Cara ini juga paling lazim ditemukan pada berbagai tipe smartphone, mulai dari Asus, Lenovo, Samsung, hingga iPhone. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

  1. Pertama-tama buka aplikasi ataupun tampilan layar aktif yang akan kamu screenshot.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Power dan Volume Down selama sepersekian detik hingga smartphone merespon dengan munculnya suara jepretan kamera ataupun gambar thumbnail dari hasil screenshot di layar.
  3. Setelah selesai, kamu bisa melihat hasil screenshot yang baru saja kamu ambil dengan cara tarik notification bar ke bawah, lalu ketuk thumbnail screenshot tersebut.

Cara Screenshot Vivo Y15 dengan Tiga Jari

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik untuk screenshot di HP Vivo Y15, kamu juga bisa menggunakan gesture tiga jari. Jadi dengan menggunakan fitur ini, cara screenshot Vivo Y15 tanpa tombol lebih cepat dan praktis. Caranya sebagai berikut:

  1. Pergi ke pengaturan atau menu Settings di HP Vivo Y15.
  2. Kemudian pilih S-capture, lalu aktifkan fitur Three fingers swipe screenshot dengan ketuk toggle di sampinya hingga berubah menjadi biru.
  3. Image via greedytech.com

  4. Setelah fitur tiga jari alias Three fingers swipe screenshot aktif, keluar dari Settings dan pergi ke tampilan layar aktif yang ingin diambil screenshot.
  5. Slide layar ke atas dengan menggunakan tiga jari secara bersamaan. Pastikan posisi jari saling berhimpit satu sama lain dan menyentuh permukaan layar alias tidak melayang.
  6. Image via mobigyaan.com

  7. Kalau berhasil akan muncul kilasan thumbnail hasil screenshot, suara shutter, ataupun getaran (tergantung pengaturan).

Untuk bisa melihat hasilnya secara langsung, kamu bisa tarik jendela notifikasi ke bawah dan ketuk thumbnail screenshot tersebut. Atau bisa juga masuk ke aplikasi Gallery dan cari folder Pictures > Screenshots untuk melihat semua hasil screenshot yang telah diambil.


Cara Screenshot Panjang Vivo Y15

Bagi kamu yang ingin mengambil screenshot panjang dari sebuah laman web atau chatting messenger, kamu bisa mengaktifkan fitur screenshot panjang di HP Vivo Y15. Penasaran? Berikut cara screenshot Vivo Y15 memanjang:

  1. Buka menu Settings di smartphone, kemudian pilih S-capture.
  2. Aktifkan pilihan Screenshot floating window dengan cara ketuk toggle di sampingnya hingga warna berubah menjadi biru.
  3. Image via greedytech.com

  4. Setelah fitur Screenshot floating window aktif, keluar dari menu Settings dan langsung menuju ke tampilan layar aktif yang akan kamu screenshot.
  5. Lakukan screenshot seperti biasa menggunakan salah satu cara screenshot sebelumnya, bisa menggunakan tombol kombinasi ataupun gesture tiga jari.
  6. Setelah screenshot berhasil diambil, akan muncul floating window di bagian kanan layar yang memiliki beberapa pilihan seperti Long screenshot dan Share.
  7. Pilih Long screenshot dan akan muncul jendela pilihan di bagian kanan bawah, ketuk opsi Next agar daerah screenshot yang diambil semakin ke bawah. Ketuk terus hingga semua daerah tampilan laman web atau aplikasi tercover sesuai dengan keinginan.
  8. Kalau dirasa sudah selesai, ketuk Save untuk menyimpan screenshot tersebut.
  9. Image via greedytech.com

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa buka aplikasi Gallery dan lihat pada folder Pictures > Screenshots, semua gambar screenshot akan tersimpan pada folder tersebut.

Baiklah, itu tadi beberapa tutorial dari ContohText mengenai 3 cara screenshot Vivo Y15 yang mudah dan cepat tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi buat kamu yang memang males untuk mengunduh dan instal aplikasi screenshot tambahan di HP Vivo, kamu bisa coba salah satu cara di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel