2 Cara Mengecilkan Icon Desktop Windows 7 dengan Cepat dan Mudah

Semenjak pertama kali rilis pada Jul 2009 silam, Windows 7 memang sudah banyak mendapatkan tempat di hati penggemarnya. Bahkan hingga tahun 2018 kemarin, OS ini masih menempati urutan kedua sebagai OS Windows yang paling digunakan digunakan setelah Windows 10. Meski sudah cukup lawas dan banyak yang menggunakan, kadang untuk pengguna baru OS ini, hal-hal sepele bisa terasa ribet. Contohnya saja dengan cara mengecilkan icon desktop Windows 7.

Cara mengecilkan icon desktop Windows 7

Cara mengecilkan icon desktop Windows 7

Ukuran icon pada desktop Windows 7 secara default memang lumayan besar sehingga dilihat kurang elegan. Akan tetapi, layaknya OS terkini, Windows 7 juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menyesuaikan ukuran icon pada tampilan desktop. Dengan cara ini, kamu bisa membuat tampilan desktop kamu lebih elegan dan tentu rapi.

Nah, kalau kamu merasa juga menghadapi hal yang sama dengan icon yang terlalu besar, kali ini ContohText akan membagikan tutorial mengenai cara mengecilkan icon desktop Windows 7. Untuk tahu bagaimana caranya, simak tahapnya berikut ini:

Cara Mengecilkan Icon Desktop Windows 7 Menggunakan Menu

Untuk cara yang pertama, kamu bisa mengecilkan ukuran icon desktop dengan menggunakan menu yang tersedia sebagai berikut:

  1. Pada tampilan desktop, klik kanan pada area yang kosong.
  2. Setelah muncul jendela menu dan arahkan pointer pada View.
  3. Akan muncul pilihan lebih lanjut dan klik Small icons untuk ukuran icon yang paling kecil.
  4. Secara otomatis, icon desktop kamu akan berubah ukurannya menjadi lebih kecil dan enak dilihat.

Cara Mengecilkan Icon Desktop Windows 7 Menggunakan Mouse

Selain menggunakan jendela menu di desktop, kamu juga bisa mengecilkan icon desktop dengan menggunakan mouse. Cara kedua ini merupakan cara yang lebih praktis dan memiliki rentang ukuran yang bisa dikustomisasi sekecil atau sebesar mungkin, tidak hanya small, medium, dan large.

Ok, untuk cara mengecilkan icon desktop Windows 7 menggunakan mouse scroll sebagai berikut:

  1. Buka tampilan desktop Windows 7 kamu.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard kamu.
  3. Selagi tombol Ctrl kamu tahan, scroll mouse wheel ke belakang untuk mengecilkan icon. Sebaliknya, kamu bisa memperbesar icon dengan scroll mouse ke depan.
  4. Secara otomatis ukuran icon akan berubah saat kamu melakukan scroll, sesuaikan dan lihat seberapa ukuran ikon yang kamu inginkan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara mengecilkan icon desktop Windows 7 agar tampilannya sesuai dengan keinginan kamu. Jadi kamu tak harus terganggu dengan tampilan icon yang secara default lumayan besar dan tak terlihat elegan di layar. Selain tutorial di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai tutorial mengenai komputer di blog ContohText ini, seperti cara menampilkan keyboard di layar ataupun cara screenshot layar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel