Apa Itu Balancing dan Spooring Pada Mobil?

Perawatan mobil menjadi hal yang sangat wajib untuk setiap pemilik kendaraan. Karena jika kendaraan dirawat dengan baik maka usia dari kendaraan akan bisa berumur panjang.

Balancing dan Spooring Pada Mobil

Begitu juga sebaliknya jika kendaraan tidak dirawat dengan baik maka mobil bisa mengalami kerusakan dengan cepat, atau mudah rusak. Salah satu hal yang wajib diperiksa secara rutin untuk mobil adalah bagian kaki-kaki mobil tersebut.

Kaki-kaki mobil sendiri adalah salah satu komponen penting untuk bisa menunjang kenyamanan dalam berkendara. Kaki-kaki inilah juga yang bertugas pertama kali saat mobil hendak berjalan melintasi aspal dan berbagai medan lainnya.

Untuk memeriksa rutin kaki-kaki biasanya bisa kita lakukan dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Hal ini karena kaki-kaki inilah yang nantinya akan menghantam buruknya jalanan pertama kali.

Bagi kalian yang sudah lama terjun dalam dunia otomotif, mungkin sudah tidak asing lagi dengan 2 istilah penting yang dapat menjaga performa mobil agar tetap dalam performa terbaiknya, tak lain adalah balancing dan spooring.

Kedua komponen tersebut juga dapat menjaga performa dari mobil lawas sekalipun, maka dari itu apa sih sebenarnya makna dari kedua komponen tersebut? Yang pada dasarnya dapat menjaga mobil tetap terjaga hanya dengan servis saja.

Apa Itu Balancing?

Balancing dan Spooring Pada Mobil

Masih dalam komponen ban mobil, sebab letak kenyamanan awal pada mobil dapat dinilai dari ban mobilnya saja, lalu apa itu balancing?

Ya, perlu anda ketahui bahwa balancing merupakan upaya usaha untuk menjaga keseimbangan pada titik atas bawah kanan maupun kiri kendaraan yaitu dengan cara menambahkan timah pada salah satu velg kendaraan yang kurang.

Oleh karenanya, proses pada servis balancing akan dapat menyeimbangkan ban mobil sehingga tidak dapat mudah oleng dari segi keseimbangan ke-4 roda nya.

Jika keseimbangan sudah dalam prioritas yang tidak aman maka harus mengganti velg maupun ban, yang nantinya putaran roda agar dapat seimbang lagi.

Keseimbangan sangat perlu saat kita mendesak mobil pada performa yang tinggi, jadi semakin tinggi mobil melaju pada dasarnya akan membutuhkan keseimbangan yang lebih terjaga lagi.

Penyebab utama mobil harus diberi penanganan spooring maupun balancing karena medan yang tidak rata dan tidak sesuai dengan tipe pada mobil, terlebih lagi balancing akan mudah goyah dengan medan jalan yang berlubang, hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia, maka dari itu tindakan dengan pengecekan balancing perlu diutamakan.

Apa Itu Spooring Pada Mobil?

Balancing dan Spooring Pada Mobil

Pastilah di suatu komponen apapun tidak terdapat zat yang abadi seperti hal nya manusia yang bisa sakit dll, tetapi jika dalam hal mesin pasti jika sudah sering dipakai dengan tidak adanya perawatan yang memadai akan mengalami anomali pada mobil.

Hal yang dapat dan sering terjadi pada mobil adalah dalam keadaan roda yang dapat berpindah tidak peduli roda depan maupun belakang, hal ini disebabkan kedudukan empat roda yang sudah tidak seimbang lagi, masalah tersebut dapat dirasakan hanya dengan merasakan performa mobilnya saja.

Maka dari itu dengan teknik servis spooring bertujuan untuk beberapa roda yang sudah bergeser tersebut dapat kembali pada posisi awal, sehingga kenyamanan pada mobil dapat kembali seperti semula, yang menjadi bagian krusial dan harus di spooring segera adalah pada bagian roda depan.

Hal tersebut disebabkan karena roda depan terhubung dengan setir, tentu akan membuat kemungkinan resiko kecelakaan karena masalah mekanis yang terjadi menjadi lebih tinggi.

Hal yang dapat kalian rasakan sebelum memberikan keputusan bahwa hal tersebut sudah dalam keadaan parah atau belum dapat dirasakan dari permukaan ban yang tidak merata, hal tersebut dapat dilihat dari benjolan yang ada.

Benjolan yang muncul akibat sistem suspensi yang mengalami masalah. Saat parkir dapat kalian amati mungkin posisi mobil tidak akan rata pada parkiran yang datar sekalipun, kalian harus sedikit teliti dalam masalah tersebut, dan yang terakhir tidak nyaman saat menyetir.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa itu balancing dan apa itu spooring yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda dalam menambah wawasan di dunia otomotif. Sudah selayaknya bagi anda yang memiliki mobil atau kendaraan roda dua bisa memahami kedua istilah ini dengan benar guna merawat kendaraan roda empat anda tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel