Contoh Recount Text tentang Lebaran dan Terjemahannya

Berbagai kalangan, baik Muslim maupun non-Muslim, sangat menantikan kehadiran Bulan Ramadhan. Selain karena keberkahan yang tersimpan di dalamnya, para pelajar juga sangat antusias menanti liburan sekolah yang tiba di bulan suci ini. Siapa sih yang tak suka liburan, apalagi saat dilaksanakan pada bulan Ramadhan?

contoh recount text tentang lebaran
Image by Freepik


Pada momen liburan seperti itu, pelajar akan mengalami banyak pengalaman yang tak terlupakan dan berkesan. Oleh karena itu, tak heran jika pengalaman liburan Lebaran sering dijadikan ide untuk menulis recount text tentang lebaran.

Untuk kamu yang sedang mencari referensi dalam menulis recount text tentang lebaran dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah 3 contoh recount text tentang lebaran beserta terjemahannya yang akan memudahkan kamu untuk memahaminya. Langsung aja, simak berikut ini ya!


Contoh Recount Text tentang Lebaran

Celebrating Lebaran

My Lebaran holiday experience started a few days before the actual holiday. My family and I started to clean the house thoroughly 2 days before Lebaran. We also went shopping for new clothes, which is a common tradition during Lebaran holiday.

Right at the Lebaran eve or usually called “malam takbiran”, we prepared some traditional dishes, such as ketupat, opor ayam, and rendang for the dish next day.

On the day of Lebaran, my family and I woke up early in the morning to perform the Eid prayer at the local mosque. The mosque was packed with people, and the atmosphere was vibrant and joyful. After the prayer, we greeted and apologized to each other.

The highlight of the Lebaran holiday was the big family gathering at my grandparents' house. All of my relatives came from different cities and provinces to celebrate together. We enjoyed the delicious food that we prepared at Lebaran eve.

I am grateful to have been able to celebrate the holiday with my loved ones, and I look forward to celebrating it again next year.


Terjemahan

Merayakan Lebaran

Pengalaman liburan Lebaran saya dimulai beberapa hari sebelum liburan yang sebenarnya. Saya dan keluarga mulai membersihkan rumah secara menyeluruh 2 hari sebelum lebaran. Kami juga pergi berbelanja baju baru, yang merupakan tradisi umum selama liburan Lebaran.

Tepat di malam lebaran atau biasa disebut “malam takbiran”, kami menyiapkan beberapa masakan tradisional, seperti ketupat, opor ayam, dan rendang untuk sajian keesokan harinya.

Pada hari Lebaran, saya dan keluarga bangun pagi-pagi untuk menunaikan sholat Idul Fitri di masjid setempat. Masjid itu penuh sesak dengan orang-orang, dan suasananya hidup dan menyenangkan. Setelah shalat, kami saling menyapa dan meminta maaf.

Puncak liburan lebaran adalah berkumpulnya keluarga besar di rumah kakek dan nenek saya. Semua kerabat saya datang dari berbagai kota dan provinsi untuk merayakan bersama. Kami menikmati makanan lezat yang kami siapkan di malam lebaran.

Saya bersyukur bisa merayakan liburan bersama orang-orang tersayang, dan saya berharap bisa merayakannya lagi tahun depan.


Contoh Recount Text tentang Lebaran dan Mudik

Lebaran Homecoming

Homecoming during Lebaran holiday, also known as mudik in Indonesia, is a common tradition where people travel back to their hometown to celebrate the holiday with their families. This year, my family and I decided to go on a mudik to my hometown in Central Java.

The journey to my hometown started a day before the actual holiday. I packed my bags, after that my family and I set off on a long journey by car. The roads were busy with other travelers.

Despite the long journey and the traffic, the atmosphere was festive and joyful. People were excited to go back to their hometowns and be reunited with their families. We stopped at several rest areas along the way, and each one was filled with people eating, chatting, and taking pictures.

Finally, after a long journey, we arrived in my hometown. The air was filled with the scent of traditional dishes being cooked, and the sound of takbir could be heard everywhere. My family and I were greeted warmly by our grandparents.

During the Lebaran holiday, we visited our relatives and friends, exchanged greetings, and shared some food. We went to the mosque to perform the Eid prayer. It was a great opportunity to catch up with family members that we hadn't seen for a long time.

This homecoming on Lebaran holiday was a memorable experience for me. It was a time to celebrate Lebaran with my loved ones. Although the journey was long and tiring, it was all worth it to be able to spend the holiday with my family in our hometown.


Terjemahan

Mudik Lebaran

Mudik saat libur lebaran atau yang juga dikenal sebagai mudik di Indonesia adalah tradisi umum di mana orang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan liburan bersama keluarga. Tahun ini, saya dan keluarga memutuskan untuk mudik ke kampung halaman saya di Jawa Tengah.

Perjalanan ke kampung halaman saya berangkat pada sehari sebelum liburan yang sebenarnya. Saya mengemasi barang-barang ke tas, setelah itu keluarga saya serta saya berangkat untuk perjalanan jauh dengan mobil. Jalanannya sibuk dengan para pengendara lain.

Meski perjalanan panjang dan macet, suasana tetap meriah dan menyenangkan. Orang-orang bersemangat untuk kembali ke kampung halaman mereka dan dipersatukan kembali dengan keluarga mereka. Kami berhenti di beberapa rest area di sepanjang jalan, dan masing-masing dipenuhi orang makan, ngobrol, dan berfoto.

Akhirnya setelah perjalanan panjang, kami tiba di kampung halamanku. Udara dipenuhi aroma masakan tradisional yang sedang dimasak, dan suara takbir terdengar di mana-mana. Saya dan keluarga saya disambut dengan hangat oleh kakek nenek kami.

Selama liburan Lebaran, kami mengunjungi kerabat dan teman, saling bersilaturahmi, dan berbagi makanan. Kami pergi ke masjid untuk menunaikan sholat Idul Fitri. Ini adalah kesempatan bagus untuk bertemu dengan anggota keluarga yang sudah lama tidak kami temui.

Mudik di hari raya Lebaran ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Ini adalah waktu untuk merayakan lebaran dengan orang-orang yang saya sayangi. Meski perjalanannya panjang dan melelahkan, tapi semua terbayarkan dengan menghabiskan liburan bersama keluarga di kampung halaman.


Contoh Recount Text tentang Lebaran dan Mengunjungi Kakek Nenek

Visiting Grandparents during Lebaran Holiday

This year, I spent the Lebaran holiday visiting my grandparents, and it was a memorable experience. My grandparents live in a small village in East Java, Indonesia, where life is simple and peaceful. As soon as I arrived, I was greeted warmly by my grandparents, who were happy to see me.

During the Lebaran holiday, we spent most of our time at my grandparents' house. We helped with the preparation of traditional dishes, such as ketupat, opor ayam, and rendang. We also spent time chatting, playing games, and sharing stories with each other.

On the morning of Lebaran, we woke up early to perform the Eid prayer at the local mosque. The mosque was packed with people, and the atmosphere was vibrant and joyful. After the prayer, we greeted each other.

Next, we visited our relatives and friends in the village area to exchange greetings. We went from house to house, and each visit was filled with warmth and hospitality. It was heartwarming to see how everyone was happy and excited to celebrate the holiday.

In the afternoon, we went back to my grandparents' house, where the whole family gathered to celebrate together. We enjoyed the delicious food, and we had a lot of fun playing with local kids there.

The Lebaran holiday spent visiting my grandparents was a truly memorable experience. I am grateful to have been able to spend the holiday with my grandparents and my family, and I look forward to visiting them next Lebaran.


Terjemahan

Mengunjungi Kakek Nenek saat Libur Lebaran

Tahun ini, saya menghabiskan liburan Lebaran mengunjungi kakek-nenek saya, dan itu adalah pengalaman yang tak terlupakan. Kakek nenek saya tinggal di sebuah desa kecil di Jawa Timur, Indonesia, di mana kehidupannya sederhana dan damai. Begitu saya tiba, saya disambut dengan hangat oleh kakek nenek saya, yang senang melihat saya.

Selama liburan Lebaran, kami menghabiskan sebagian besar waktu kami di rumah kakek nenek saya. Kami membantu menyiapkan masakan tradisional, seperti ketupat, opor ayam, dan rendang. Kami juga menghabiskan waktu untuk mengobrol, bermain game, dan berbagi cerita satu sama lain.

Pagi harinya pas Lebaran, kami bangun pagi untuk menunaikan sholat Idul Fitri di masjid setempat. Masjid itu penuh sesak dengan orang-orang, dan suasananya hidup dan menyenangkan. Setelah shalat, kami saling bersalaman.

Selanjutnya kami mengunjungi sanak saudara dan teman-teman di wilayah desa untuk saling bersalam-salaman. Kami pergi dari rumah ke rumah, dan setiap kunjungan dipenuhi dengan kehangatan dan keramahtamahan. Sungguh menghangatkan hati melihat bagaimana semua orang bahagia dan bersemangat merayakan liburan.

Sore harinya, kami kembali ke rumah kakek nenek saya, tempat seluruh keluarga berkumpul untuk merayakan bersama. Kami menikmati makanan yang lezat, dan kami bersenang-senang bermain dengan anak-anak setempat di sana.

Liburan Lebaran yang saya habiskan untuk mengunjungi kakek-nenek saya adalah pengalaman yang benar-benar mengesankan. Saya bersyukur bisa menghabiskan liburan bersama kakek-nenek dan keluarga saya, dan saya berharap untuk mengunjungi mereka pada Lebaran mendatang.


Itulah tadi 3 contoh recount text tentang lebaran dalam bahasa Inggris yang bisa menjadi referensi dalam menulis tugas atau membuat recount text. Semoga dengan adanya terjemahan tersebut bisa membuat kamu lebih mudah memahami dalam belajar bahasa Inggris mengenai recount text tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel