3 Cara Screenshot Samsung S7 Edge yang Mudah

Sebagai pengguna teknologi, khususnya smartphone, kita memang tak pernah bosan dalam mengambil screenshot dari layar HP kita, entah itu percakapan yang menarik dengan teman, foto-foto yang menggelikan, atau berbagai komentar unik yang tersebar di media sosial. Kita sengaja menyimpan screenshot tersebut kalau-kalau nanti dibutuhkan ataupun menarik untuk di share.

Cara screenshot Samsung S7 Edge

Cara screenshot Samsung S7 Edge, image by androidauthority.com

Karena hal itulah, berbagai vendor smartphone juga makin berlomba-lomba dalam menghadirkan kemudahan untuk melakukan screenshot, salah satunya Samsung. Jadi tak heran kalau cara screenshot di HP Samsung terbaru seperti Samsung S7 Edge memang relatif mudah. Meski begitu, tetap saja bagi beberapa orang yang masih awam atau pengguna baru, cara screenshot Samsung S7 Edge ini terlihat cukup sulit karena tidak tahu caranya.

Nah, untuk itulah, pada kesempatan kali ini ContohText akan berbagai tutorial mengenai cara sceenshot Samsung S7 Edge yang mudah menggunakan aplikasi dan fitur bawaan. Jadi, buat kamu yang tak ingin lagi repot-repot instal aplikasi screenshot tambahan di smartphone-mu, silahkan ikuti metode screenshot Samsung S7 Edge berikut.


Cara Screenshot Samsung S7 Edge Menggunakan Tombol Fisik

Cara screenshot menggunakan tombol fisik ini merupakan cara yang paling lumrah dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Untuk melakukan screenshot, yang perlu kamu pastikan adalah tombol fisik yang berfungsi sempurna dan tak mengalami masalah. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pergi ke tampilan layar yang ingin kamu screenshot (kamu bisa screenshot tampilan apapun, termasuk tampilan home, drawer, tampilan aplikasi, hingga web).
  2. Setelah ada pada tampilan yang diinginkan, tekan kedua tombol Power dan Home secara bersamaan.
  3. Image by appslova.com

Sekian detik setelah kedua tombol tersebut ditekan, smartphone kamu akan merespon jika screenshot berhasil dengan adanya tanda gambar hasil screenshot di layar, suara shutter, ataupun getaran (tergantung pengaturan HP masing-masing).

Untuk bisa melihat hasil screenshot Samsung S7 Edge secara langsung, kamu bisa tarik notification bar ke bawah dan ketuk thumbnail hasil screenshot. Atau jika kamu ingin melihat kumpulan hasil screenshot lainnya, kamu bisa buka aplikasi Gallery dan buka folder Pictures > Screenshots.


Cara Screenshot Samsung S7 Edge Menggunakan Fitur Gesture

Selain menggunakan metode screenshot kebanyakan seperti di atas, kamu juga bisa melakukan screenshot dengan menggunakan cara yang lebih unik dan tentunya tetap mudah untuk dilakukan. Dengan cara screenshot Samsung S7 Edge kedua ini, kamu bisa memberikan perintah screenshot pada smartphone hanya dengan membaca gerakan tanganmu.

Untuk bisa melakukan screenshot menggunakan fitur gesture, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fitur pembaca gesture terlebih dahulu, sebagai berikut:

  1. Pergi ke Settings atau pengaturan. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi Advanced features.
  2. Ketuk opsi Advanced features tersebut, lalu aktifkan opsi Palm swipe to capture.
Setelah fitur Palm swipe to capture aktif, sekarang kamu bisa mengambil screenshot dengan mudah mengikuti cara berikut:
  1. Buka tampilan layar yang ingin kamu screenshot terlebih dulu.
  2. Swipe atau lakukan gerakan menyapu satu arah dari satu sisi ke sisi lainnya, bisa kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Posisi sapuan harus benar-benar dari tepian layar ke tepi lainnya, jangan agak ke tengah (seperti gambar di bawah).
  3. Image by appslova.com

Setelah screenshot berhasil diambil, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melihat, meng-edit, atau membagikan hasil screenshot yang baru diambil tersebut.


Cara Scrolling Screenshot Samsung S7 Edge

Sekedar info saja buat yang belum tahu, scrolling screenshot merupakan metode screenshot yang memungkinkan kita mengambil sebuah tampilan halaman secara keseluruhan, jadi hasilnya terlihat panjang (dari atas ke bawah). Biasanya screenshot jenis ini sering saya lihat digunakan untuk menangkap tampilan chatting di messenger ataupun sosial media seperti chatting Whatsapp dan Twitter.

Nah, untuk mengaktifkan fitur scrolling screenshot Samsung S7 Edge cukup mudah dengan ikuti langkah berikut:

  1. Pergi ke Settings, kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi Advanced features.
  2. Setelah itu kamu akan melihat opsi Smart Capture, aktifkan dengan klik toggle hingga berubah “On”.

Kalau fitur Smart Capture sudah aktif, sekarang kamu sudah bisa melakukan scrolling screenshot dengan mengikuti langkah di bawah:

  1. Langkah pertama, ambil screenshot pada tampilan layar yang diinginkan menggunakan salah satu metode sebelumnya, biasa menggunakan kombinasi tombol fisik ataupun gesture.
  2. Setelah screenshot berhasil diambil, akan muncul opsi Capture More pada layar bagian bawah. Ketuk opsi tersebut dan layar akan bergeser ke laman bagian bawah secara otomatis. Terus ketuk-ketuk opsi Capture More hingga semua area halaman yang ingin di-screenshot ter-cover.
  3. Image by appslova.com

  4. Pada bagian sisi layar, kamu bisa melihat seberapa jangkauan screenshot yang diambil dari halaman tersebut. Setelah selesai, kamu bisa tekan tombol back/kembali ataupun area kosong mana saja di layar agar proses screenshot berhenti. Kamu bisa melihat hasilnya di Gallery.

Ukuran file scrolling screenshot ini bisa sangat besar. Hal ini wajar karena tak hanya ukuran screenshot yang semakin panjang, tapi juga resolusi Samsung S7 sendiri secara penuh mencapai 144x2560.


Ok, itulah tutorial dari ContohText mengenai 3 jenis cara screenshot Samsung S7 Edge yang mudah dilakukan tanpa perlu instal aplikasi tambahan. Jadi gunakanlah cara yang menurut kamu paling pas dan sesuai dengan jenis screenshot yang ingin diambil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel