8 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online yang Tepat

Seiring berkembang pesatnya teknologi, banyak kegiatan manusia yang semula offline menjadi online, salah satu contohnya kegiatan kursus Bahasa Inggris. Kursus bahasa Inggris Online ini memang menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi anda yang tak bisa datang langsung ke tempat kursus, baik karena jarak ataupun jadwal sekolah/kerja yang begitu padat. Dengan adanya kursus semacam ini, waktu yang ditawarkan tentu lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan agar tan bentrok dengan kesibukan lain.

Seperti halnya kursus konvensional yang mengharuskan pesertanya datang, kursus Bahasa Inggris online juga memerlukan modal baik dari segi waktu dan biaya. Oleh karena itulah, pemilihan lembaga atau penyedia kursus online ini tidak bisa sembarangan begitu saja karena dampaknya akan sangat signifikan pada kemampuan Bahasa Inggris anda nantinya.

kursus Bahasa Inggris online

Pertimabangan dalam menentukan pilihan kursus Bahasa Inggris

Untuk itu, berikut ada tips yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada lembaga atau pihak penyedia kursus Bahasa Inggris secara online agar tak menyesal dan bisa membuahkan hasil belajar yang maksimal.

1. Cek kelengkapan program kursus yang ditawarkan

Layaknya kursus biasa, kursus bahasa Inggris online juga menawarkan berbagai jenis program kursus, mulai dari program kursus yang fokus pada speaking dan conversational hingga persiapan untuk mengikuti test Bahasa Inggris. Pilihlah tempat kursus yang memang menyediakan program yang anda butuhkan, seperti ingin memiliki kecakapan berbicara atau untuk bekal ujian TOEFL/IELTS.

Perlu diingat, meski grammar merupakan salah satu komponen yang penting dalam penguasaan bahasa, hindari memilih kursus yang hanya fokus pada grammar pada tiap pembelajarannya karena penguasaan grammar tanpa mencoba untuk menerapkannya dalam percakapan atau conversation tak akan menghasilkan output belajar yang optimal.

2. Cari informasi terkait lembaga atau pihak penyedia kursus

Sebelum melakukan pendaftaran, lakukan riset kecil-kecilan terhadap pihak penyedia kursus online tersebut secara menyeluruh, seperti apakah penyedia ini memiliki kantor fisik atau apakah tampilan website yang dimiliki sudah profesional. Agar lebih yakin, anda bisa melihat track record pihak penyedia dari review ataupun testimony dari para peserta yang telah lulus (alumni). Jika perlu cari tempat yang memberikan garansi berupa refund dana jika di akhir pembelajaran skill berbahasa Inggris anda tidak meningkat atau jauh dari target belajar.

3. Hindari website penyedia kursus yang memiliki iklan

Mengingat keikutsertaan anda dalam program kursus tersebut akan mengeluarkan uang dan tak gratis, adanya iklan dari pihak ketiga akan membuat hal tersebut kurang profesional. Selain itu, penempatan iklan bisa cukup mengganggu kegiatan belajar online anda nantinya. Hal ini ditakutkan akan membuat fokus belajar berkurang dan membuat hasil akan kurang maksimal.

4. Cek ketersediaan silabus atau struktur pembelajarannya

Dengan adanya silabus atau struktur pembelajaran yang jelas, kegiatan kursus bahasa Inggris online tentu akan lebih efektif dan bisa memberi hasil yang optimal. Silabus ini memiliki fungsi agar anda mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari sehingga anda bisa tahu keruntutan materi yang disajikan dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda. Jadi, sebaiknya hindari memilih penyedia kursus yang memiliki struktur pembelajaran kurang teratur sehingga bisa menyebabkan penyampaian materi berantakan.

5. Pilih yang memberikan sertifikat kelulusan

Jika tujuan anda mengikuti kursus Bahasa Inggris online ini untuk menunjang kemampuan anda dalam memenuhi kualifikasi kerja, makan poin ini cukup penting. Sertifikat kursus yang akan anda dapatkan dari kegiatan kursus online ini pada umumnya berupa file yang bisa dicetak sendiri jika dibutuhkan. Walaupun sifatnya tak wajib dipenuhi, adanya sertifikat ini bisa jadi nilai tambah bagi anda untuk dilampirkan saat melamar kerja.

6. Sesuaikan biaya dengan kemampuan

Meski di luaran sana banyak kursus Bahasa Inggris online gratis yang tersedia, namun hal ini tentu tak bisa dibandingkan dengan kursus online berbayar. Kualitas kursus memang secara rasional berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Kursus secara online yang melibatkan native sebagai tutor biasanya akan memiliki tarif lebih tinggi. Sedang untuk harga yang relatif terjangkau, penyedia kursus online biasanya memiliki sebagian tutor yang masih mengenyam pendidikan. Pilihan terbaik ada di tangan anda, sesuaikan dengan kemampuan dana yang dimiliki.

7. Pertimbangkan kelas percobaan

Lembaga atau penyedia kursus Bahasa Inggris online yang memiliki kapabilitas dan kualitas baik pada umumnya akan meyakinkan calon peserta dengan menyediakan kelas percobaan atau trial class yang bisa diikuti. Anda bisa mencoba kesempatan yang diberikan ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi pengajar dan metode pembelajaran yang diterapkan. Jika merasa cocok dan nyaman, anda bisa melanjutkan kelas kursus secara penuh dengan ke versi premium atau berbayar.

8. Hindari memilih kursus online yang hanya menggunakan software

Software atau program aplikasi tak bisa mengajari anda berbicara bahasa Inggris. Anda perlu bantuan dan bimbingan manusia untuk mengoreksi apakah pengucapan (pronunciation) dan aksen yang diucapkan sudah tepat atau belum. Terlebih untuk meningkatkan kemampuan conversational anda perlu komunikasi dua arah dengan pengajar sebagai partner anda.

Meski kursus Bahasa Inggris online dengan software dan aplikasi ini terbilang memiliki harga lumayan murah dan bisa meningkatkan pemahaman dalam hal grammar, namun cara ini akan membuat waktu dan usaha sia-sia jika tujuan anda ingin fasih (fluent) dalam berbicara.

8 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online yang Tepat 8 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online yang Tepat Reviewed by ContohText on 10/09/2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.