Yuzu Emulator: Cara Main Game Nintendo Switch di PC dan Laptop

Disclaimer dulu ya, saya tidak membenarkan pembajakan. Tutorial cara main game Nintendo Switch di PC dan laptop yang saya buat di sini bertujuan untuk kamu yang punya Nintendo Switch dan gamenya atau kamu yang ingin coba impresi gameplaynya sebelum memutuskan beli sendiri. Jadi ya, saya sangat menganjurkan untuk tetap membeli game originalnya guna support developer game.


Kelebihan Yuzu Dibandingkan Konsol Nintendo Switch

Alasan kenapa menggunakan Yuzu selain karena ingin mencoba game Nintendo Switch yaitu karena Yuzu bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih baik di beberapa aspek dibandingkan konsol Nintendo Switch-nya sendiri.

Kalau kamu memiliki PC yang lumayan powerful, kemungkinan besar kamu bisa:

  • memainkan game Nintendo Switch di 60 FPS
  • resolusi yang lebih tinggi sehingga tampilan graphic-nya lebih memuaskan
  • mudah dalam memodifikasi data game
  • bisa menggunakan berbagai jenis controller yang kamu punya

Nah, jadi lumayan jelas dong, meski kamu sudah memiliki Nintendo Switch, kamu tetap dapat pengalaman bermain game yang lebih dengan memainkan gamenya di PC atau laptop yang powerful.

Meski begitu, Yuzu juga memiliki beberapa kelemahan seperti graphic bugs pada beberapa game Switch yang baru rilis, membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan powerful agar bisa berjalan lancar, dan fitur online multiplayer belum bisa digunakan.


Spesifikasi PC atau Laptop yang Diperlukan untuk Menjalankan Yuzu

Cara main game Nintendo Switch di PC atau laptop bisa dibilang susah-susah gampang. Selain memiliki cara instalasi yang cukup ribet bagi orang awam, perangkat PC atau laptop yang dibutuhkan juga lumayan powerful untuk menyuguhkan pengalaman bermain yang bagus.

Berdasarkan laman resmi dari Yuzu, emulator ini membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang lumayan mumpuni, lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

Spesifikasi Minimum:

  • CPU: Intel Core i5-4430 / AMD Ryzen 3 1200
  • Graphics: dedicated graphic NVIDIA GeForce GT 1030 2GB / AMD Radeon RX 550 2GB, sedangkan untuk integrated graphic Intel HD Graphics 520 / AMD Radeon Vega 3
  • RAM: 8GB untuk pengguna dedicated graphic dan 12GB untuk pengguna integrated graphic
  • OS: Windows 10 64bit

Spesifikasi yang Direkomendasikan:

  • CPU: Intel Core i5-10400 / AMD Ryzen 5 3600
  • Graphics: dedicated graphic NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB / AMD Radeon RX Vega 56 8GB, sedangkan untuk integrated graphic Intel UHD Graphics 750 / AMD Radeon Vega 7
  • RAM: 16GB
  • OS: Windows 10 64bit


Cara Instal Yuzu di PC atau Laptop

Ok, sekarang kita masuk ke bagian cara main game Nintendo Switch di PC dan laptop menggunakan Yuzu emulator. Untuk bisa main game Nintendo Switch di PC dan Laptop, tentunya kamu harus instal Yuzu emulator ini terlebih dulu. Untuk cara lengkapnya sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu download Yuzu emulatornya terlebih dulu di sini atau bisa kunjungi https://yuzu-emu.org/downloads/
  2. Lalu klik “Download for Windows x64” dan tunggu hingga download file sampai selesai.

  3. Kalau sudah selesai, instal filenya dan akan muncul pop up seperti gambar di bawah. Saya sarankan pilih yang versi biasa saja dengan centang seperti gambar ini dan klik “instal”.

  4. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  5. Kalau sudah selesai, bisa klik “exit”.
  6. Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, kamu akan membutuhkan file keys Nintendo Switch yang bisa kamu dapatkan di sini dan file firmware Nintendo switch yang bisa kamu dapatkan di sini. Untuk firmwarenya, kamu bisa pilih yang versi terbaru (atau pada saat artikel ini dibuat versi global Firmware 14.1.2).
  7. Setelah keys dan firmware selesai kamu download, sekarang kamu bisa buka aplikasi Yuzu yang sudah terinstal tadi. Pas pertama kali dibuka, akan muncul notifikasi seperti di bawah ini yang menandakan kamu harus setting key dan firmware-nya. Kamu klik “ok”.

  8. Terus akan muncul lagi notifikasi kalau Yuzu mau mengumpulkan data kalian buat pengembangan aplikasinya. Untuk yang ini, terserah saja, kamu bisa klik “yes” ataupun “no”.

  9. Terus kamu ke pojok kanan atas klik menu “file” dan klik “open yuzu folder”.

  10. Terus akan muncul beberapa folder yuzu seperti di bawah. Ekstrak file keys yang sudah kamu dapatkan tadi dan masukkan ke dalam folder keys. Kalau belum ada folder keys, kamu bisa tambahkan sendiri foldernya.

  11. Setelah itu, ekstrak file firmware tadi dan copy semua filenya ke folder nand > system > Contents > registered

  12. Nah, sampai di sini, aplikasi Yuzu sudah bisa digunakan untuk memainkan game Nintendo Switch di PC atau laptop, tinggal kamu klik tanda folder ini dan cari folder game Nintendo Switch kamu. Game Nintendo Switch berekstensi .nsp, jadi kamu tinggal cari aja folder di mana kamu menyimpan game Nintendo Switch di PC atau laptopmu. 

  13. Di sini saya tidak akan menunjukkan cara dapat game secara detail, kamu bisa beli game Nintendo Switch ini di marketplace seperti Shopee, Nintendo game store, ataupun bisa dicari di website seperti di bawah ini. 

  14. Setelah gamenya terdeteksi oleh Yuzu, maka akan muncul di aplikasinya seperti ini. 

  15. Untuk menjalankan gamenya, kamu bisa klik kanan pada game dan klik “start game”, atau bisa klik dua kali pada gamenya. 

  16. Nah, seperti ini gamenya sudah bisa berjalan. Ini saya coba memainkan CTR Nitro Fueled. Kurang lebih seperti itulah tutorial cara main game Nintendo Switch di PC dan laptop.


Kesan Main Game Nintendo Switch di PC atau Laptop Menggunakan Yuzu Emulator

Cara main game Nintendo Switch di PC atau laptop dengan Yuzu sejauh ini lumayan menyenangkan, cukup stabil, dan banyak game juga yang bisa dimainkan.  Untuk memainkan Yuzu, saya menggunakan PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • CPU: AMD Ryzen 3400G
  • Graphic: NVIDIA GeForce GTX 1660 Super
  • RAM: 16GB
  • OS: Windows 10

Dengan spesifikasi tersebut, hampir semua game yang saya jalankan bisa berjalan normal 30 FPS ataupun 60 FPS. Untuk beberapa game yang lumayan berat seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild, spesifikasi PC yang saya gunakan terkadang mengalami frame drops di beberapa scene di mana banyak NPC atau musuh yang muncul. 

Selain dari itu, saya tidak menjumpai atau jarang sekali menemui frame drops di game-game lainnya. Kalau kamu mau melihat performa Yuzu di berbagai game, kamu bisa lihat di beberapa video yang sudah saya post berikut ini. Dan kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Demon Slayer - The Hinokami Chronicles



Crash Team Racing Nitro Fueled

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel