2 Cara Screenshot iPhone 7 Plus Mudah dan Tak Ribet

Sejak pertama kali rilisnya per September 2016 silam, iPhone 7 dan 7 Plus cukup banyak menarik perhatian para pengguna iPhone. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang tertarik dan menggunakan iPhone varian ini. Selain karena performa yang masih bagus, fitur bawaan yang dimiliki oleh iPhone 7 dan 7 Plus cukup lengkap, salah satu yang mendasar yaitu fitur tangkapan layar atau screenshot.

Cara screenshot iPhone 7 Plus

Cara screenshot iPhone 7 Plus, image via thegoodguys.com.au

Screenshot tentunya sangat bermanfaat buat kamu yang ingin membagikan tangkapan layar tentang video favorit, score pertandingan, atau berbagai momen penting dan menarik yang kebetulan terlintas di layar. Bagi yang sebelumnya pernah menggunakan iPhone varian di bawahnya, pasti sedikit bertanya-tanya bagaimana cara screenshot iPhone 7 Plus dan 7 ini karena pada varian ini tombol Home telah diganti dengan tombol Home yang sensitif akan tekanan dari Taptic Engine.

Untuk itulah, kali ini ContohText akan membagikan cara screenshot iPhone 7 Plus dan 7 dengan mudah menggunakan aplikasi bawaan. Jadi kamu tak perlu ribet untuk menginstal aplikasi screenshot iPhone pihak ketiga.


Cara Screenshot iPhone 7 Plus dan 7 Menggunakan Dua Tombol Kombinasi

Cara pertama ini merupakan cara biasa dan paling umum untuk melakukan screenshot di iPhone 7 dan 7 Plus. Simak tahapnya berikut ini:

  1. Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan pada iPhone 7 atau 7 Plus kamu.
  2. Kalau screenshot sukses dilakukan, iPhone kamu akan berkedip sekali dan mengeluarkan suara jepretan shutter (kalau sedang tidak di-mute).

Jika kamu gagal karena iPhone 7 dan 7 Plus tidak berkedip atau mengeluarkan suara shutter, coba sekali lagi dan pastikan saat menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan serentak. Jangan salah satu terlebih dahulu.


Cara Screenshot iPhone 7 Plus dan 7 Menggunakan Assistive Touch

Selain cara screenshot menggunakan kombinasi tombol power dan home, kamu juga bisa melakukan screenshot di iPhone 7 dan 7 Plus dengan menggunakan bantuan Assistive Touch. Cara screenshot iPhone ini sangat praktis sehingga cukup melakukannya dengan satu tangan saja tanpa perlu menekan tombol home dan power.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan fitur Assistive Touch dengan cara masuk ke Settings, pilih Accessibility.
  2. Image by iphonehacks.com

  3. Kemudian tap Assistive Touch. Kemudian aktifkan hingga toggle berubah menjadi warna hijau.
  4. Image by iphonehacks.com

    Image by iphonehacks.com

  5. Setelah fitur Assistive Touch aktif, secara otomatis akan muncul tombol shortcut virtual di layar.
  6. Setelah itu, ketuk opsi Customize Top Level Menu yang berada pas di bawah toggle Assistive Touch.
  7. Image by iphonehacks.com

  8. Pada pilihan selanjutnya, ketuk icon bintang dan akan muncul daftar pilihan, lalu pilih Screenshot.
  9. Image by iphonehacks.com

  10. Sekarang kamu sudah bisa mengambil screenshot dengan cara ketuk tombol shortcut virtual di layar lalu ketuk Screenshot.
  11. Image by iphonehacks.com

Selama Assistive Touch aktif, kamu bisa mengambil tangkapan layar dengan cara tersebut kapan saja dan praktis. Sedangkan jika dirasa sudah selesai, untuk menghilangkan tombol shortcut virtual, tinggal non-aktifkan Assistive Touch di menu Settings.


Cara Melihat Gambar Hasil Screenshot iPhone 7 Plus dan 7

Setelah screenshot berhasil dilakukan, kamu bisa menemukan hasil screenshot kamu dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Pilih menu Album di bagian pojok kanan bawah.
  3. Image by iphonehacks.com

  4. Setelah semua folder album muncul, pilih Screenshots untuk melihat hasil tangkapan layar yang berhasil tersimpan.
  5. Image by iphonehacks.com

  6. Ketuk hasil screenshot yang ingin kamu lihat, edit, atau bagikan ke media sosial atau messenger.

Nah, itulah tadi tutorial singkat dari ContohText mengenai cara screenshot iPhone 7 Plus dan 7 yang bisa dilakukan menggunakan fitur dan aplikasi bawaan. Jadi dengan cara tersebut, kamu tak perlu ribet instal aplikasi screenshot pihak ketiga terlebih dahulu di iPhone kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel