Perbedaan Shore, Beach, dan Coast dalam Bahasa Inggris

Ketiga kata berikut “shore, beach, dan coast” merupakan kata yang saling berkaitan dan secara harfiah memiliki arti yang mirip yakni daratan tepi sepanjang genangan air yang luas, meski begitu, pada beberapa kasus kata-kata ini tidak ditukar-tukar.

Image by macrovector on Freepik


Kedua kata “shore” dan “coast” contohnya, boleh ditukar-tukar penggunaanya pada situasi tertentu, tapi tidak dengan kata “beach”. 

Untuk lebih memperjelas lagi mengenai perbedaan “shore, beach, dan coast,” berikut ContohText berikan penjelasan singkat dan jelas tentang pengertian, penggunaan serta perbedaan kata “shore, beach, coast”.


Pengertian “Shore, Beach, Coast”

Shore (n): daratan yang berada di sepanjang tepi lautan atau wilayah perairan lainnya seperti danau dan sungai dengan ukuran yang cukup lebar.

Beach (n): kata ini merujuk pada sebuah wilayah yang memiliki karakteristik terdiri dari pasir, kerikil, atau bebatuan kecil yang berada dekat dengan laut atau wilayah perairan lainnya semisal danau.

Coast (n): pada umumnya kata ini digunakan sebagai kata teknis saat sedang membicarakan tentang peta ataupun geografis, dimana daratan dan lautan bertemu atau daratan yang berada di dekat lautan.


Contoh Penggunaan “Shore, Beach, Coast”

Shore (n):

  • We could hear waves crashing against the shore. (Kita dapat mendengar ombak menerpa tepi pantai.)
  • She stood on the shore and let the water wash over her tired feet. (Dia berdiri di tepi pantai dan membiarkan kakinya yang lelah terbasuh oleh air.)
  • The children excitedly collected seashells along the sandy shore. (Anak-anak dengan gembira mengumpulkan kerang di sepanjang pantai berpasir.)
  • Under the watchful eye of their mother, the two boys played on the shore. (Di bawah penjagaan ibu mereka, kedua bocah itu bermain di tepi pantai.)
  • The waves gently lapped against the shore, creating a soothing symphony of nature's rhythms. (Deburan ombak yang lembut menerpa bibir pantai, menciptakan simfoni ritme alam yang menenangkan.)
  • As the sun dipped below the horizon, a peaceful calm settled over the deserted shore. (Bersamaan dengan matahari terbenam di bawah cakrawala, ketenangan yang damai menyelimuti pantai yang sepi.)


Beach (n)

Common error atau kesalahan yang kerap terjadi pada kata ini adalah kebanyakan orang menggunakan preposisi yang kurang tepat yaitu “in”, gunakan “on” karena secara grammatical preposisi ini benar.

  • The campsite is in a beautiful location next to the beach. (Tempat perkemahan berada di lokasi yang indah dekat pantai.)
  • I took my two-year old nephew down to the beach with his bucket and spade. (Aku mengajak keponakanku yang berumur dua tahun ke pantai dengan ember dan sekopnya.)
  • We took off our shoes and socks and walked barefoot along the beach. (Kami melepaskan sepatu dan kaus kaki dan berjalan telanjang kaki disepanjang pantai.)
  • The island has several small stony beaches which are usually deserted. (Pulau tersebut memiliki beberapa bebatuan pantai kecil yang biasanya lengang.)
  • The beach was a picturesque paradise, with powdery white sands stretching as far as the eye could see, and crystal-clear waters inviting swimmers to take a refreshing dip. (Pantai ini merupakan surga yang indah, dengan pasir putih halus yang membentang sejauh mata memandang, dan air sebening kristal mengundang para perenang untuk berenang yang menyegarkan.)


Coast (n):

  • The accident happened three miles off the coast. (Kecelakaan tersebut terjadi di tiga mil lepas pantai.)
  • The rugged coast was dotted with dramatic cliffs and hidden coves, providing a breathtaking backdrop for adventurous explorations. (Pesisir yang terjal tersebut dipenuhi tebing-tebing dramatis dan teluk-teluk kecil yang tersembunyi, memberikan latar belakang menakjubkan untuk penjelajahan penuh petualangan.)
  • Fishing boats bobbed gently in the harbor, a witness to the maritime culture that thrived along this busy coast. (Perahu-perahu nelayan bergerak perlahan di pelabuhan, sebuah bukti budaya maritim yang tumbuh subur di sepanjang pesisir pantai yang sibuk ini.)


Perbedaan “Shore, Beach, Coast”

Shore: istilah ini digunakan secara umum untuk merujuk tempat dimana daratan dan lautan (wilayah perairan) bertemu.

Beach: istilah ini digunakan untuk merujuk daratan berpasir ataupun berkerikil yang berada di dekat laut atau wilayah perairan lainnya.

Coast: istilah ini secara teknis biasanya digunakan dalam menunjukkan lokasi geografis atau peta untuk penyebutan tempat dimana daratan dan lautan bertemu, bisa berupa wilayah daratannya dan juga perairannya.


Nah, bagaimana sobat semuanya? Sudah jelas, bukan. Semoga penjelasan singkat mengenai perbedaan antara “shore, beach, dan coast” di atas bisa lebih meningkatkan pemahamanmu dalam proses belajar bahasa Inggris.