5 Cara Screenshot di Laptop Acer Mudah tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai salah satu brand elektronik yang cukup ternama, Acer kini banyak dikenal dengan perangkat smartphone, desktop, hingga laptop. Laptop Acer juga terkenal dengan harganya yang sangat kompetitif dibandingkan dengan brand-brand lain yang menyuguhkan spesifikasi yang sama atau bahkan lebih tinggi. Oleh karena itulah, tak heran jika kita banyak menemui para pengguna laptop Acer sekarang, mungkin juga termasuk kamu.

Cara screenshot di laptop Acer

Cara screenshot di laptop Acer, image via androidguys.com

Laptop Acer juga memiliki beragam fitur menarik seperti kebanyakan laptop lainnya yang menggunakan sistem operasi Windows, salah satunya yaitu screenshot atau screen capture. Fitur di laptop ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar yang ditampilkan di layar kita untuk berbagai tujuan, salah satunya ya untuk membuat tutorial seperti yang saya lakukan ini atau berbagai hal lainnya. Untuk melakukan screenshot laptop Acer ternyata tak begitu susah, meski tanpa aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang perlu diinstal.

Nah, untuk tahu bagaimana cara screenshot di laptop Acer yang mudah tanpa perlu aplikasi tambahan, Berikut beberapa cara yang bisa dipakai.


1. Screenshot Laptop Acer Menggunakan Windows + Shift + S

Cara screenshot yang pertama ini hanya support untuk laptop yang menggunakan OS Windows 10.

  1. Buka tampilan layar yang ingin kamu ambil gambarnya.
  2. Tekan ketiga tombol keyboard Windows + Shift + S secara bersamaan.
  3. Setelah ditekan, layar akan menjadi lebih gelap dan menandakan kalau screenshot sedang aktif. Klik dan drag kursor sesuai dengan bagian layar yang ingin kamu tangkap dan lepaskan tombol jika sudah selesai.
  4. Image via digitalcitizen.life

  5. Hasil gambar screenshot akan tersimpan di clipboard. Jadi untuk membukanya kamu harus menggunakan aplikasi edit gambar, contohnya saja edit gambar bawaan Paint. Buka aplikasi Paint di laptop dan paste dengan cara tekan Ctrl + V bersamaan atau bisa juga dengan klik kanan dan pilih paste.

2. Screenshot Laptop Acer Menggunakan Tombol Logo Windows + PrintScreen

Untuk cara yang kedua, kamu hanya bisa melakukan cara ini kalau laptop Acer yang kamu gunakan memiliki OS Windows 8.1 dan 10. Jadi kalau laptop yang kamu gunakan masih menggunakan OS Windows dibawahnya, silahkan menggunakan cara berikutnya. Cara screenshot menggunakan tombol kombinasi Windows dan PrintScreen cukup mudah sebagai berikut:

  1. Buka tampilan layar yang ingin ditangkap gambarnya.
  2. Tekan tombol logo Windows + PrtSc/PrtSc SysRq secara bersamaan. Gambar dari tampilan layar yang aktif akan secara otomatis diambil dan disimpan.
  3. Kamu bisa menemukan file hasil screenshot tersebut di folder C:\user\Pictures\Screenshots. Folder User tersebut disesuaikan dengan nama pengguna di laptop masing-masing.
  4. Image via drivereasy.com


3. Screenshot Laptop Acer Menggunakan Tombol Print Screen

Untuk cara yang ketiga ini support untuk semua jenis Windows jadi kalau yang menggunakan Windows 7, cara screenshot laptop Acer ini bisa digunakan. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama buka tampilan layar yang ingin kamu ambil gambarnya.
  2. Setelah itu, tekan tombol PrtSc/PrtSc SysRq yang terdapat di keyboard. Saat tombol PrtSc ditekan mungkin tidak terlihat apapun atau bisasanya cursor berkedip. Hasil tangkapan layar tersebut akan tersimpan di clipboard.
  3. Buka aplikasi Paint. Kalau kamu tidak tahu aplikasinya klik tombol Windows pada keyboard dan ketikan Paint pada kotak dialog pencarian aplikasi.
  4. Setelah muncul hasilnya klik aplikasi tersebut.
  5. Paste hasil tangkapan layar tadi dengan cara tekan tombol Ctrl + V pada keyboard secara bersamaan. Maka hasil screenshot tersebut akan tampil.
  6. Kamu bisa edit gambar terlebih dahulu dengan tool yang tersedia kalau mau. Jika sudah, klik icon disket atau tekan Ctrl + S untuk menyimpan gambar screenshot tersebut.
  7. Masukkan nama dan tentukan folder di mana file akan disimpan, klik Save.

4. Screenshot Laptop Acer Menggunakan Alt + Print Screen

Cara keempat ini pada dasarnya memiliki tahap yang sama dengan cara sebelumnya (nomor 3). Perbedaanya, saat mengambil gambar tangkapan kita menekan tombol Alt + PrtSc/PrtSc SysRq secara bersamaan. Hasil tangkapan layar dengan menggunakan Alt + PrtSc juga sedikit berbeda jika dibandingkan menekan PrtSc saja, yaitu screenshot hanya akan mengambil jendela yang aktif saja, jadi taskbar tidak ikut terambil.


5. Screenshot Laptop Acer Menggunakan Snipping Tool

Terakhir, kita bisa melakukan screenshot dengan menggunakan sebuah aplikasi bawaan Windows yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini hadir di berbagai varian Windows mulai dari Windows 7,8, hingga Windows 10 yang terbaru. Cara melakukannya simak langkah berikut:

  1. Buka tampilan jendela yang akan diambil screenshot.
  2. Cari aplikasi Snipping Tool di Laptop dengan cara klik tombol Start (di bagian pojok kiri bawah) dan ketikan ‘sniping tool’ di search bar.
  3. Setelah hasil pencarian muncul, klik aplikasinya. Akan muncul notifikasi bahwa Snipping Tool telah aktif dan warna layar berubah menjadi agak keputihan.
  4. Klik dan tahan tombol mouse kiri, kemudian drag cursor sesuai dengan bagian layar yang ingin kamu tangkap, setelah selesai lepaskan klik pada tombol mouse. Hasil screenshot akan langsung tampil di layar. Kamu bisa mengedit hasil gambar dengan tool sederhana yang tersedia pen, highlighter, dan eraser.
  5. Setelah hasil tangkapan layar sesuai dengan keinginan, klik Ctrl + S atau klik icon disket untuk menyimpan gambar.
  6. Beri nama dan pilih di folder mana kamu ingin menyimpan hasil screenshot tersebut, kemudian klik Save.

Nah, itulah tadi 5 cara screenshot di laptop Acer yang bisa membantu kamu dalam menangkap gambar di layar laptop. Jadi, meski tanpa aplikasi tambahan alias menggunakan aplikasi bawaan Windows, kamu tetap bisa mengambil tangkapan layar dengan gampang dan tanpa kesulitan yang berarti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel