2 Cara Screenshot Samsung J2 Simpel dan Anti Ribet

Sudah tak perlu diragukan lagi kalau fitur screenshot merupakan salah satu fitur dasar yang banyak digunakan. Cara ini terbilang salah satu cara cepat untuk menyimpan berbagai info menarik atau penting yang tampil di layar smartphone, semisal postingan media sosial favorit, caption menarik, dan berbagai hal lain. Berbagai smartphone kekinian, salah satunya seperti Samsung J2 sudah memiliki fitur sebagai fitur bawaan pabrik. Ini artinya kamu tak perlu repot instal aplikasi screenshot tambahan lagi dan cara screenshot Samsung J2 juga jadi terasa lebih simpel.

Cara screenshot Samsung J2

Cara screenshot Samsung J2, image via buywithexpert.com

Samsung sendiri sebagai pihak pabrikan smartphone asal Korea Selatan juga menginginkan pengguna mereka lebih mudah mengoperasikan jajaran lini smartphone-nya sehingga membuat cara screenshot di HP Samsung hampir sama satu dengan yang lainnya, begitu juga Samsung J2 tersebut. Nah, bagi kamu pengguna Samsung J2 yang belum tahu bagaimana cara melakukan screenshot di HP ini, silahkan simak beberapa metode berikut.


Cara Screenshot Samsung J2 Menggunakan Tombol Fisik

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan hampir setiap smartphone menggunakan metode ini, mulai dari smartphone Android hingga iPhone. Cara screenshot Samsung J2 ini dianggap paling mudah karena tak memerlukan pengaturan apapun dan hanya perlu menekan tombol fisik saja. Untuk selengkapnya, simak tahapnya berikut ini:

  1. Pergi ke tampilan layar yang ingin di-screenshot.
  2. Tekan tombol Home dan Power yang ada pada smartphone secara bersamaan dan dalam sekejap akan ada feedback yang muncul tergantung pengaturan Samsung J2 masing-masing, bisa berupa suara jepretan, getaran, ataupun kedipan pada layar.
  3. image via gsmarena.com

Kalau belum berhasil karena keduluan menekan salah satu tombol sehingga timing-nya tidak pas, maka ulangi lagi hingga kamu merasakan sendiri timing yang pas tersebut. Semakin terbiasa melakukannya, makan cara screenshot Samsung j2 ini akan terasa begitu mudah.


Cara screenshot Samsung J2 Menggunakan Swipe Gesture

Tak hanya menggunakan tombol fisik saja, ada cara screenshot Samsung J2 lainnya yang terlihat lebih keren dan unik tanpa harus repot menekan kedua tombol fisik. Cara screenshot dengan gesture ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar di layar hanya dengan menyapukan tangan di atas layar.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, hal yang pertama kamu lakukan yaitu harus mengaktifkan fitur gesture. Berikut langkah jelasnya:

  1. Buka Settings atau pengaturan, kemudian pilih opsi Motion.
  2. Setelah masuk ke menu Motion tersebut, cari opsi Hand Motions lalu centang kotak pada pilihan Palm Swipe to capture.
  3. Setelah fitur screenshot menggunakan gesture ini aktif, buka tampilan layar yang ingin kamu screenshot.
  4. Kemudian bentuk tangan menyerupai pisau dengan jempol berada di sisi atas dan buat gerakan menyapu secara horisontal dari satu sisi ke sisi lainnya. Jika kamu melakukannya dengan benar, akan muncul animation swipe dan gambar screenshot akan disimpan.
  5. image via techjunkie.com

Sekedar catatan saja, fitur screenshot gesture ini tak akan aktif jika keyboard virtual sedang muncul alias sedang mengetik. Jadi kalau perlu screenshot yang mengikutkan tampilan keyboard virtual, lebih baik gunakan cara yang sebelumnya.


Melihat Hasil Screenshot di Samsung J2

Bagi yang mau edit atau share hasil screenshot Samsung J2, kamu bisa menemukan file gambarnya dengan menggunakan aplikasi Gallery ataupun aplikasi pencari file bawaan My Files. Setelah kamu membuka salah satu aplikasi tersebut, langsung saja cari folder Pictures > Screenshots.

Selain itu, ada cara cepat yang lebih mudah untuk melihat hasil screenshot di HP Samsung J2 yaitu dengan menarik notification bar ke bawah. Pada layar notification bar tersebut terdapat thumbnail dari screenshot dan bisa langsung di-edit, send, ataupun di-delete. Kalau mau melihatnya di Gallery, tinggal ketuk thumbnail screenshot tersebut.


Baiklah, itu tadi 2 cara screenshot Samsung J2 yang bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Bagaimana? Mudah dan simpel bukan melakukan screenshot di HP Samsung tipe ini. Dari kedua cara di atas, pilihlah yang menurut kamu paling pas dan mudah digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel