7 Tips Menentukan Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat Buat Kamu

Sebagai sebuah bahasa yang memiliki jumlah penutur paling banyak di seluruh dunia, Bahasa Inggris memegang peran penting dalam hal komunikasi di era globalisasi seperti ini. Tak hanya sebagai penunjang karir agar bisa bekerja di perusahaan dan instansi ternama, penguasaan Bahasa Inggris juga diperlukan jika ingin bepergian ke luar negeri seperti liburan atau meneruskan studi.

Terkait pentingnya Bahasa Inggris dalam menunjang kehidupan masyarakat modern tersebut, bahasa asing satu ini memang tak bisa dipandang sebelah mata dan memang sangat perlu dipelajari. Salah satu cara yang bisa anda tempuh untuk menguasainya yakni dengan mengikuti kelas kursus Bahasa Inggris yang kini banyak tersedia.

kursus bahasa inggris

Bingung menentukan tempat kursus Bahasa Inggris yang tepat?

Meski begitu, anda tak dapat sembarangan dalam menentukan tempat kursus yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan dalam menentukan tempat les bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan anda agar proses belajar maksimal. Untuk lebih jelas, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Tentukan Tujuan Belajar

Sebelum memutuskan untuk mengikuti kegiatan kursus Bahasa Inggris, sebaiknya pikirkan apa yang sebenarnya membuat anda ingin melakukannya. Apakah anda ingin meningkatkan kemampuan speaking skills untuk conversation? Ingin lulus ujian TOEFL, TOEIC, ataupun IELTS dengan nilai yang baik? Untuk membantu menghadapi ujian sekolah bagi yang masih pelajar? Atau untuk menunjang karir anda di dunia kerja?

Terlepas apapun tujuannya, jika anda sudah menemukan tujuan anda dalam belajar Bahasa Inggris, hal ini nantinya akan mempermudah dalam menentukan pemilihan program kursus yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan semula.

2. Carilah Info yang Memadai

Setelah tujuan belajar Bahasa Inggris anda jelas, hal selanjutnya adalah mengumpulkan informasi yang memadai terkait tempat kursus yang ada di sekitar wilayah atau kota anda. Untuk mendapatkan infonya, anda bisa melakukannya dengan cara browsing tempat kursus Bahasa Inggris di internet dan bisa juga mendatangi tempat tersebut atau menghubungi via telepon untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program kursus dan fasilitas yang tersedia.

3. Perhatikan Lokasi Gedung dan Fasilitasnya

Dalam menentukan lokasi kursus Bahasa Inggris yang ingin diikuti, usahakan untuk memilih lembaga yang memiliki lokasi gedung strategis sehingga mudah dicapai dan tak terlalu jauh dengan tempat tinggal. Pemilihan tempat kursus yang terlalu jauh akan menyulitkan anda mengaksesnya dan tak jarang capek di perjalanan. Hal ini tentu bisa membuat efektifitas belajar berkurang, terutama bagi anda yang mengambil kelas kursus di malam hari.

Selain lokasi yang strategis, perhatikan juga ketersediaan berbagai fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran yang disediakan, seperti halnya lab bahasa, perpustakaan, hingga ketersediaan akses internet (Wi-Fi).

4. Sesuaikan Jadwal

Untuk anda yang masih pelajar, pilih tempat kursus yang menyediakan jadwal yang tak bentrok dengan kegiatan sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler dan jangan terlalu padat agar tak kelelahan. Sedang untuk orang dewasa seperti karyawan, jadwal kursus tentu harus menyesuaikan dengan kesibukan kerja. Ada baiknya anda memilih tempat kursus yang menyediakan jadwal kursus fleksibel sehingga tak mengganggu pekerjaan.

5. Kualitas Tenaga Pengajar

Kualitas tenaga pengajar secara umum menyesuaikan dengan biaya kursus yang dipatok di lembaga kursus Bahasa Inggris bersangkutan. Lembaga yang memiliki biaya kursus yang relatif mahal umumnya merekrut para tenaga pengajar yang telah berpengalaman dan menyelesaikan pendidikannya atau mengantongi sertifikat terkait. Bahkan beberapa sengaja mendatangkan pengajar native guna memberikan pengalaman belajar Bahasa Inggris yang lebih pada peserta.

Sedang untuk lembaga yang mematok biaya relatif murah pada umumnya beberapa pengajar masih berstatus mahasiswa. Jadi, akan lebih baik sebelum mendaftar anda bertanya mengenai tentang tenaga pengajar yang tersedia di lembaga tersebut dan pilih sesuai dengan dana yang dimiliki.

6. Pilih Kelas Kecil

Alasan kenapa kelas kecil ini penting karena peserta kursus akan mendapatkan jumlah porsi perhatian yang cukup dari para pengajar dibandingkan dengan kelas yang memiliki jumlah peserta besar (lebih dari 10 orang). Terlebih lagi bagi pelajar sekolah yang biasanya harus berebut perhatian dengan rekan sekelas, hal ini bisa menjadi solusi bagi mereka untuk bisa mendapat pemahaman dan kesempatan yang lebih dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Idealnya, kelas kecil ini memiliki jumlah peserta 6 hingga 10 orang saja.

7. Ikut Kelas Percobaan

Hal penting terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tempat kursus Bahasa Inggris yakni ketersediaan kelas percobaan untuk diikuti. Kelas percobaan atau trial class memang banyak diberikan oleh berbagai lembaga kursus guna meyakinkan para calon peserta jika program kursus yang diberikan memang berkualitas.

Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi anda yang masih belum terlalu yakin dengan metode dan efektifitas pembelajaran yang akan diterima. Anda juga bisa mengetahui karakter dan kualitas tenaga pengajar dengan ikut trial class. Jadi, jangan sampai setelah kamu membayar biaya kursus secara kontan saat pendaftaran, kamu kecewa dengan performa pembelajaran yang diberikan dan yang lebih buruk uang tak bisa diminta kembali.

Menentukan pilihan tempat kursus Bahasa Inggris yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan memang akan memaksimalkan potensi dan meningkatkan efektifitas anda dalam belajar Bahasa Inggris. Jangan sampai biaya dan usaha yang telah anda keluarkan berakhir kurang maksimal nantinya.

7 Tips Menentukan Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat Buat Kamu 7 Tips Menentukan Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat Buat Kamu Reviewed by ContohText on 10/08/2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.