Mau Liburan ke Luar Negeri? Ini 6 Aplikasi Translate Terbaik untuk Travelers

Travelers, salah satu kendala yang mungkin saja kita hadapi saat traveling ke tempat baru, terutama luar negeri adalah kendala bahasa. Hal ini mungkin tak akan terlalu berati jika destinasi yang kita tuju merupakan daerah atau negara yang kebanyakan penduduknya menguasai bahasa Inggris. Namun bagaimana jika kita ingin mengunjungi tempat-tempat atau negara yang tak sebagian besar tak menggunakan Bahasa Inggris?

aplikasi translate terbaik untuk traveler

Aplikasi translate terbaik untuk para travelers, designed by freepik.com

Jika kamu tak menguasai beragam bahasa di dunia, tentu hal ini akan menjadi kendala untuk kegiatan traveling-mu nanti, bukan. Tapi tenang saja, dengan kecanggihan teknologi, gap kendala bahasa semacam ini bisa sedikit teratasi dengan adanya aplikasi translate. Aplikasi semacam ini akan memudahkanmu untuk memesan makanan, memesan taksi, berkomunikasi dengan penduduk setempat tanpa kesulitan yang berarti, serta membuat pengalaman traveling-mu bisa jadi lebih menyenangkan.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut bisa kamu simak beberapa aplikasi translate terbaik untuk travelers yang bisa memudahkanmu berkomunikasi dan tentunya bisa digunakan di smartphone berbasis Android dan iOS.

1. iTranslate

Salah satu aplikasi translate terbaik yang paling populer di dunia yaitu iTranslate. Aplikasi ini memiliki lebih dari 51.000 rating di iTunes, dengan rating yang sebagian besar memberikan bintang empat dan lima. Aplikasi ini bisa menerjemahkan hingga 100 bahasa yang berbeda dan bahkan ada special version yang khusus dikeluarkan untuk dukungan Apple Watch sehingga penggunanya bisa menerjemahkan secara langsung melalui jam tangannya tersebut.

Aplikasi penerjemah ini hadir dalam dua varian yaitu basic dan pro. Untuk versi basic, kamu bisa menggunakannya dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya namun dengan fitur yang tentunya lebih terbatas. Sementara versi Pro yang memiliki sistem berlangganan $39,99 per tahunnya memiliki berbagai fitur menarik yang tak dimiliki versi basic, diantaranya bisa digunakan offline, penerjemahan website, voice mode dan verb conjugations.

Tersedia untuk Android dan iOS

2. Google Translate

Siapa coba yang tak tahu aplikasi translate terbaik selanjutnya ini? Yup, hampir bisa dipastikan para pengguna smartphone sudah tak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bisa menerjemahkan 103 bahasa di dunia secara online dan 59 bahasa secara offline.

Selain itu, kamu bisa menggunakan mode handwriting (tulisan tangan) jika seumpama karakter tulisan tersebut tak ada pada keyboard smarphone-mu. Dan yang paling mudah yakni menggunakan mode camera untuk penerjemahan di mana kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke objek tulisan dan seketika itu akan diterjemahkan.

Tersedia untuk Android dan iOS

3. TripLingo

Kalau kamu ingin terdengar orang yang cerdas dan memiliki wawasan saat traveling ke luar negeri, TripLingo akan membantumu terdengar seperti penduduk lokal. Aplikasi ini juga akan membantumu untuk beradaptasi dengan baik pada adat budaya setempat. Yang perlu kamu lakukan pertama tentu install aplikasi ini pada smartphone-mu dan tentukan tujuan traveling-mu. Aplikasi ini nantinya akan mengunduh beberapa data pack yang berhubungan dengan tempat tujuanmu tersebut.

Semisal saja kamu ingin mengunjungi Korea Selatan, maka kamu akan diberikan penerjemah suara yang akan mengubah suaramu ke dalam Bahasa Korea, penerjemah gambar (foto), beberapa pilihan frase umum dalam Bahasa Korea dan kapan penggunaanya, hingga pemberitahuan tentang norma dan aturan yang berlaku untuk memastikanmu bisa berbaur dengan baik bersama penduduk setempat. Bagian kumpulan frase berisikan banyak sekali frase yang jamak digunakan untuk melontarkan candaan, humor, bahkan untuk menggoda.

Tersedia untuk Android dan iOS

4. Papago

Menyasar secara khusus berbagai bahasa dari negara-negara di Asia, Papago menerjemahkan banyak bahasa mulai dari Korea, Jepang, Cina, Vietnam, Thailand, dan juga beberapa bahasa negara di Eropa. Penerjemahan di aplikasi ini tersedia dalam format tulisan ataupun suara. Tak hanya itu, kamu juga bisa bercakap-cakap dengan menggunakan aplikasi ini, di mana bisa memudahkanmu untuk berbicara secara langsung dengan penduduk setempat. Penerjemahan gambar, kamus, dan juga kumpulan frase umum juga disediakan juga oleh aplikasi ini.

Tersedia untuk Android dan iOS

5. iTranslate Voice

Aplikasi translate terbaik untuk para travelers selanjutnya yaitu iTranslate Voice. Aplikasi ini mampu membuat kamu bisa berbicara dengan lebih dari 40 bahasa yang berbeda. Aplikasi ini tak hanya dilengkapi dengan frase-frase umum yang pasti akan sangat berguna untuk traveling namun juga memiliki penerjemahan suara spesial. Selain itu, kamu juga bisa melakukan export, copy, dan share transkrip dari percakapan suaramu dan menyimpannya sebagai frase favorit dalam custom phrasebook-mu.

Tersedia untuk Android dan iOS

6. Waygo

Aplikasi translate terbaik terakhir untuk travelers ini memiliki sedikit keterbatasan yakni hanya mendukung beberapa bahasa saja seperti Bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Korea. Akan tetapi, sisi baiknya aplikasi ini akan sangat berguna jika kamu terjebak di lokasi yang sama sekali tidak terdapat jaringan atau WiFi karena sepenuhnya bisa digunakan dalam keadaan offline.

Aplikasi ini paling cocok jika digunakan untuk menerjemahkan gambar atapun foto; tinggal arahkan ke tanda atau objek yang ingin diterjemahkan dan hasilnya akan langsung muncul. Buat kamu yang doyan banget berburu makanan saat traveling, aplikasi ini akan sangat berguna banget karena mampu menerjemahkan menu makanan setempat agar kamu tahu makanan apa yang sebenarnya akan kamu pesan. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk melafalkan sesuatu dalam bahasa terkait jika diperlukan.

Tersedia untuk Android dan iOS


Baiklah, itu tadi mengenai 6 aplikasi translate terbaik untuk para travelers yang bisa memudahkan kegiatan traveling kalian ke manapun destinasi wisatanya. Jadi kendala komunikasi kalian di tempat tujuan nanti tak akan terlalu memusingkan lagi meskipun kalian tak menguasai bahasa setempat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel