Kipas Processor Terbaik Price to Performance, ID Cooling SE-224 XT Black

Sebenarnya gak pernah terbersit buat mengganti kipas processor bawaan Wraith Stealth untuk sekedar mendinginkan prosesor Ryzen 5 3400G yang saya gunakan saat ini. Karena suhu idle 35 derajat celcius dan load paling panas di 80 derajat celcius itu sudah cukup.

Kipas Processor ID Cooling SE-224 XT Black

Tapi ternyata keadaan berkata lain, dan terpaksa memang mengganti kipas processor bawaan adalah solusinya. Soalnya saya memasangkan processor ini dengan VGA GTX 1660 Super. Entah kenapa, ketika dipasangkan dengan VGA eksternal tersebut suhu prosesor saya meningkat agak lumayan yakni idle di suhu 40 derajat celcius. Kalau idle-nya saja sudah segitu, tak usah ditanya lagi berapa lonjakan suhu saat load.

Menurut saya (yang sok tahu ini), lonjakan suhu muncul karena prosesor bekerja lebih untuk mengimbangi VGA eksternal yang punya performa jauh lebih tinggi dibandingkan integrated GPU Vega 11 yang ada di prosesor.

Setelah cari referensi sana-sini dan nonton review YouTube satu per satu, akhirnya saya putuskan untuk meminang ID Cooling SE-224 XT Black untuk menggantikan kipas processor bawaan CPU.

Spesifikasi ID Cooling SE-224 XT Black

Alasan pertama saya beli kipas processor ini tentu karena kompabilitasnya dengan socket AM4 yang ada di motherboard saya. Untuk AMD, kipas pendingin cpu ini hanya support socket AM4 saja. Sementara untuk Intel, ID Cooling SE-224 XT Black support untuk chipset LGA2066, LGA2011, LGA1200, LGA1151, LGA1150, LGA1155, dan LGA1156. Jadi buat kalian pengguna Intel yang punya salah satu motherboard dengan chipset tersebut, kipas processor ini lumayan layak buat dijadikan pengganti kipas processor Intel bawaan kalau pengen lebih adem.

Kipas processor ID Cooling SE-224 XT Black ini mampu mendinginkan prosesor dengan TDP hingga 180W. Tentu dengan kemampuan segitu, tak sulit mendinginkan prosesor Ryzen 5 3400G yang hanya 65W.

Ukuran kipas processor dari ID Cooling ini 120×120×25mm dan beratnya 810g. Lumayan agak besar sih, tapi buat yang punya casing mungil kayaknya sih bakal bisa masuk. Soalnya sudah saya coba di casing Cube Gaming Varde dan bisa terpasang dengan baik, case bisa ditutup dan tidak menyenggol cover samping. Bagi yang punya dua slot RAM di motherboard-nya, kemungkinan aman asal heatsink RAM tidak terlalu tinggi dan besar.

Kipas Processor ID Cooling SE-224 XT Black

Untuk heatsink-nya, kipas processor dari ID Cooling ini menggunakan bahan aluminium fin dengan heat pipe yang langsung menyentuh bagian prosesor. Jumlah heat pipe-nya sendiri yakni sebanyak 4 buah dengan ukuran 6mm. Jumlah heat pipe ini tentu sudah cukup baik dalam mendinginkan processor mid-range saat ini.

ID Cooling SE-224 XT Black ini hanya memiliki satu fan/kipas bawaan berjenis hydraulic bearing dengan kecepatan hingga 1800 RPM. Tapi buat yang mau menambah jadi dual fan jangan khawatir, soalnya di dalam box kita bakal dapat dua pasang pengait kipas. Jadi kalau mau tambah kipas, tinggal pasang di sisi heatsink satunya. Nih, udah saya coba pasang pakai kipas casing 12mm rgb.

Kipas Processor ID Cooling SE-224 XT Black

Suara kipas yang dihasilkan ID Cooling SE-224 XT Black menurut saya lumayan sunyi. Kalau dibandingkan dengan kipas processor cpu bawaan, kipas ini masih terbilang senyap meski sedang load sekalipun. Dulu pas pakai kipas bawaan, terasa banget peningkatan noise kipasnya meski masih bisa ditolerir.

Harga Kipas CPU ID Cooling SE-224 XT Black

Dari segi harga, kipas ini menurut saya menawarkan price performance terbaik dibandingkan dengan kipas processor lain di rentang harga yang sama. Harga kipas CPU ID Cooling SE-224 XT Black ini berkisar sekitar Rp 430.000. Kebetulan pas saya beli kemarin waktu harbolnas dapat di harga Rp 322.500.

Kesimpulan tentang Kipas Processor ID Cooling SE-224 XT Black

Buat yang mau upgrade kipas processor dari stock cooler atau kipas bawaan, ID Cooling SE-224 XT Black lumayan layak buat dijadikan pilihan. Tapi kalau sebelumnya sudah menggunakan CPU cooler pihak ketiga dengan harga kisaran 200 ribuan, kayaknya ID Cooling SE-224 XT Black gak terlalu layak buat dibeli karena mungkin penurunan suhunya gak akan signifikan atau sedikit banget. Mending di simpan dulu budgetnya buat beli varian yang memiliki daya pendinginan lebih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel