20 Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Jawa Halus Islami

Menyampaikan kata ucapan belasungkawa dapat menjadi wujud kepedulian serta ungkapan dukacita kepada mereka yang ditinggalkan selamanya oleh orang terkasih. Selain menjadi bentuk kepedulian, kata tersebut bisa menjadi penghiburan serta menenangkan mereka yang sedang merasakan duka mendalam.  Bagi orang jawa, kita bisa menyampaikan ucapan belasungkawa dalam bahasa jawa halus untuk orang yang lebih tua dari kita.

ucapan belasungkawa dalam bahasa jawa halus


Dengan menggunakan ucapan belasungkawa dalam bahasa jawa halus ini kita menunjukkan rasa turut berduka kita dalam bahasa yang lebih sopan dan halus sebagai rasa lebih menghargai kita terhadap keluarga yang ditinggalkan juga pada mendiang. Berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam bahasa jawa halus yang bisa digunakan untuk menyampaikan rasa turut berkabung.

1. Nderek belangsukawa nggih, mugi panjenengan lan keluarga diparingi sabar lan ikhlas dening Allah swt. Mugi almarhum/ almarhumah pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Allah. 

(Turut berdukacita yaa, semoga kamu dan keluarga diberi kesabaran dan keikhlasan oleh Allah. Semoga almarhum/ almarhumah mendapatkan tempat yang baik di sisi-Nya)

2. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi arwanipun almarhum/almarhumah ditampi dening Allah swt, aamiin.

(Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Semoga arwahnya diterima oleh Allah swt,aamiin…)

3. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi kekhilafanipun almarhum/almarhumah dingapunten dening Allah swt lan dipanggenanken ingkang sae. 

(Inna lillahi wainna illaihi roji’un. Semoga semua kekhilafan almarhum/almarhumah dimaafkan Allah swt dan diberikan tempat yang baik)

4. Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Nderek belasungkawa. Mugi-mugi Gusti paring kekiatan dhateng keluarga lan mugi-mugi alma hum/almarhumah dipun tampi sedaya amal lan ibadahipun. 

(Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk keluarga dan semoga alma hum/ almarhumah diterima semua amal dan ibadahnya.)

5. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa nggih. Mugi almarhum/almarhumah dingampunten dosanipun lan keluarga sing ditinggal diparingi ketabahan.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Semoga alamrhum/almarhumah diampuni dosanya dan untuk keluarga yang ditinngal diberikan ketabahan.)

6. Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Mugi almarhum/almarhumah diparinginipun panggen ingkang sae lan sedoyo kekilafanipun dingampunten dening Allah swt, aamiin.

(Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Semoga almarhum/almarhumah ditempatkan ditempat yang baik dan diampuni segala kesalahannya, aamiin)

7. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi almarhum/almarhumah khusnul khotimah lan ibadahenipun ditampi Gusti Kang Maha Kuasa. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah khusnul khatimah dan ibadahnya diterima Allah Yang Maha Kuasa)

8. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi-mugi almarhum/almarhumah diparingi panggen ingkang sae…aamiin.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Semoga alma hum/almarhumah diberikan tempat yang baik….aamiin)

9. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa nggih. Mugi amal ibadahenipun almarhum/almarhumah ditampi Allah swt lan panjenengan keluarga diparaingi ketabahan...aamiin.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita ya. Semoga amal ibadahnya alma hum/almarhumah diterima Allah swt dan keluarga kamu diberikan ketabahan….aamiin)

10. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belasungkawa nggih. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita ya)

11. Inna lillahi wainna ilaihi raji'un, tumut belasungkawa. Mugi diparingi panngen ingkang sae lan khusnul khotimah,aamiin. 

(Inna lillahi wainna ilaihi raji'un, ikut berduka cita. Semoga diberikan tempat yang baik dan khusnul khotimah,aamiin)

12. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi almarhum/almarhumah khusnul khotimah, aamiin. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah khusnul khotimah, aamiin…)

13. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Tumut belasungkawa.mugi ditampi amal ibadahenipun. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita.semoga diterima amal ibadahnya.)

14. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa,mugi panjenengan kaparing sihing Gusti Ingkang Maha Kuasa ing kalanggengan. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita, semoga kamu diberikan cinta Allah Yang Maha Kuasa.)

15. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa mugi pinaringan khusnul khotimah lan keluarganipun diparingi kesabaran lan keikhlasan…..aamiin. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita semoga khusnul khotimah dan keluarga diberikan kesabaran dan keikhlasan….aamiin)

16. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Tumut berbelangssukawa nggih. Mugi sedoyo kesaenipun ditampi Allah swt lan khusnul khotimah. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita yaa. Semoga semua kebaikkannya diterima Allah swt dan khusnul khotimah.)

17. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa. Mugi ketampi amal kesaenanipun dening Gusti Ingkah Maha Suci. 

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Semoga diterima amal kebaikannya oleh Allah Yang Maha Suci)

18. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Mugi almarhum/almarhumah khusnul khotimah nggih.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah khusnul khotimah yaa.)

19. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa. Mugi khusnul khotimah di ngapunten sedoyo lepatipun lan ditampi sedoyo amal sae nipun kanjeng romo…aamiin.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Semoga diampuni semua dosanya dan diterima amal baiknya oleh Allah swt….aamiin)

20. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Nderek belangsukawa,semoga dingapunten sedoyo kelepatanipun…aamiin.

(Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita, semoga diampuni semua dosanya….aamiin)


Baik, itu tadi beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam bahasa jawa halus yang bisa digunakan untuk mengutarakan rasa turut berkabung atas telah tiadanya seseorang dengan tata bahasa yang lebih sopan dan halus. Dan semoga saja, keluarga yang ditinggalkan juga bisa diberikan ketabahan dalam menjalani cobaan tersebut. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel