10 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Ampuh Datangkan Cuan

Jika berbicara mengenai modal usaha, banyak orang yang masih memiliki mindset kalau memulai usaha haruslah memiliki modal yang lumayan besar. Hal ini nampaknya kurang relate dengan keadaan saat ini, sebab jika kamu cukup jeli melihat peluang dan cukup kreatif dalam mengolah sesuatu, tak menutup kemungkinan kamu sudah bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu saja.

Seperti yang bisa kita lihat sekarang, kebutuhan masyarakat kian beragam setiap harinya. Secara otomatis pula hal ini mendorong berbagai ide bisnis usaha rumahan modal 50 ribu untuk bisa ikut memenuhi kebutuhan pasar meskipun masih dalam skala kecil.

Ide Bisnis Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Menguntungkan

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja ide bisnis usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa dicoba tanpa memerlukan keahlian ataupun kemampuan khusus dalam memulainya, berikut simak selengkapnya.

1. Jualan Jajanan atau Gorengan

Spring roll photo created by dashu83 - www.freepik.com

Buat kamu yang suka masak, usaha rumahan modal 50 ribu satu ini cocok banget. Dengan modal yang relatif kecil, usaha ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga ataupun pelajar sekalipun yang ingin belajar berbisnis.

Kalau kamu belum terlalu mahir dalam membuat makanan, kamu bisa coba cari resepnya di YouTube. Beberapa jajanan atau gorengan yang bisa dijual seperti donut, sate usus, martabak mini, pie susu, dimsum, nugget ayam, pisang goreng, keripik pisang, klepon, dan berbagai jenis jajanan atau gorengan lain yang dirasa sesuai dengan pasar di tempat kamu.

Kalau usahamu sudah mulai berjalan, kamu juga bisa mencoba berbagai variasi produk, semisal membuat lauk yang siap olah. Sebagai contoh lele yang sudah dibumbu kuning dan siap buat digoreng.

Untuk pemasarannya kamu bisa coba buka stand di depan rumah atau bisa ditambah dengan dipasarkan secara online di sosial media. Kamu juga bisa melakukan pre-order untuk produk jajanan atau gorengan yang kamu buat dengan menjangkau lebih luas lewat sosial media.

2. Jasa Titip

Shopping girl photo created by diana.grytsku - www.freepik.com

Jasa titip atau yang biasa disebut jastip belakangan ini kian diminati oleh banyak orang, terutama kalau kamu tinggal di daerah yang notabene orang-orangnya banyak yang sibuk atau malas belanja keluar rumah.

Kamu bisa menawarkan jasa titip ini ke orang-orang di lingkungan sekitar rumah ataupun bisa mempromosikannya melalui jaringan sosial media yang kamu miliki. Kamu bisa mematok berapa biaya atas jasa yang kamu lakukan.

Untuk skala yang lebih luas, kamu bisa terlebih dulu meminta pembayaran secara penuh terlebih dulu untuk meminimalisir resiko.

3. Dropshipper

Online seller photo created by pressfoto - www.freepik.com

Dropshipper bisa dibilang salah satu usaha yang minim modal. Di sini yang harus kamu lakukan hanya menjual kembali barang dari supplier ke konsumen tanpa perlu harus menyetok barangnya terlebih dulu.

Biasanya dropsihpper hanya memperlihatkan gambar produk pada calon pembeli. Jika pembeli tertarik maka dropshipper akan meneruskan order tersebut ke supplier. Keuntungan yang kamu dapatkan di sini berasal dari selisih harga jual produk dari supplier dan harga jual yang kamu tawarkan ke konsumen.

4. Jasa Pengetikan

Woman computer photo created by drobotdean - www.freepik.com

Buat kamu yang bertempat tinggal di dekat lingkup pendidikan seperti sekolah atau kampus, usaha rumahan modal 50 ribu satu ini layak banget dicoba. Hanya dengan bermodal laptop atau komputer, kamu bisa menawarkan jasa pengetikan.

Usaha semacam ini bisa dipromosikan dari mulut ke mulut atau juga bisa memanfaatkan jejaring sosial media yang kamu miliki. Biasanya para pelajar atau mahasiswa menggunakan jasa ketik untuk mengetik tugas sekolah atau makalah yang umumnya cukup panjang.

Jasa ketik ini tak membutuhkan skill merangkai kata seperti jasa penulisan artikel. Jadi, cukup dengan kemampuan mengetik kamu sudah bisa memulai usaha satu ini.

5. Usaha Laundry dan Setrika

Iron clothes photo created by user18526052 - www.freepik.com

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya yaitu laundry baju dan setrika. Bagi yang belum punya mesin cuci di rumah, kamu bisa mengerjakannya menggunakan tangan. Usaha pencucian baju ini akan lebih menguntungkan kalau sepaket dengan jasa setrika juga.

Kamu bisa menawarkan jasamu kepada tetangga dan lingkungan sekitar. Terlebih lagi untuk kamu yang tinggal di dekat kampus ataupun kawasan industri, usaha ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang sibuk dan kurang memiliki waktu untuk mencuci baju sendiri.

6. Pencucian Sepatu

Autumn woman photo created by bearfotos - www.freepik.com

Kalau dirasa usaha pencucian baju sudah banyak di dareahmu, kamu bisa mencoba variasi lain seperti usaha pencucian sepatu. Usaha semacam ini jelas bisa dilakukan siapa saja dengan modal awal yang lumayan minin.

Agar lebih terlihat profesional dan bagus hasilnya, kamu bisa mempelajari teknik mencuci sepatu berdasarkan jenis bahannya. Pelangganmu bisa datang dari tetangga, pelajar sekolah, dan juga orang kantoran.

7. Usaha Pangkas Rambut

Hair cut photo created by pressfoto - www.freepik.com

Ide usaha rumahan modal 50 ribu yang selanjutnya ini cocok banget buat kamu yang memiliki skill cukur rambut. Untuk modal awal yang minim, kamu tak harus memiliki mesin pemotong rambut, cukup perlengkapan gunting manual dan sisir saja.

Untuk menguasai berbagai macam teknik dan model, sekarang sudah banyak video tutorial yang tersedia di YouTube. Kamu bisa coba memulainya dengan membuat stand kecil di halaman rumah. Kalau hasil pangkas rambutmu bagus, pelanggan pasti akan puas dan balik lagi.

8. Jasa Penulisan Artikel

usaha rumahan modal 50 ribu jasa penulisan artikel
Woman work photo created by tirachardz - www.freepik.com

Usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini sebenarnya lumayan mirip jasa pengetikan. Hanya saja, di sini dibutuhkan keahlian untuk bisa merangkai kata dan membuat artikel yang layak. Untuk tema atau topiknya sendiri, biasanya akan ditentukan oleh permintaan dari klien.

Saya sendiri juga pernah mencoba mengerjakan jasa ini sembari belajar membuat artikel yang baik dan benar untuk kebutuhan blog dan website. Dan sekarang saya sudah coba untuk mengembangkan beberapa blog sendiri.

Untuk mencoba jasa penulisan artikel ini paling tidak kamu harus paham tentang SEO (Search Engine Optimization). Dan lowongan penulis artikel lepas atau freelance sendiri sudah banyak tersedia di internet. Atau kamu bisa menawarkan jasa penulisan artikel milikmu ke berbagai group blog dan website di Facebook dan jejaring media sosial lainnya.

9. Jasa Kursus untuk Anak Sekolah

Classroom photo created by freepik - www.freepik.com

Sudah jadi hal yang lumrah kalau saat ini banyak sekali kebutuhan akan jasa bimbingan belajar, biasanya paling banyak pelajar SD sampai SMA. Kalau kamu merasa memiliki kemampuan di bidang akademis yang bagus, kamu bisa coba membuka jasa kursus untuk anak sekolah.

Kamu bisa coba menawarkan jasa kursusmu ini di jejaring sosial ataupun ke para pelajar di lingkungan sekitarmu. Biasanya jasa kurus ini semacam ini membantu para pelajar untuk mengerjakan PR atau tugas dan juga menjelaskan kembali subjek yang belum mereka pahami saat dijelaskan di sekolah.

10. Usaha Kerajinan Tangan

Handicraft photo created by pressfoto - www.freepik.com

Usaha rumahan modal 50 ribu yang terakhir yakni jualan produk hasil kerajinan tangan yang kita buat. Usaha semacam ini biasanya bergantung sepenuhnya dari kreatifitas kita untuk mengolah bahan-bahan yang ada.

Kamu bisa coba membuat berbagai produk kerajinan untuk bingkisan, aksesoris, ataupun souvenir cantik untuk berbagai moment spesial. Kalau kekurangan ide, kamu bisa coba cari referensi kerajinan tangan di berbagai tutorial YouTube. Beberapa produk hasil usaha rumahan modal 50 ribu dari kerajinan tangan bisa berupa dompet, celengan, hiasan dinding, hiasan meja, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel