Bahasa Inggris Tidur Siang Apa? Ini Penjelasan dan Contoh Kalimatnya

Ada banyak istilah sehari-hari yang terkadang membuat kita penasaran dengan istilah bahasa Inggrisnya, salah satunya yakni tentang apa bahasa Inggris tidur siang? Meski istilah tidur siang ini terkesan remeh temeh, tapi tak ada salahnya juga dipelajari untuk mengembangkan wawasan vocabulary yang kita miliki.

bahasa inggris tidur siang


Apa Bahasa Inggris Tidur Siang?

Dalam bahasa Indonesia sendiri tidur siang lumrah dianggap sebagai periode tidur singkat yang biasanya dilakukan pada siang atau menjelang sore hari.

Nah, dari definisi tersebut, maka ada dua istilah dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan padanan untuk tidur siang, yakni “nap” dan “siesta.” Namun pada umumnya, “nap” lebih sering digunakan untuk percakapan sehari-hari. Nah, untuk lebih tahu lebih jelas mengenai “nap” dan “siesta”, berikut penjelasan dan contoh penggunaannya?


Nap

Nap: a short period of sleep, especially one during the day. (tidur singkat, terutama di siang hari.)

Kalau ingin menggunakan “nap” sebagai kata kerja (verb) bisa menggunakan “to nap”, “take a nap”, atau “have a nap.”

Berikut contoh berbagai penggunaan “nap” dalam kalimat:

·         Do you want to take a nap? (Apa kamu mau tidur siang?)

·         I want to take a nap. (Aku mau tidur siang.)

·         I’ll have a nap after lunch. (Aku mau tidur siang setelah makan siang.)

·         He likes to nap for an hour when he gets home from school. (Dia suka tidur siang satu jam saat dia pulang dari sekolah.)

·         If you’re sleepy, you should take a nap. (Kalau kamu ngantuk, kamu harusnya tidur siang.)

·         Amira said she wanted to take a nap. (Amira bilang kalau dia ingin tidur siang.)

·         I tried to nap on the plane. (Aku mencoba tidur siang di pesawat.)

·         You may recline your seat a little when you want to have a quick nap. (Anda bisa sedikit merebahkan kursi bila ingin tidur siang sebentar.)

·         He would take a little nap and then wake her later. (Dia akan tidur siang sebentar dan menbangunkannya nanti.)

·         Tired of studying, she took a nap. (Kecapekan belajar, dia tidur siang.)

·         Billy was aroused from his nap by the doorbell. (Billy terbangun dari tidur siangnya karena bel pintu.)

·         My mother just put my little brother down for his nap. (Ibuku baru saja menidurkan siang adikku.)

·         A ten-minute nap can boost your productivity. (Tidur siang 10 menit dapat meningkatkan produktivitasmu.)

·         I was so tired when I got home from work yesterday that I had a quick nap. (Aku begitu lelah saat sampai di rumah dari pulang kerja kemarin sehingga tidur siang sebentar.)

 

Siesta

Siesta: a nap, especially an afternoon one taken after lunch in some cultures. (Tidur siang yang dilakukan setelah makan siang di beberapa kebudayaan.)

Ya, mengingat “siesta” ini cuma relate di beberapa kebudayaan, mungkin karena hal tersebut istilah ini jarang dipakai atau bahkan masih terdengar asing bagi sebagian orang. Untuk menggunakan kata “siesta” sebagai kata kerja bisa menggunakan “to take siesta.”

Berikut contoh berbagai penggunaan “siesta” dalam kalimat:

·         Most of the shops were closed after lunch for a two-hour siesta. (Sebagian besar toko tutup setelah jam makan siang buat istirahat tidur siang dua jam.)

·         The shops are closed during siesta. (Toko-tokonya tutup selama jam tidur siang.)

·         She's taking a little siesta out there on the patio. (Dia tidur siang sebentar di teras luar sana.)

·         I walked around his camp to the spot where he was having a siesta. (Aku berjalan mengitari tempat kemahnya di mana dia sedang tidur siang.)

·         Lots of people were taking a short siesta in the shade. (Banyak orang yang tidur siang sebentar di tempat teduh.)

·         They have a siesta during the hottest part of the day. (Mereka tidur siang selama saat paling panas di siang hari.)

·         The stores all close after lunch when everyone takes a siesta. (Toko-toko tersebut tutup semua setelah makan siang saat semua orang tidur siang.)


Nah, itulah tadi penjelasan singkat dari apa bahasa Inggris tidur siang? Jadi kesimpulan singkatnya, bahasa Inggris tidur siang itu biasa menggunakan “nap” ataupun “siesta.” Hanya saja “nap” lebih cenderung familiar dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari meskipun arti keduanya hampir sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel