Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 7, 8, dan 10

Keyboard merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran paling penting pada laptop dan komputer. Perangkat ini berguna untuk input perintah dari pengguna sehingga perangkat bisa bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan. Mengingat perannya yang begitu penting, tak jarang jika keyboard pada laptop mengalami masalah bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Terlebih lagi jika masalah ini datang dari tidak berfungsinya salah satu tombol alphabet, angka, ataupun tombol kombinasi shortcut, seperti Ctrl, Alt, dan Shift.

Cara menampilkan keyboard di layar lapto

Cara menampilkan keyboard di layar laptop, image by freepik.com

Bagi kamu yang kebetulan menghadapi permasalahan salah satu atau sebagian kunci keyboard laptop yang tidak berfungsi, ada solusi yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan virtual keyboard yang bisa ditampilkan pada layar. Cara ini tentu akan banyak membantu karena keyboard fisik yang bermasalah tersebut. Untuk tahu bagaimana cara menampilkan keyboard di layar laptop, simak beberapa tutorial yang akan ContohText bagikan berikut.


Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 10

Sebagai varian Windows versi terbaru, Windows 10 memiliki cara memunculkan keyboard di layar laptop yang sangat mudah dan simpel, sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada bagian taskbar dan pastikan Show touch keyboard button aktif (dicentang).
  2. Image by howtogeek.com

  3. Setelah itu kamu akan melihat ikon keyboard muncul di system tray (bagian pojok kanan taskbar).
  4. Image by howtogeek.com

  5. Klik ikon tersebut untuk menampilkan keyboard di layar laptop kamu.

Setelah muncul di layar, keyboard virtual ini bekerja layaknya keyboard fisik. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya dengan cara klik tombol mana yang ingin diinput.

Icon yang berada di bagian pojok kanan atas keyboard virtual (dari kanan ke kiri) berfungsi untuk memindahkan posisi keyboard, memperbesar ukurannya, dan menutupnya. Sementara icon keyboard yang berada di bagian pojok kanan bawah keyboard virtual berfungsi untuk merubah layout keyboard virtual tersebut.

Image by howtogeek.com

Selain itu, bagi kamu yang ingin menampilkan keyboard yang memiliki tombol lengkap (standar), kamu bisa melakukannnya dengan menggunakan cara menampilkan keyboard di layar laptop Windows 10 berikut ini:

  1. Buka menu Start atau tekan tombol Windows, lalu pilih Settings.
  2. Cari pilihan Ease of Access, pilih Keyboard dan aktifkan On-Screen Keyboard.
  3. Image by howtogeek.com

Tampilan keyboard dengan cara kedua ini memiliki lebih banyak tombol dan fungsi layaknya keyboard fisik pada komputer. Layaknya keyboard virtual sebelumnya, keyboard ini juga bisa di ubah ukurannya dan juga di-minimize. Untuk pengaturan lebih lanjut, kamu bisa klik tombol Options yang berada di bagian pojok kanan bawah keyboard virtual ini. Agar lebih memudahkan kamu untuk membukanya kembali saat dibutuhkan sewaktu-waktu, kamu bisa pin keyboard ini di taskbar.


Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 8 dan 8.1

Layaknya Windows 10, Windows 8 dan 8.1 ini juga memiliki cara menampilkan keyboard di layar laptop yang tak jauh berbeda, sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada toolbar dan arahkan kursor ke Toolbars.
  2. Setelah itu akan muncul pilihan lebih lanjut dan klik Touch Keyboard.
  3. Image by howtogeek.com

  4. Kamu akan melihat icon keyboard muncul di bagian paling kiri system tray. Klik ikon tersebut untuk memunculkan keyboard di layar laptop.

Selain Touch Keyboard yang memiliki tampilan simple, kamu juga bisa menampilkan keyboard konvensional dengan tombol lebih banyak seperti keyboard fisik. Cara menampilkan keyboard di layar Windows 8 dan 8.1 sebagai berikut:

  1. Untuk Windows 8.1, klik kanan pada tombol Start yang ada di taskbar. Sementara untuk Windows 8, klik kanan pada bagian pojok kiri bawah layar.
  2. Kemudian pilih Control Panel.
  3. Pada jendela Control Panel, klik Ease of Access lalu klik lagi Ease of Access Center.
  4. Klik Start On-Screen Keyboard untuk menampilkan keyboard di layar.
  5. Image by howtogeek.com

Untuk memudahkan kamu dalam membuka keyboard virtual tersebut, pin keyboard ke taskbar sehingga nantinya akan lebih cepat untuk diakses alias tidak ribet.


Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 7 dan XP

Untuk Windows 7 dan XP, keduanya memiliki cara menampilkan keyboard di layar Laptop yang sama sebagai berikut:

  1. Klik tombol Start atau tombol logo Windows pada keyboard, lalu klik All Programs.
  2. Cari dan klik Accessories.
  3. Klik Ease of Access, kemudian pilih On-Screen Keyboard.

Untuk akses keyboard virtual ini saat dibutuhkan nantinya, tinggal pin aplikasi ini saat sedang aktif dengan cara klik kanan pada icon On-Screen Keyboard yang ada di taskbar. Meski tampilan keyboard virtual di Windows 7 dan XP tak se-modern yang ada di Windows 8 dan 10, tapi secara fungsionalitas sama saja.


Nah, itulah tadi beberapa tutorial dari ContohText mengenai cara menampilkan keyboard di layar laptop yang praktis dan cepat. Semoga panduan tersebut bisa sedikit membantu mengatasi masalah pada keyboard fisik yang ada di laptop. Dan seperti yang telah disinggung di atas tadi, keyboard virtual ini tak hanya bisa digunakan untuk mengetik saja, namun juga bisa berfungsi sebagai tombol kombinasi jika salah satu tombol kombinasi keyboard fisik rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel