Cara Membuat Blog di Blogger Gratis untuk Pemula

Blogging memanglah bukan sebuah trend baru, di mana tahun 2005 hingga 2010 merupakan tahap blogging mulai menjadi sebuah kegiatan yang mainstream di dunia. Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat belakangan ini, blogging juga ikut mendapat imbas dengan banyaknya orang yang ingin mencobanya. Mulai dari yang ingin mengembangkan hobi menulisnya hingga mereka yang ingin menghasilkan uang dari blog.

Cara membuat blog di Blogger gratis

Cara membuat blog di Blogger gratis, image by freepik.com

Perkembangan blogging juga ditunjang dengan hadirnya beberapa platform blogging yang menyediakan banyak kemudahan untuk para blogger, terutama yang masih pemula. Salah dua contoh platform populer yang banyak diminati adalah Wordpress dan Blogger. Kepopuleran kedua platform ini tak hanya karena keduanya menyediakan blog gratis namun juga kemudahan dalam cara membuat blog di kedua platform tersebut.

Sejalan dengan pembahasan di atas, kali ini ContohText akan membagikan cara membuat blog di Blogger. Meski berdasarkan banyak sumber, Blogger masih memiliki user di bawah Wordpress, namun fitur yang disediakan tak kalah canggih, terus mengikuti perkembangan, dan yang paling penting simple sehingga enak untuk blogger pemula. Tapi kalau kamu ingin membuat blog di Wordpress, kamu bisa cek postingan kami sebelumnya di cara membuat blog di Worpress gratis untuk pemula.


Cara Membuat Blog di Google Blogger secara Gratis

Sebelum kita ke tahap cara membuat blog di Blogger, kamu memerlukan akun Gmail yang aktif terlebih dahulu. Jika belum punya, silahkan cek postingan sebelumnya tentang cara membuat email di Gmail.

Bagi kamu yang sudah, langsung saja cek dan ikuti cara membuat blog pribadi gratis di Google berikut.

1. Kunjungi laman pendaftaran blog di Blogger dan klik Create Your Blog.

2. Masuk ke akun Google kamu dengan menggunakan Gmail yang kamu miliki.

3. Jika sebelumnya kamu belum pernah login ke Blogger, kamu akan diminta untuk mengatur Blogger profile terlebih dahulu. Masukkan username yang kamu inginkan dan klik Continue to Blogger.

Sebagai catatan, semenjak Google+ resmi ditutup per April 2019 lalu, kamu tak akan bisa menggunakan Google+ profile lagi untuk nama tampilan di blog nantinya.

4. Setelah berhasil masuk ke halaman utama Blogger, klik Create New Blog. Atau kamu bisa klik New blog di bagian pojok kiri atas, keduanya punya fungsi yang sama.

5. Setelah itu akan muncul pop up di mana kamu harus memasukkan Judul Blog (Title), Alamat blog yang diinginkan (Address), dan Tema blog (Theme) yang sesuai seleramu.

Jika saat memasukkan alamat blog muncul "sorry, this blog address is not available" itu berati alamat tersebut tidak tersedia atau sudah digunakan orang lain. Jadi cari alamat blog unik lainnya.

Tanda centang biru pada bagian alamat blog menandakan kamu bisa menggunakan alamat tersebut atau masih tersedia.

Kalau semua sudah kamu masukkan dengan benar, klik Create blog.

6. Kalau muncul pop up penawaran nama domain dari Google seperti berikut, lewati saja jika ingin blog gratis dengan klik No thanks.

7. Selanjutnya kamu akan masuk ke dashboard blog dan selamat karena sudah berhasil membuat blog di Blogger.

Di bagian kiri dashboard terdapat panel navigasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur blog lebih lanjut nantinya, seperti Posts untuk membuat dan mengatur postingan, Stats untuk melihat dan memantau tayangan di blog, Theme untuk mengatur tampilan blog, Settings, dan beberapa tab navigasi lainnya.

Note: Bagi yang nantinya ingin mengaitkan blog dengan Adsense agar mendapatkan penghasilan dari blog, gunakan Bahasa Inggris agar Earnings muncul.


Baiklah itu tadi tutorial mengenai cara membuat blog di Blogger gratis yang cocok untuk para pemula. Cukup mudah, bukan? Semoga panduan cara membuat blog di Google di atas bisa membantu dan bermanfaat buat kamu untuk mulai melangkah ke dunia blogging, agar bisa berbagai ide pada dunia, mengembangkan skill menulis, syukur-syukur hingga mendapat penghasilan dari blog.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel