2 Cara Screenshot Samsung A5 yang Gampang dan Tak Ribet

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Samsung hingga kini telah banyak menelurkan produk smartphone yang sukses di pasaran, salah satunya Samsung A5. Salah satu seri smartphone Samsung kelas menengah ini memang telah banyak memikat pengguna semenjak rilis model pertamanya di tahun 2014 silam. Banyak sekali fitur menarik yang dibenamkan pada smartphone ini, salah satunya fitur dasar yang banyak digunakan yaitu screenshot.

Cara screenshot Samsung A5

Cara screenshot Samsung A5, image by techspot.com

Bagi pengguna smartphone kekinian, fitur dasar ini memang salah satu hal yang tak bisa dilewatkan. Kita sering menggunakan fitur ini untuk berbagi hal yang penting dan menarik apapun yang nampak di layar smartphone, mulai dari komentar-komentar konyol di sosial media, pesan di messenger, hingga quotes motivasi. Hal baiknya, fitur screenshot Samsung A5 ini sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, bagi kamu yang belum tahu atau pengguna baru smartphone ini tentu bertanya-tanya bagaimana cara screenshot di HP Samsung A5 ini.

Nah, untuk itulah kali ini ContohText akan berbagai tutorial mengenai cara screenshot Samsung A5 dengan mudah dan praktis. Tutorial yang kita bagikan di bawah merupakan cara screenshot tanpa menggunakan aplikasi tambahan alias hanya menggunakan fitur bawaan smartphone. Jadi kamu tak perlu ribet lagi harus download dan instal aplikasi screenshot.


Cara Screenshot Samsung A5 dengan Tombol Fisik

Bagi yang menginginkan cara mudah dan cepat untuk mengambil screenshot pada layar, cara yang pertama ini bisa sangat pas. Cara screenshot ini hampir dimiliki oleh berbagai varian smartphone, mulai dari Android produkan berbagai vendor hingga iPhhone.

Satu hal yang perlu kamu pastikan sebelum melakukan screenshot Samsung A5 dengan cara ini adalah tombol fisik di smartphone kamu masih berfungsi dengan baik dan sempurna. Untuk tahapnya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan tombol Power dan Home secara bersama-sama. Kalau kamu menekan kedua tombol tersebut dengan benar, kamu akan mendapat respon dari smartphone berupa suara shutter dan kedipan berupa gambar screenshot yang baru diambil.

Kalau kamu ingin melihat hasil screenshot tersebut dengan cepat, tinggal tarik notification bar smartphone kamu ke bawah dan kamu akan lihat thumbnail dari screenshot. Kamu bisa langsung bagikan, edit, atau delete dengan menggunakan perintah yang tertera di bawahnya. Atau bisa klik pada gambarnya untuk melihatnya di Gallery.


Cara Screenshot Samsung A5 dengan Swipe Gesture

Layaknya smartphone Samsung terbaru, Samsung A5 juga telah mendukung user interface terbaru TouchWiz. Itu artinya kamu bisa mengambil screenshot dengan mudah menggunakan gerakan telapak tangan. Selain unik, fitur ini membuat kamu tak perlu repot menekan kedua tombol fisik lagi untuk mengambil screenshot Samsung A5. Untuk langkah detailnya, simak berikut ini:

  1. Pertama, kamu perlu mengaktifkan fitur gesture di Samsung A5 terlebih dahulu dengan pergi ke Settings dan pilih opsi Motion.
  2. Dari pilihan Motion tersebut, cari pilihan Hand Motions dan centang kotak pilihan Palm Swipe to Capture.
  3. Keluar dari menu Settings dan langsung buka tampilan layar yang ingin kamu capture.
  4. Di sini bagian unik dan menariknya, bentuk telapak tangan kamu layaknya pisau dengan jempol berada di bagian atas. Kemudian, lakukan swipe alias gerakan menyapu dari bagian sisi layar ke sisi yang lain, bisa dari kanan ke kiri ataupun kiri ke kanan.
  5. Image by appslova.com

Jika kamu melakukan gerakan sapuan dengan benar, smartphone kamu akan secara otomatis mengambil screenshot dari tampilan layar yang aktif tersebut. Jika kamu berniat mengambil banyak screenshot dengan hanya menggunakan satu tangan saja, cara screenshot Samsung A5 yang kedua ini bisa lebih efektif. Untuk melihat semua hasil gambar yang sudah di-screenshot, kamu bisa buka aplikasi Gallery dan buka folder Pictures > Sreenshots.


Baiklah, itu tadi sedikit tutorial yang bisa ContohText bagikan mengenai cara screenshot Samsung A5 yang mudah tanpa ribet karena tak memerlukan aplikasi screenshot pihak ketiga. Jadi, kalau kamu tak mau ribet-ribet mengunduh dan instal aplikasi screenshot dari Play Store, fitur bawaan screenshot Samsung A5 bisa jadi solusi terbaiknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel