3 Cara Screenshot Samsung A8 tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai salah satu seri ponsel mid-range, Samsung A8 sudah tak bisa diragukan cukup sukses dalam menarik perhatian dan hati para pengguna smartphone, khususnya pengguna setia Samsung. Kesuksesan seri ini sendiri ditandai dengan terus adanya update hingga yang paling terbaru hadirnya model A8 terbaru yang rilis di awal tahun 2018. Spesifikasi yang mumpuni dan fitur yang lengkap tampaknya jadi daya pikat seri A8 di setiap modelnya.

Cara screenshot Samsung A8

Cara screenshot Samsung A8, image by clubcase.co.uk

Salah satu fitur dasar yang dimiliki seri Samsung A8 adalah adanya fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot Samsung A8 dengan mudah dan cepat. Meski cara screenshot di HP Samsung seri ini mudah dilakukan, tapi hal ini bisa cukup sulit dan membingungkan karena pengguna belum mengetahui bagaimana caranya.

Nah, untuk itulah, kali ini ContohText akan berbagi beberapa cara screenshot Samsung A8 yang cepat dan mudah dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi screenshot Android dari pihak ketiga.


Screenshot A8 dengan Tombol Fisik

Seperti layaknya smartphone Android dan iPhone kebanyakan, Samsung A8 juga memiliki kemampuan dalam mengambil screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik. Untuk cara screenshot Samsung A8 dengan tombol kombinasi, simak langkahnya berikut:

  1. Pertama buka tampilan layar atau aplikasi yang akan kamu ambil screenshot-nya.
  2. Setelah itu, tekan tombol kombinasi Home dan Power secara bersamaan selama sekian detik hingga layar berkedip, terdengar suara shutter, atau smartphone bergetar.
  3. Tarik ke bawah status bar dan kamu akan melihat thumbnail hasil screenshot pada jendela notifikasi. Tap untuk melihatnya lebih lanjut atau bisa langsung Share ke sosial media.

Sementara itu, untuk Samsung A8 2018 cara screenshot-nya sedikit berbeda karena pihak Samsung tak menyematkan tombol Home fisik lagi, jadi harus menggunakan tombol fisik lain sebagai berikut:

  1. Pergi ke layar atau aplikasi yang ingin kamu screenshot.
  2. Kemudian tekan tombol kombinasi Power dan Volume Down (tombol untuk mengecilkan suara) selama sepersekian detik. Setelah muncul respon dari HP berupa suara shutter, kilasan di layar, ataupun getaran, maka itu tandanya screenshot berhasil diambil.
  3. Tarik status bar ke bawah untuk melihat hasilnya di jendela notifikasi atau langsung masuk ke Gallery dan cari folder Pictures > Screenshots.

Screenshot Samsung A8 dengan Gesture Swipe

Jika kamu ingin cara screenshot Samsung A8 yang sedikit berbeda tanpa menekan tombol kombinasi ataupun menggunakan aplikasi screenshot Android tambahan, kamu bisa mencoba fitur screenshot dengan menggunakan gerakan telapak tangan. Cara lengkapnya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka menu pengaturan atau Settings.
  2. Pada halaman Settings, cari pilihan Advanced Features.
  3. Image by samsung.com

  4. Cari dan aktifkan pilihan Palm Swipe to Capture dengan cara klik toggle menjadi On.
  5. Setelah fitur swipe to capture aktif, keluar dari Settings dan langsung menuju layar aktif yang dingin kamu screenshot.
  6. Buka telapak tangan dan bentuk menyerupai pisau dengan bagian jempol di bagian atas. Lakukan swipe atau gerakan sapuan dari satu sisi layar ke sisi lainnya, bisa kana ke kiri ataupun sebaliknya. Kalau kurang jelas, bisa amati gambar berikut.
  7. Image by samsung.com

Kalau kamu melakukan gerakan swipe tersebut dengan benar, kilasan gambar screenshot akan muncul di layar dan hasil dari screenshot tersebut secara otomatis tersimpan.


Cara screenshot Panjang Samsung A8

Screenshot panjang atau scrolling screenshot ini memungkinkan kamu dalam mengambil gambar dari sebuah laman web atau aplikasi secara keseluruhan, di mana screenshot biasanya tak bisa menjangkaunya. Untuk bisa melakukan screenshot panjang di HP Samsung ini silahkan ikuti tahapannya berikut:

  1. Pertama aktifkan dulu fitur Smart Capture dengan cara masuk ke Settings, lalu pilih Advanced Features.
  2. Image by samsung.com

  3. Pada halaman Advanced Features, aktifkan pilihan Smart Capture dengan tap toggle hingga menjadi On.
  4. Image by samsung.com

  5. Setelah fitur Smart Capture aktif, kamu bisa langsung keluar dari Settings dan menuju ke tampilan layar atau web yang akan di-screenshot.
  6. Lakukan screenshot dengan cara biasa, bisa dengan menekan kombinasi tombol fisik atau juga menggunakan gesture.
  7. Setelah screenshot berhasil diambil, layar akan menampilkan hasilnya beserta beberapa pilihan menu di bagian bawah.
  8. Tap pilihan Scroll capture maka screenshot akan menjangkau bagian lebih bawah. Untuk laman web yang sangat panjang, tap terus sampai daerah yang ingin kamu screenshot terjangkau semua hingga ke bawah.
  9. Image by samsung.com

  10. Setelah selesai, kamu bisa menambahkan doodle, crop, ataupun share hasil screenshot panjang tersebut dengan pilihan lain yang tersedia. Atau bisa tap tombol kembali/back agar hasilnya langsung tersimpan.

Baiklah, itulah tadi 3 cara screenshot Samsung A8 tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa ContohText bagikan kali ini. Dari beberapa cara di atas, silahkan pilih cara mana yang menurut kamu paling simpel dan pas digunakan untuk kebutuhan kamu. Kalau kamu ingin coba screenshot Android tanpa menggunakan tombol fisik ataupun gesture, kamu bisa coba beberapa aplikasi screenshot Android tanpa tombol terbaik pada postingan sebelumnya.

3 Cara Screenshot Samsung A8 tanpa Aplikasi Tambahan 3 Cara Screenshot Samsung A8 tanpa Aplikasi Tambahan Reviewed by ContohText on 7/13/2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.