Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop

Jika ditanya aplikasi messenger apa yang digunakan, pasti hampir sebagian besar orang akan menjawab WhatsApp. Hal ini semakin diperkuat dengan data dari beberapa sumber situs berita dan teknologi yang menyebutkan bahwa WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi messenger yang paling banyak digunakan oleh berbagai orang di seluruh dunia. Hingga data terakhir, pengguna aplikasi ini sudah menyentuh lebih dari 1,5 juta pengguna.

Cara menggunakan WhatsApp di Laptop

Cara menggunakan WhatsApp di Laptop, image via web.whatsapp.com

Tak salah memang aplikasi berkirim pesan ini bisa menjadi aplikasi yang banyak disukai karena menawarkan fitur keamanan dalam berkirim pesan dengan end-to-end encryption dan juga lumayan ringan untuk dijalankan di berbagai perangkat, sekalipun smartphone berspesifikasi rendah. Selain dua hal tersebut, WhatsApp juga tergolong aplikasi praktis karena akun WA di smartphone bisa digunakan bersamaan di laptop tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, caranya dengan menggunakan WhatsApp Web.

Nah, bagi kalian yang kebingungan mengenai bagaimana cara menggunakan WhatsApp di laptop secara mudah dan praktis tanpa harus intsal aplikasi WA terlebih dahulu, tinggal ikuti saja cara menggunakan WhatsApp Web yang akan ContohText bagikan.


Hal yang Dibutuhkan untuk Menggunakan WhatsApp Web

Sebelum masuk ke pembahasan cara menggunakan WhatsApp Web, ada beberapa hal yang diperlukan untuk bisa menjalankannya, sebagai berikut:

  • Smartphone Android yang sudah terinstal dan memiliki akun WhatsApp.
  • Laptop yang terhubung koneksi internet dan memiliki browser terbaru seperti Google Chrome, Firefox, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop

Nah, setelah hal yang dibutuhkan sudah lengkap, tinggal ikuti langkah mengenai cara menggunakan WhatsApp Web di laptop berikut ini:

  1. Pertama, buka browser di laptopmu dan kunjungi link WhatsApp Web.
  2. Setelah laman WhatsApp Web terbuka, ambil HP lalu buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Kemudian klik Menu (ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas).
  3. Lalu pilih WhatsApp Web.
  4. Setelah itu pilih tanda "+" yang ada di bagian pojok kanan atas untuk membuka pembaca QR Code.
  5. Arahkan kamera HP ke QR Code yang ada di layar laptop.

Sesaat setelah WhatsApp di smartphone telah membaca QR Code yang ada di layar laptop, secara otomatis laman WhatsApp Web yang ada di laptop akan dialihkan dan disinkronisasikan dengan chat seperti yang ada di HP. Sekarang WhatsApp Web sudah bisa digunakan untuk chatting layaknya aplikasi WA di HP.


Cara Menggunakan WhatsApp Web untuk Membuka Beberapa Akun

Kalau kamu memiliki beberapa akun WhatsApp yang ingin dibuka sekaligus secara bersamaan menggunakan WhatsApp Web dalam satu lapto caranya cukup mudah. Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka WhatsApp Web di browser yang berbeda.

Semisal kamu memiliki tiga akun WhatsApp yang dibuka secara bersamaan di laptop, cukup buka tiga browser yang berbeda, contohnya Google Chrome, Firefox, dan Opera. Pada masing-masing browser tersebut buka WhatsApp Web dan login dengan tiga akun yang dimiliki. Jadi 1 browser untuk membuka 1 akun WhatsApp.

Ada juga alternatif lain untuk membuka 2 akun WhatsApp dalam 1 browser, yakni dengan membuka 1 akun pada mode biasa dan 1 akun lagi pada mode incognito.


Cara Keluar dari WhatsApp Web

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web di laptop pribadi kamu sendiri, fitur stay logged in saat menggunakan Whatsapp Web bisa sangat membantu, karena tidak perlu berkali-kali login tiap ingin menggunakan WhatsApp di laptop.

Akan tetapi, jika laptop yang kamu gunakan untuk login tersebut merupakan laptop orang lain atau laptop kantor, akan lebih baik untuk selalu keluar setelah selesai menggunakannya. Hal ini berguna untuk melindungi data-data dari aktifitas chat dari orang yang tak bertanggung jawab. Ada 2 cara keluar dari WhatsApp Web, yaitu:

  • Melalui WhatsApp Web langsung dengan cara klik Menu (icon titik tiga) > Log out.
  • Melalui aplikasi WA di HP dengan cara klik browser yang ingin dikeluarkan, pilih Log out.

Baiklah itu tadi, beberapa info dan tutorial mengenai cara menggunakan WhatsApp Web di laptop yang semoga bisa membantu kamu untuk chatting WA secara langsung di laptop. Dengan menggunakan WhatsApp Web di laptop, kita akan lebih praktis dalam membalas pesan dari orang atau rekan kerja sembari mengerjakan pekerjaan lain di laptop tanpa harus perlu buka HP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel