Baterai AA Rechargeable Murah dan Praktis Tidak Perlu Baterai Charger

Kehabisan baterai di saat-saat sebuah perangkat sedang dibutuhkan memang salah satu hal yang lumayan menjengkelkan. Hal ini juga yang sering terjadi pada mouse bluetooth yang saya gunakan. Mau gak mau saya harus beli yang baru.

baterai aa rechargeable smartoools

Meski harga baterai AA relatif murah (sekitar 8 ribuan sepasang), tapi kalau dipikir-pikir udah berapa banyak bekas baterai yang saya hasilkan. Dari situ saya pikir, baterai rechargeable atau baterai isi ulang kayaknya lebih bagus. Tapi setelah lihat-lihat, harga charger baterainya lumayan mahal (buat ukuran saya) dan gak terlalu praktis kaya charger hp. Terus kenapa ya gak ada baterai AA rechargeable yang pakai micro-USB atau charger hp buat isi ulang dayanya?

Setelah lihat-lihat di berbagai toko online, ternyata ada baterai AA rechargeable yang bisa di-charge pake micro-USB alias charger hp. Harganya baterainya sendiri berkisar 40 ribuan untuk sepasang baterai AA. Tanpa lama-lama saya coba pesan dan selang beberapa hari baterai AA rechargeable yang saya tunggu-tunggu datang.

Spesifikasi Baterai AA Rechargeable dari Smartoools

Baterai AA rechargeable dari Smartoools ini memiliki kapasitas 1000mAh. Kalau melihat kapasitas yang ditawarkan, baterai ini memiliki kapasitas yang cenderung lebih rendah dibandingkan baterai non-rechargeable yang biasa saya gunakan, sekitar 2500mAh lebih.

Tapi kalau dilihat untuk jangka panjang, baterai rechargeable dari Smartoools ini bisa memberikan kapasitas yang berlipat-lipat karena bisa diisi ulang setelah habis. Jadi tak perlu beli lagi (selama baterai tidak rusak) dan limbah bekas baterai juga bisa dikurangi. Kalau dibungkusnya sih klaim-nya bisa sampai 500 kali charging (tapi benar tidaknya sih belum tahu).

Untuk waktu charging sendiri disebutkan butuh waktu 8,5 jam. Tapi ketika saya buka dan charge untuk pertama kali, baterai AA Smartoools ini bisa penuh dalam waktu sekitar 4 jam saja. Jadi, mungkin waktu 8,5 jam itu dibutuhkan kalau baterai memang benar-benar sudah habis.

Pengisian ulang daya pada baterai ini sendiri kalau menurut saya sangat praktis, cukup dengan menggunakan adaptor charger hp. Di dalam wadahnya kita diberi sepasang kabel data yang bisa digunakan buat charge 2 baterai sekaligus.

baterai aa rechargeable smartoools

LED indikator pada baterai ini juga sangat membantu. Kalau di-charge indikator berwarna merah, itu artinya proses charging berlangsung, dan setelah baterai penuh lampu LED akan berubah menjadi biru.

baterai aa rechargeable smartoools

Kesan-kesan Setelah Menggunakan Baterai AA Rechargeable Smartoools

Artikel review ini saya tulis sekitar 2 minggu setelah saya menggunakan baterai ini. Sebenarnya masih tergolong singkat dan belum terlalu lama, jadi mungkin nanti akan saya update lagi bagaimana daya tahan dan kualitas baterai ini.

Tapi sejauh penggunaan 2 minggu ini, baterai AA Smartoools ini berfungsi dengan baik sebagaimana semestinya baterai pada umumnya. Saya sendiri menggunakan baterai ini untuk mouse wireless yang sehari-hari saya gunakan untuk kerja seperti menulis artikel dan mengedit video. Mouse responsif dan berfungsi normal menggunakan baterai ini.

Kesimpulan

Buat kamu yang sedang mencari baterai AA rechargeable untuk perangkat seperti mouse, keyboard, remote control, mainan anak, joystick, ataupun jam dinding dan tidak memiliki charger baterai konvensional, baterai AA Smartoools ini bisa jadi alternatif.

Baterai ini bisa kamu charge menggunakan charger hp, powerbank, ataupun lewat colokkan USB di laptop dan komputer. Dengan begitu, kamu tak perlu beli charger baterai tambahan yang harganya juga lumayan mahal. Selain itu, pengisian dayanya juga praktis banget kayak nge-charge smartphone.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel