3 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP dan Komputer

Dari sekian banyak browser yang ada saat ini, sudah bukan rahasia lagi jika Google Chrome jadi salah satu primadona bagi sebagian besar orang. Hal ini diperkuat dengan data dari W3Counter yang menyebutkan bahwa Google Chrome jauh memimpin dengan peroleh 60% dari total pangsa pasar browser yang ada, jauh meninggalkan para kompetitiornya. Kesuksesan Chrome sebagai browser sejuta umat ini tak lepas dari fitur terkini, kecepatan, tampilan background dinamis, dan keamanan data yang ditawarkan pada penggunanya.

Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome

Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome

Meski sangat disukai oleh pengguna internet karena kelebihan-kelebihan tersebut, kadang ada saja yang membuat kita sedikit jengkel saat menggunakan browser ini, yaitu internet positif. Pengalihan yang terjadi saat kita mengakses situs yang dilarang oleh pemerintah ini biasanya terjadi pada situs-situs yang tidak aman atau memberi dampak negatif, misalnya situs download yang tidak legal serta situs yang berbau dewasa.

Tujuannya memang baik agar pengguna internet hanya mengakses hal-hal yang positif saja, tapi kadang kebijakan pemerintah ini dirasa berlebihan. Contohnya saja pemblokiran yang dilakukan pada situs Vimeo dan Reddit. Selain dua contoh kecil tersebut, masih ada banyak situs yang sekiranya tak bermuatan konten negatif namun terkena imbas pemblokiran sehingga memaksa kita mencari cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome untuk bisa mengaksesnya kembali.

Nah untuk itulah kali ini ContohText akan memberikan beberapa tutorial cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome agar bisa diakses. Agar tak berlama-lama dan tambah penasaran, langsung simak saja cara membuka situs yang diblokir selengkapnya di bawah.

Warning! Sangat tidak disarankan menggunakan VPN untuk mengakses akun pribadi, seperti email, akun perbankan, akun dompet digital, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pencurian data pribadi yang bisa disalahgunakan. Jadi lebih baik gunakan VPN secara bijak untuk akses situs yang diblokir saja.

1. Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome di HP Android dan iPhone

Untuk kamu pengguna Google Chrome di HP, kamu bisa melewati internet positif Chrome dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga berupa VPN. Salah satu aplikasi VPN yang saya rekomendasikan di sini adalah Turbo VPN. Selain gratis, aplikasi ini juga praktis dan tak mengharuskan kita untuk membuat akun VPN terlebih dahulu, jadi langsung pakai. Untuk cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP Android dan iPhone.

  1. Download aplikasinya di GooglePlay untuk Android dan AppleStore untuk iPhone.
  2. Instal dan buka aplikasinya. Jika ada notifikasi mengenai syarat dan ketentuan aplikasi, pilih I Agree atau centang I trust this application dan ketuk Ok.
  3. Ketuk ikon wortel untuk memulai sambungan ke server VPN (server gratis akan dipilih secara otomatis).
  4. Tunggu hingga koneksi tersambung dan status berubah jadi Connected.
  5. Setelah itu minimize aplikasi VPN tersebut dan buka Google Chrome. Sekarang kamu sudah bisa membuka situs yang diblokir di Google Chrome.

Aplikasi VPN akan berjalan dan kamu akan melihat notifikasinya berupa icon kunci di notification bar. Jika sudah selesai digunakan untuk membuka situs yang diblokir, sebaiknya segera putuskan koneksi dengan cara buka kembali TurboVPN dan ketuk icon X lalu pilih Disconnect.


2. Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome di PC/Komputer

Sementara untuk kamu yang menggunakan aplikasi Google Chrome di laptop dan komputer, kamu tetap bisa membuka situs yang diblokir di Google Chrome dengan bantuan extension berupa VPN yang bisa diinstal di Google Chrome. Di sini saya merekomendasikan ekstensi Free VPN karena gratis dan tak ribet daftar akun terlebih dahulu. Cara memasangnya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Google Chrome dan klik Chrome Web Store.
  2. Pastikan yang kamu pilih kategori extensions, lalu ketikan VPN di kolom pencarian ekstensi dan enter.
  3. Akan muncul berbagai pilihan VPN yang bisa diinstal. Karena di atas saya telah menyarankan Free VPN, saya akan lanjutkan tahap berikutnya dengan ekstensi tersebut. Klik Add to Chrome.
  4. Akan muncul jendela notifikasi dan klik Add extension.
  5. Setelah ekstensi Free VPN sukses terpasang di Google Chrome, kamu akan melihat icon-nya di pojok kanan atas. Klik icon tersebut dan akan muncul jendela ekstensi Free VPN.
  6. Pilih server yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu. Karena kita di Indonesia, saya sarankan untuk memilih Singapura. Tapi kalau ingin pilih yang lain silahkan.
  7. Setelah memilih server, klik Connect. Kalau proses koneksi terlalu lama, kamu klik lagi untuk membatalkan dan koneksikan lagi hingga sukses terhubung ke VPN.
  8. Selamat! Sekarang kamu sudah bisa membuka situs yang diblokir tanpa perlu khawatir adanya pengalihan ke internet positif lagi.

Jangan lupa setelah selesai mengakses situs yang diblokir, putuskan sambungan VPN terlebih dahulu dengan klik Disconnect jika ingin melanjutkan akses internet, seperti membuka email, akun internet banking, dan website lain yang membutuhkan data pribadi.


3. Alternatif Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome tanpa Aplikasi dan Ekstensi

Terakhir, ada alternatif lain untuk membuka situs yang diblokir oleh internet positif dengan menggunakan Webproxy. Cara ini bisa dilakukan untuk kamu yang menggunakan Chrome dari HP ataupun komputer. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka browser Google Chrome kamu. Ketikan “webproxy” di kolom pencarian Google dan tekan enter.
  2. Ada banyak Webproxy semacam ini tersedia di internet, dan pilih saja salah satu. Sebagai contoh di sini saya menggunakan pilihan kedua ProxySite.
  3. Setelah masuk ke halaman utama Webproxy tersebut, cari kolom pencairan untuk memasukkan url. Kemudian ketikan alamat situs yang diblokir tersebut dan klik enter. Ini contoh halaman ProxySite yang saya gunakan.
  4. Secara otomatis Webrpoxy tersebut akan membuka situs yang diblokir tersebut.

Cara membuka situs yang diblokir di Goole Chrome yang ketiga ini memang paling praktis diantara kedua cara sebelumnya karena tidak perlu menginstal aplikasi ataupun ekstensi tambahan. Akan tetapi, kadang tampilan website yang disuguhkan menggunakan webropxy ini kurang maksimal kalau kecepatan internet tidak benar-benar cepat, seperti gambar yang tidak terbuka, dan lain sebagainya.


Disclaimer: tutorial mengenai cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome di atas tidak serta merta menganjurkan pembaca untuk membuka situs yang diblokir oleh ISP. Kami hanya ingin memberikan alternatif pilihan bagaimana mengakses beberapa situs bermanfaat namun bermasalah dengan kebijakan pemerintah. Jika pembaca menggunakan tutorial ini untuk mengakses hal lain di luar itu, seperti konten-konten negatif, segala akibat dari aktifitas yang dilakukan bukan tanggung jawab kami.

3 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP dan Komputer 3 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP dan Komputer Reviewed by ContohText on 6/28/2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.