5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar yang Bisa Hasilkan Cuan

Kalian pelajar yang ingin berpenghasilan sendiri? Ayo keluar dari zona nyamanmu! Karena keberanian dan kreativitas, dapat mengantarkan kalian menuju kesuksesan, lho. Salah satu cara yang cocok dan paling mudah bagi pelajar atau mahasiswa untuk menghasilkan uang sendiri adalah dengan cara berbisnis. Di zaman modern ini, ide bisnis modal kecil untuk pelajar sangat banyak dan mudah dilakukan.

Banyaknya peluang tersebut harus kalian manfaatkan sebaik mungkin untuk menambah uang saku sekaligus sebagai pengalaman kalian untuk kedepannya. Dengan begitu, dapat meningkatkan minat kewirausahaan dari dalam diri kalian yang dapat mengantar menuju kesuksesan.

Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar Menghasilkan Keuntungan

Berikut 5 ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang bisa mulai dicoba untuk bisa mendatangkan cuan.

1. Bisnis Makanan Ringan

ide bisnis modal kecil untuk pelajar bisnis makanan ringan
PDPics dari PDPics

Makanan ringan banyak diminati mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tidak heran apabila pelaku bisnis makanan ringan ini banyak dibanjiri pelanggan. Agar memperoleh keuntungan yang besar, kalian tidak perlu bahan yang mahal. Contoh ide bisnis makanan ringan dengan modal kecil untuk pelajar serta mudah dalam pengolahannya yaitu keripik. Bahan dasar pembuatan keripik seperti singkong, ubi, kentang, serta yang berbahan dasar sayur seperti bayam dan pare. 

Kalian bisa membuat keripik dengan bahan dasar tersebut yang memiliki aneka macam rasa, sehingga konsumen dapat mencoba sesuai seleranya. Untuk penjualan, bisa mempromosikan melalui smartphone yang kalian miliki, bisa juga dititipkan di warung terdekat maupun dititipkan di kantin sekolah.

2. Open Jastip atau Jasa Titip

ide bisnis modal kecil untuk pelajar jasa titip
Istockphoto

Bisnis jasa titip atau yang biasa disebut Jastip merupakan bisnis yang cocok dan mudah dilakukan karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Ide bisnis ini memiliki modal kecil untuk pelajar namun bisa memperoleh penghasilan yang besar. Dengan bantuan smartphone, dapat memudahkan kalian untuk mendapatkan customer. 

Pada umumnya, barang yang sering dititip belikan oleh customer adalah makanan, minuman, kosmetik, serta pakaian. Kalian hanya perlu mempromosikan diri kalian bahwa kalian dapat dipercaya untuk dititi belikan barang oleh customer.

3. Jasa Tulis/Ketik

ide bisnis modal kecil untuk pelajar jasa tulis
Istockphoto

Jasa tulis/ketik banyak dicari oleh pelajar maupun mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk mengerjakan tugas mereka. Ide bisnis modal kecil untuk pelajar ini, mudah dan cocok dilakukan untuk memperoleh penghasilan. Dengan memanfaatkan kertas, smartphone, laptop atau computer sudah bisa menambah uang saku kalian. Kalian hanya perlu menawarkan diri di media sosial maupun platform khusus jasa freelance.

4. Menjadi Dropshipper

ide bisnis modal kecil untuk pelajar dropshipper
Istockphoto

Dropship adalah sistem penjualan yang mana penjual atau dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Dropshipper dapat menjual barang dengan harga sesuai dengan keinginannya. Ketika ada pembeli, dropshipper harus memesan barang tersebut terlebih dahulu dari penyedia barang jualan, kemudian nantinya akan dikirim oleh supplier ke pembeli.

Dengan menggunakan sistem ini, pelajar hanya mengeluarkan modal kecil bahkan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, namun bisa memperoleh keuntungan yang besar. Kalian hanya perlu smartphone untuk mempromosikan produk agar dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. 

5. Jual Pulsa dan Paket Data

ide bisnis modal kecil untuk pelajar jual pulsa dan paket data
Istockphoto

Pulsa dan paket data sudah menjadi kebutuhan pokok pada semua kalangan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, jualan pulsa dan paket data dapat menjadi ide bisnis modal kecil untuk pelajar. Dengan modal kurang dari Rp50 ribu, kalian sudah bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar. Dalam sekali penjualan, kalian bisa memperoleh keuntungan mulai dari Rp 500 hingga Rp 3.000.


Itulah 5 ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang sangat mudah dilakukan dan bisa memperoleh penghasilan yang besar apabila dikelola dengan baik. Kalian bisa mencoba beberapa rekomendasi bisnis tersebut yang sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada di daerah sekitar kalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel