10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik 2019 yang Wajib Dicoba

Hi learners, belajar Bahasa Inggris merupakan salah satu hal bermanfaat untuk kita. Tak hanya untuk bisa memahami dunia lebih luas tapi juga bisa menunjang karir kita ke depannya nanti. Selain itu, belajar Bahasa Inggris sekarang bisa dilakukan dengan berbagai cara yang lebih mudah, seperti melalui smartphone dengan install aplikasi belajar Bahasa Inggris.

aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis terbaik 2019

Aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis terbaik 2019, designed by freepik.com

Terlepas kamu seorang pemula ataupun hanya ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, berikut beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis di Android and iOS yang bisa kamu gunakan untuk belajar Bahasa Inggris dengan cepat.

1. Hello English

Rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis yang pertama yaitu Hello English. Aplikasi ini menyajikan berbagai aspek pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi vocabulary, grammar, spelling, spoken dan reading skill, hingga translation.

Walaupun banyak yang disajikan, aplikasi belajar ini tak akan bisa membantumu jika kamu memang masih sangat pemula. Jadi paling tidak kamu harus tahu struktur dasar sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris bagaimana.

Aplikasi belajar ini akan menanyaimu tentang bahasa asli yang kamu gunakan sehari-hari (native) saat pertama kali digunakan, dan kabar baiknya Bahasa Indonesia ada dalam salah satu daftar bahasa yang didukung.

Setelah itu, kamu akan diberikan ditanyai juga mengenai data diri, apa tujuanmu belajar Bahasa Inggris, dan sampai mana tingkatmu dalam menguasainya. Pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan aplikasi ini untuk menentukan rekomendasi pembelajaran apa yang terbaik untuk kamu.

Aplikasi ini juga akan memberikan pembelajaran yang selanjutnya berdasarkan pencapaian yang kamu dapat dalam setiap tes-nya. Jadi jika kamu menyelesaikan semua soal dengan benar maka aplikasi akan merekomendasikan untuk belajar dengan tingkatan lebih tinggi begitu juga sebaliknya.

Tersedia untuk Android dan iOS

2. Duolingo

Jika kamu memang benar-benar pemula dan ingin belajar Bahasa Inggris dari awal sekali, maka aplikasi belajar Bahasa Inggris kedua ini kemungkinan cocok. Duolingo menggunakan game interaktif yang akan membantumu dalam belajar berbagai bahasa di dunia, khususnya Bahasa Inggris.

Untuk kamu para pemula, aplikasi ini fokus dalam membantu kamu mempelajari verb, phrase, dan sentence. Meski sangat cocok untuk pemula, aplikasi ini juga menyajikan berbagai latihan Bahasa Inggris dalam hal writing, speaking, dan vocabulary untuk para pelajar yang sudah berada di tingkatan advanced learner (lanjutan).

Seperti halnya aplikasi pertama, di sini kamu juga akan dimintai bahasa asli (native language) yang kamu gunakan sebelum memulai pembelajaran. Setelah itu, kamu akan disediakan pilihan apakah kamu ingin belajar Bahasa Inggris dari dasar sekali atau hanya sekedar ingin meningkatkan English skill yang kamu miliki saat ini.

Berdasarkan pilihanmu tadi, aplikasi ini akan meberikanmu beberapa tes sederhana. Tes yang diberikan ini merupakan cara aplikasi menentukan seberapa mahirnya kamu dalam berbahasa Inggris sehingga Duolingo bisa memberikan materi yang tepat. Admin ContohText sendiri lumayan terkesan dengan strategi pengajaran yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Tersedia untuk Android dan iOS

3. Lingbe

Jika kedua aplikasi di atas, Hello English dan Duolingo bisa membantumu dalam belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, lain lagi dengan Lingbe. Kalau kamu sudah memiliki bekal kemampuan dasar yang cukup, terutama dalam hal speaking skill maka aplikasi belajar ini akan cocok karena melatihmu berbicara di dunia nyata secara langsung.

Aplikasi ini sendiri merupakan sebuah aplikasi yang berbasis komunitas di mana orang bisa saling membantu dan berbagi wawasan mengenai bahasa asli mereka. Jadi, aplikasi ini memungkinkan kamu dapat belajar Bahasa Inggris, khususnya untuk melatih pronunciation dan speaking skill langsung dengan para English native speakers.

Lingbe memiliki sebuah sistem pertukaran bahasa. Jadi sebelum kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan native speaker, kamu terlebih dahulu harus berbicara dengan orang asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia dan membantunya untuk belajar. Jadi pada dasarnya ini merupakan aplikasi di mana kamu memberi (berkontribusi) dan menerima atau dengan kata lain kita berperan menjadi guru dan murid sekaligus. Secara keseluruhan, ini merupakan hal yang menyenangkan berteman dengan orang baru yang memiliki latar belakang, budaya, dan bahasa yang tentunya berbeda sama sekali.

Meski banyak aplikasi yang serupa dengan Lingbe di mana bertujuan menghubungkan leraner dengan native speaker, tapi hal yang jadi poin lebih aplikasi ini adalah tampilannya dan peraturannya yang simple dan mudah digunakan. Kamu cukup memilih bahasa aslimu dan bahasa yang ingin kamu pelajari dan memberi tahu sedikit tentang apa saja yang kamu sukai. Informasi ini nantinya tak akan bisa dilihat pengguna lain dan hanya akan digunakan sebagai dasar agar kamu bisa menemukan partner belajar yang sesuai dengan keinginnamu.

Tersedia untuk Android dan iOS

4. Memrise

Memrise menawarkan berbagai variasi pembelajaran bahasa yang berbeda-beda, salah satunya Bahasa Inggris. Pembelajaran yang disediakan sebenarnya dibuat oleh anggota komunitas dari Memrise. Hal inilah yang membuat aplikasi ini menjadi platform belajar untuk orang banyak. Kebanyakan pembelajarannya di buat menjadi seru seperti game. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna yang telah mahir membuat kursus pembelajaran untuk pengguna yang lain.

Tersedia untuk Android dan iOS

5. Busuu

Busuu merupakan aplikasi belajar yang secara sekilas mirip dengan Memrise karena keduanya memiliki kursus pembelajaran yang dibuat oleh native speakers. Di sini kamu akan mulai dengan tingkat kesulitan tes yang disesuaikan dan kursus pembelajaran yang disediakan juga akan diberikan berdasarkan tes tersebut. Selain itu Busuu juga tampil sebagai sebuah platform media sosial di mana orang dengan bahasa yang berbeda-beda bisa saling chatting dan berbagi pengalaman mereka.

Tersedia untuk Android dan iOS

6. Awabe

Aplikasi belajar Bahasa Inggris yang benar-benar gratis selanjutnya ini akan membantu kamu mempelajari lebih dari 4000 frasa dan kosa kata umum dalam Bahasa Inggris. Aplikasi ini sepenuhnya bisa digunakan secara offline, jadi tak perlu takut lagi kalau belajar tak punya kuota.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan penerjemahan, pembelajaran melalui audio dan video, serta berbagai game pembelajaran lainnya. Kamu juga akan mendapatkan berbagai tes speaking, listening, dan memorizing harian yang akan memastikan kemampuan berbahasa Inggrismu tetap lancar.

Tersedia untuk Android dan iOS

7. Learn English Daily

Aplikasi belajar ini sengaja mengikuti pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris dengan cara listening dan speaking. Aplikasi ini juga memiliki ribuan kata dan frase yang dinarasikan oleh para native speakers langsung.

Kamu bisa mendengarkan frase-frase tersebut untuk meningkatkan kemampuan pronounciation-mu dan mengingat-ingat kosa katanya. Tak ketinggalan, aplikasi ini akan memberi notifikasi agar kamu mencoba melafalkan berbagai kalimat dalam Bahasa Inggris tiap harinya.

Tersedia untuk Android

8. Beelinguapp

Beelinguap ini menggunakan audiobooks untuk membantumu dalam belajar Bahasa Inggris. Yang kamu harus lakukan hanya sederhana, cukup dengarkan cerita dan novel dalam bahasa yang ingin dipelajari (Bahasa Inggris) dan secara bersamaan kamu bisa membaca terjemahannya dalam bahasa asli kamu (Bahasa Indonesia). Banyak audio books yang bisa kamu dapatkan secara gratis untuk membantumu agar terbiasa dengan Bahasa Inggris sehingga skill-mu akan memingkat.

Tersedia untuk Android dan iOS

9. HelloTalk

HelloTalk sebenarnya hampir mirip dengan Lingbe karena keduanya coba menghubungkan native speakers dengan learners untuk meningkatkan skill berbahasanya. Tapi, aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan yang mungkin membuatmu tertarik. Kamu bisa melihat profil pengguna lain secara manual untuk menemukan pengguna yang memiliki ketertarikan dan topik pembicaraan yang cocok. Selain itu, kamu juga bisa mengirim pesan teks dan audio atau bahkan saling video call dengan pengguna lainnya.

Tersedia untuk Android dan iOS

10. English Speaking Practice

Aplikasi ini merupakan alat untuk meningkatkan kemampuan pronunciation dan membantumu agar kamu bisa dengan percaya diri untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Aplikasi ini memiliki ribuan rekaman percakapan dari native speakers yang bisa kamu gunakan untuk berlatih untuk melafalkan lalu merekam percakapanmu sendiri. Jadi kamu bisa membandingkan bagaimana pronunciation-mu dibandingkan dengan native speakers, apakah sudah sama atau belum.

Tersedia untuk Android dan iOS


Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Bonus

Sebagai bonus tambahan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Translate besutan Google yang tersedia untuk Android dan iOS. Mungkin aplikasi ini tak seperti aplikasi belajar bahasa seperti yang telah disebutkan di atas tapi aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris.

Tak seperti aplikasi lain yang memiliki program pembelajaran dan tes yang telah ditentukan, Google Translate bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan kata-kata atau kalimat sederhana dan pelajari bagaimana terjemahannya.

Meski beberapa tahun belakangan ini kemampuan penerjemahan Google cukup membuat admin ContohText terkesan, namun sebagai mesin tetap saja ada beberapa (celah) terjemahan yang masih terkesan sangat tekstual (harfiah banget). Jadi kamu harus berhati-hari jika sudah menerjemahkan frase ataupun kalimat.


Singkatnya bisa kita tarik kesimpulan kalau kamu masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris, rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba seperti Duolingo dan Hello English. Tapi kalau kamu sudah cukup lancar dan ingin meningkatkan kemampuan ke tingkat selanjutnya, kamu bisa mencoba Lingbe atau HelloTalk.

Baiklah, cukup sampai di sini pembahasan mengenai 10 aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis yang bisa digunakan agar belajar lebih cepat dan semoga referensi tersebut bisa membantu kamu dalam menemukan aplikasi belajar yang cocok. Nah, mana aplikasi yang menurutmu cocok dan sepertinya akan kamu gunakan untuk mengasah Bahasa Inggrismu? Beritahu kami di kolom komentar di bawah, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel