2 Cara Screenshot Samsung J2 Prime Mudah tanpa Aplikasi Tambahan

Sejak pertama kehadirannya di pasaran pada akhir 2016 lalu, Samsung J2 Prime langsung menjadi salah satu lini mid-range yang banyak memikat para pengguna smartphone. Dengan dibekali prosesor quad-core 1.4 GHz dan RAM 1.5 GB, tentu ponsel Samsung yang satu ini memberikan performa yang pas dengan harga bandrolnya yang ramah di kantong. Selain ekonomis, fitur dasar yang disajikan oleh OS Android 6.0 (Marshmallow) juga bisa memberikan banyak kemudahan pada penggunanya, salah satunya kemudahan dalam mengambil screenshot di HP Samsung ini.

Cara screenshot Samsung J2 Prime

Cara screenshot Samsung J2 Prime, image by fonearena.com

Sebagai penerus Samsung J2 model pertama yang rilis pada tahun sebelumnya, Samsung J2 Prime juga memiliki kemampuan untuk menangkap gambar di layar smartphone dengan begitu mudah, baik dengan menggunakan tombol ataupun tanpa tombol. Meski begitu, cara screenshot Samsung J2 Prime bagi sebagian orang masih sedikit membingunkan karena belum tahu caranya atau belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya.

Nah, untuk itulah pada kesempatan ini ContohText akan memberikan salah satu tutorial mengenai cara screenshot Samsung J2 Prime yang mudah dan praktis hanya dengan menggunakan fitur bawaan. Jadi buat kamu yang males untuk mengunduh dan instal aplikasi screenshot tambahan, beberapa cara berikut layak dicoba.


Screenshot Samsung J2 Prime dengan Tombol Fisik

Screenshot mudah yang pertama bisa dilakukan dengan menekan tombol kombinasi pada Samsung J2 Prime. Cara ini merupakan cara universal yang umum dan hampir dimiliki oleh berbagai jenis smartphone modern, mulai dari Android hingga iPhone. Untuk tahu bagaimana mengambil screenshot Samsung J2 Prime menggunakan tombol fisik, simak tahapnya berikut:

  1. Buka tampilan aplikasi atau layar aktif Samsung J2 Prime yang ingin kamu ambil screenshot-nya.
  2. Kemudian tinggal tekan tombol Home dan Power secara bersamaan. Tekan dan tahan beberapa detik hingga Samsung J2 Prime kamu merespon balik berupa munculnya suara shutter khas screenshot, kedipan thumbnail di layar, ataupun getaran (bisa berbeda-beda tergantung pengaturan di smartphone).

Setelah berhasil mengambil screenshot, hasil gambar dari screenshot tersebut bisa kamu lihat dengan menggunakan aplikasi Gallery. Buka aplikasinya, lalu pilih folder Pictures > Screenshots.


Cara Screenshot Panjang Samsung J2 Prime

Selain cara screenshot yang hanya menangkap tampilan layar aktif, J2 Prime juga memiliki fitur screenshot lain yang tak kalah menarik yaitu screenshot panjang. Screenshot semacam ini bisa digunakan untuk menangkap tampilan sebuah website atau chatting secara penuh alias memanjang dari atas hingga ke bawah. Penasaran dengan cara screenshot panjang Samsung J2 Prime? Simak langkahnya berikut ini:

  1. Hal yang perlu dilakukan permata adalah mengaktifkan fitur screenshot panjang dengan cara pergi ke pengaturan atau Settings, kemudian cari dan pilih menu Advanced Features.
  2. Selanjutnya, di dalam menu Advanced Features tersebut pilih Smart Capture.
  3. Setelah itu keluar dari Settings dan buka tampilan layar yang ingin kamu ambil screenshot-nya.
  4. Tekan dan tahan tombol Power dan Home selama sekian detik hingga muncul suara shutter dan layar berkedip memunculkan preview.
  5. Pada preview hasil screenshot tersebut akan muncul beberapa pilihan seperti Capture More/Scroll Capture, Crop, dan Share.
  6. Ketuk Capture More/Scroll Capture untuk mengambil screenshot memanjang. Ketuk terus hingga bagian yang kamu inginkan ter-cover semua. Jika sudah klik tombol kembali atau back dan gambar akan tersimpan.

Nah, itulah tadi 2 tutorial dari ContohText mengenai cara screenshot Samsung J2 Prime yang mudah dan praktis. Kamu bisa langsung mempraktikkan kedua cara di atas karena tak perlu lagi mengunduh dan instal aplikasi screenshot tambahan lainnya. Selain hemat waktu, hemat kuota internet juga, kan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel