Cara Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s Mudah dan Anti Ribet

Meski terlihat biasa dan remeh, fitur screenshot pada sebuah smartphone merupakan salah satu nilai tambah yang kebanyakan orang inginkan dan butuhkan. Fitur semacam ini bisa jadi sangat berguna bagi kita ketika ingin membagikan suatu info atau berita yang penting, menarik, hingga unik yang muncul di layar smartphone kita. Kabar baiknya, hampir semua jenis smartphone kekinian memiliki fitur dasar ini, contohnya saja varian iPhone6s dan 6s Plus.

Cara screenshot iPhone 6s Plus dan 6s

Cara screenshot iPhone 6s Plus dan 6s, image via Abenson.com

Varian iPhone yang rilis September 2015 lalu ini masih memiliki performa yang handal sehingga keduanya mampu menawarkan fitur screenshot yang mudah dan praktis digunakan oleh para penggunanya. Walaupun mudah, kadang pengguna baru iPhone ataupun orang yang masih awam dengan perangkat ini sering merasa sedikit kesulitan tentang bagaimana cara screenshot iPhone jenis ini.

Nah, oleh karena itulah, bagi yang belum tahu bagaimana cara screenshot iPhone 6s Plus dan 6s, kali ini ContohText akan memberikan sedikit tutorial mengenai bagaimana screenshot iPhone 6s Plus dan 6s yang mudah tanpa perlu instal aplikasi pihak ketiga alias menggunakan fitur dan aplikasi bawaan.


Cara Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s dengan Tombol Fisik

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling simple untuk mengambil gambar screenshot iPhone 6s Plus dan 6s karena hanya perlu menekan kombinasi tombol fisik di smartphone ini. Tekan tombol Power + Home secara bersamaan maka tampilan yang ada pada layar saat itu juga akan tertangkap screenshot.

Pihak Apple sendiri memberitahu kalau cara yang benar untuk screenshot dengan menekan tombol Power lalu diikuti oleh tombol Home, tapi kenyataannya kita akan lebih mudah dan cepat melakukan screenshot kalau menekan kedua tombol ini secara bersamaan saja. Untuk tahu apakah screenshot yang kamu lakukan berhasil, akan ada tanda berupa kedipan di layar seperti shutter kamera dan suara jepretannya.

Image by techjunkie.com

Untuk kamu yang sebelumnya pengguna iPhone 5s atau varian-varian sebelumnya, bila kamu perhatikan lagi seksama, iPhone 6s Plus dan 6s ini memiliki tombol Power (untuk menghidupkan dan mematikan layar) yang berada di bagian tepi kanan agak ke atas dan bukan berada di bagian atas lagi.


Cara Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s dengan Assistive Touch

Untuk cara yang kedua ini menggunakan fitur Assistive Touch. Buat kamu yang belum tahu mengenai Assistive Touch, fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan tombol shortcut virtual di layar yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi bagi kamu yang kebetulan ingin melakukan screenshot berkali-kali untuk keperluan tertentu, kamu akan lebih simpel menggunakan fitur ini dibandingkan harus menekan dua tombol fisik.

Lalu bagaimana cara screenshot iPhone 6s Plus dan 6s menggunakan fitur Assistive Touch? Simak berikut ini:

  1. Aktifkan terlebih dahulu fitur Assistive Touch dengan cara masuk ke Settings.
  2. Pilih General dan kemudian ketuk Accessibility.
  3. Image by iphonehacks.com

  4. Setelah itu ketuk pada pilihan AssistiveTouch.
  5. Image by iphonehacks.com

  6. Ketuk pada bagian toggle hingga berubah menjadi hijau. Setelah aktif, maka otomatis akan muncul tombol shortcut virtual di layar iPhone kamu.
  7. Image by iphonehacks.com

  8. Selanjutnya, ketuk pada pilihan Customize Top Level Menu untuk mengatur menu shortcut yang akan ditampilkan.
  9. Image by iphonehacks.com

  10. Kamu akan melihat beberapa icon di sini. Kamu bisa merubah icon mana saja untuk dijadikan shortcut screenshot atau bisa menambahkan icon baru dengan menekan tanda + di bagian kanan bawah ikon.
    Sebagai contoh, di sini kita akan merubah icon bintang jadi ikon screenshot. Ketuk icon yang ingin dirubah tersebut.
  11. Image by iphonehacks.com

  12. Kemudian, pada daftar pilihan yang tersedia pilih Screenshot.
  13. Image by iphonehacks.com

Setelah shortcut Screenshot berhasil ditambahkan, buka layar aktif yang ingin di-screenshot. Ketuk tombol shortcut virtual AssistiveTouch dan ketuk Screenshot. Seperti metode pertama, cara kedua ini juga memiliki tanda yang sama kalau screenshot berhasil diambil yakni kedipan layar dan suara shutter kamera.


Melihat Hasil Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s

Setelah screenshot berhasil diambil, pastinya kamu ingin melihat hasilnya. Entah mau kamu share ke sosial media, ke teman melalui messenger, ataupun untuk diedit lebih lanjut sesuai keperluan. Nah, kamu bisa menemukan hasil gambar-gambar screenshot dengan cara buka aplikasi Photos, masuk ke tab Albums (sebelah pojok kanan bawah), lalu pilih folder Screenshots.

Image by iphonehacks.com

Baiklah, itu tadi tutorial dari ContohText mengenai cara screenshot iPhone 6s Plus dan 6s yang simpel dan mudah tanpa perlu instal aplikasi tambahan lain. Semoga tutorial tersebut bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin share berbagai momen menarik yang saat itu juga ada di layar iPhone kamu. Buat kamu yang memiliki iPhone 7 Plus atau berencana upgrade, kamu bisa cek juga 2 cara screenshot iPhone 7 Plus dan 7.

Cara Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s Mudah dan Anti Ribet Cara Screenshot iPhone 6s Plus dan 6s Mudah dan Anti Ribet Reviewed by ContohText on 7/03/2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.