10 Tempat Rekreasi di Jakarta yang Asyik untuk Mengisi Liburan Sekolah

Hi English learners, jumpa lagi dengan ContohText yang pada kesempatan ini tak akan membahas materi Bahasa Inggris. Seperti yang kalian tahu, libur sekolah memang sudah dekat atau bahkan saat ini ada dari kalian yang sudah menjalani liburan. Setelah satu semester penuh penat dengan tugas dan pelajaran, pada momen liburan ini pasti kalian ingin menyegarkan kembali pikiran, utamanya bagi kalian pelajar ibu kota yang penuh dengan hiruk-pikuknya. Di balik kemacetan dan kesibukannya, ternyata banyak tempat rekreasi di Jakarta yang asyik untuk kalian pilih dalam mengisi liburan kalian, lho!

Nah penasaran dengan tempat wisata tersebut, langsung saja kita simak 10 tempat rekreasi di Jakarta yang bisa kamu pilih untuk mengisi liburan sekolah bersama sahabat ataupun keluarga.


1. Monumen Nasional

image by allposters.com

Tempat rekreasi di Jakarta yang pertama ini juga bisa dibilang sebagai landmark dari kota ini sendiri. Memiliki ketinggian sekitar 32 meter, Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Tugu Monas memiliki keunikan khas berupa mahkota lidah api berlapis emas murni yang berada di bagian puncaknya. Monumen ini menjadi simbol perjuangan rakyat untuk mengenai jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu tempat wisata keluarga dan edukasi yang menarik untuk dikunjungi, Monas terbilang memiliki tarif yang lumayan murah. Harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 5.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Selain tarif tiket masuk, kamu juga akan dikenai biaya tambahan jika ingin menggunakan lift untuk sampai ke puncak seharga Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak dan pelajar.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 17.00. Tapi, pelayanan akan ditutup sementara untuk umum setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya.


2. Taman Mini Indonesia Indah

image by commons.wikimedia.org

Tempat wisata di Jakarta yang kedua yaitu Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Objek wisata satu ini bisa dibilang merupakan sebuah wahana rekreasi sekaligus edukasi. Sambil berwisata, kita bisa belajar mengenai berbagai rumah-rumah adat yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke melalui miniatur yang ada.

Selain itu, kawasan wisata ini menyediakan berbagai fasilitas menarik lainnya seperti taman, museum, teater, wahana rekreasi, dan juga tempat ibadah. Tempat wisata yang ada di Jakarta Timur ini memiliki luas 150 hektare dan beroperasi setiap hari.


3. Dunia Fantasi

image by javasoltours.com

Dunia Fantasi atau biasa disebut Dufan merupakan salah satu tempat hiburan yang masih berada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Taman hiburan yang berlokasi di Jakarta Utara ini menyediakan berbagai macam wahana menarik dan seru yang kerap disesuaikan dengan tema tempat-tempat tertentu. Selain itu, berbagai wahana yang disediakan pastinya akan membuat liburanmu di sini lebih seru.


4. Kebun Binatang Ragunan

image by poskotanews.com

Tempat rekreasi di Jakarta selanjutnya ini pastinya cocok banget buat kamu yang ingin berwisata sekaligus mengenal berbagai jenis flora dan fauna. Kebun Binatang Ragunan terletak di Jakarta Selatan dan memiliki luas sekitar 140 hektare. Kebun Binatang pertama di Indonesia yang berdiri tahun 1864 ini memiliki sekitar 270 spesies binatang serta 171 spesies tanaman dan bunga.

Untuk harga tiket masuknya sendiri lumayan murah, yakni hanya Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan wahana yang tersedia di dalam kebun binatang seperti kereta keliling, kuda dan unta tunggang, dan lain-lainnya.


5. Ocean Ecopark

image by jakarta.panduanwisata.id

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata air di Jakarta, Ocean Ecopark bisa jadi pilihan yang pas banget. Tempat wisata yang berlokasi di daerah Pademangan, Jakarta Utara ini menawarkan sensasi wisata air yang alami alias back to nature dengan 4 sektor tematik, seperti Eco Care, Eco Nature, Eco Energy, dan Eco Art.

Selain itu, kawasan ini juga banyak di isi oleh para penyanyi lokal dan internasional. Jadi, kegiatan main air kamu akan lebih asik sambil menonton penampilan mereka. Dengan hanya mematok tarif Rp. 25.000 per orang, wisata ini tentunya bisa dibilang cukup terjangkau. Tapi kalau kamu ingin menikmati berbagai permainan lain yang tersedia seperti kano, paintball shooting, dan outbound holic, kamu akan dikenai biaya tambahan.


6. Kepulauan Seribu

image by indonesia-tourism.com

Buat kamu yang merasa anak pantai banget, menghabiskan liburan sekolah di Pulau Seribu bisa jadi pilihan wisata yang cocok. Wisata bahari yang terletak di bagian utara Jakarta ini menyimpan berbagai keindahan alam luar biasa dari beberapa pulaunya, seperti Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Tidung, dan beberapa pulau nan eksotik lainnya.

Selain keindahan alam khas bahari yang mempesona dari laut biru dan pasir putihnya, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di pulau ini dengan mencoba berbagai water sport yang tersedia dan juga menikmati indahnya senja sembari memandang matahari tenggelam.

Untuk mencapai lokasi wisata alam bahari ini, kamu harus menyeberang dari Muara Angke menggunakan kapal laut seperti KM Kerapu. Jam operasional pembelian tiketnya sendiri dimulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB. Sementara jam keberangkatan kapal dari Muara Angke sekitar jam 08.00. Banyak rute yang ditawarkan dengan tarif yang bervariasi pula, mulai dari Rp. 42.000 hingga Rp. 72.000.


7. Kota Tua

image by hallojawa.com

Bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman suasana Jakarta tempo dulu alias Batavia, Kota Tua bisa jadi pilihan tempat rekreasi di Jakarta yang ideal. Tempat ini menyuguhkan suasana masa lalu yang kental dari arsitektur bangunan klasiksnya yang khas dan menarik.

Untuk lebih menikmati suasana, kamu juga bisa mencoba mengelilingi kawasan Kota Tua dengan menggunakan sepeda ontel yang disewakan oleh pihak pengelola. Puas berkeliling, kamu bisa mampir mengunjungi beberapa museum yang ada di sana.

Dari segi harga, berwisata di Kota Tua lumayan terjangkau untuk semua kalangan. Tiket masuk berbagai spot wisata yang berada di kawasan wisata ini bervariasi hanya sekitar Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000 saja.


8. Planetarium

image by visitnesia.com

Selanjutnya ada Planetarium yang pas jadi pilihan tempat wisata edukasi mengenai ilmu perbintangan dan alam semesta. Lokasi spot wisata ini berada di Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat. Dengan hanya membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp. 7.000 untuk dewasa dan Rp. 3.500 untuk anak-anak, pengunjung sudah bisa memuaskan keingintahuan mereka mengenai planet-planet dan dunia angkasa luar.

Tempat ini beroprasi dari hari Selasa sampai dengan hari Minggu. Untuk Selasa hingga Jum’at mulai buka jam 16.30 WIB, sedang di hari libur dan akhir pekan jam buka mulai dari jam 10.00, 11.30, 13.00, dan 14.30.


9. Pantai Marina

image by travel.tempo.co

Selain di Kepulauan Seribu, kamu juga bisa menikmati asyiknya wisata bahari di Pantai Marina. Spot wisata yang masih dalam satu kawasan terpadu dengan Taman Impian Jaya Ancol ini tak hanya jadi tempat bersandarnya kapal pesiar namun juga jadi tempat rekreasi yang menyuguhkan berbagai olah raga laut seperti wind surfing, ski air, memancing, menyelam, dan masih banyak lagi. Eksotisme dan keindahan teluk Jakarta ini bisa anda nikmati dengan membayar tarif Rp. 25.000 saja.


10. Museum Fatahillah

image by expedia.com

Terakhir ada Museum Fatahillah yang bisa jadi pilihan tempat rekreasi di Jakarta yang pas buat kamu untuk berwisata sekaligus belajar sejarah. Di dalam museum ini tersimpan berbagai peninggalan-peninggalan masa lalu yang tersimpar rapi. Terletak di Jakarta Barat, Musem yang berada satu kawasan dengan Kota Tua ini dulunya merupakan sebuah markas besar VOC ketika Belanda berkuasa di Indonesia. Selain menambah wawasan sejarah, tarif masuk ke museum ini juga ramah di kantong, seharga Rp. 5000 untuk dewasa, Rp. 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel