Kapan Pin AdSense Dikirim? Ini Pengalaman Saya

Sebagai publisher Google AdSense, tentu diterima menjadi partner merupakan kebahagiaan sendiri bagi kita dengan harapan nantinya bisa memperoleh pendapatan dari konten yang kita buat, baik itu blog, channel YouTube, ataupun aplikasi.

Kapan pin adsense dikirim

Akan tetapi, tahap ini nyatanya hanya permulaan dari sebuah perjuangan, banyak tahap yang harus kita lewati sebelum mendapatkan gaji AdSense pertama kali, salah satunya yaitu proses verifikasi PIN AdSense.

Lantas, Kapan PIN AdSense Dikirim ke Rumah?

Sebenarnya saya sendiri mendapati banyak kasus yang berbeda-beda berdasarkan pengalaman saya bergabung di beberapa group dan forum publisher AdSense. Akan tetapi, yang paling umum dan hampir setiap orang alami yaitu PIN AdSense akan dikirim setelah pendapatan yang masuk ke saldo AdSense sudah mencapai minimal $10 atau kalau berdasarkan kurs dolar saat ini sekitar Rp. 146.000. Bagi para pemilik konten yang berkualitas dengan traffic tinggi, tentu mendapatkan saldo $10 ini tak akan membutuhkan waktu lama.

Kalau saldo AdSense kamu sudah menapai $10, maka dalam beberapa akan muncul notifikasi untuk request PIN AdSense untuk memverifikasi alamat. Jadi, sebelum kamu mencapai $10, pastikan kamu sudah mengisi data diri dan alamat dengan benar agar surat PIN dari AdSense ini tidak nyasar alias salah alamat.

Bagi beberapa akun, seperti akun AdSense YouTube, permintaan verifikasi alamat alias PIN pertama akan langsung dikirim secara otomatis (pengalaman dari salah seorang teman YouTuber).

PIN ini akan dikirim dalam waktu 2 sampai 4 minggu. Jadi, kalau kamu belum menerima PIN pertama kamu dalam rentang waktu yang telah dijadwalkan, kamu bisa meminta pengiriman PIN AdSense yang kedua. Begitu seterusnya sampai PIN ketiga (request manual).

Salah satu tips buat kamu biar PIN AdSense cepat datang yaitu tambahkan nomor yang bisa dihubungi pada address line 2. Jadi, kalau PIN AdSense datang ke pos cabang, kamu akan langsung dihubungi dan tukang pos juga bisa tanya posisi jelas rumah kamu.

Setelah PIN sampai, buka dan masukkan 6 digit angka unik yang ada dalam amplop tersebut pada laman verifikasi di dashboard AdSense kamu.

Bagaimana Jika PIN AdSense Tidak Sampai?

Kalau sampai sebulan setelah permintaan PIN AdSense pertama kamu belum sampai, lakukan request PIN yang kedua dan kamu juga bisa lakukan pengecekan ke kantor POS terdekat di wilayah kamu.

Hal inilah dulu yang saya lakukan, jadi selain saya request PIN selanjutnya, saya juga coba pergi cek surat PIN AdSense saya ke cabang kantor POS terdekat. Bilang saja sama tellernya apakah ada surat dari AdSense atas nama kamu. Hampir semua petugas POS tahu dan kamu akan dibawa ke bagian pengiriman untuk bertanya langsung ke kurir POS.

PIN AdSense

Sekedar share pengalaman saja, dulu saya request PIN pertama sekitar akhir Oktober. Setelah dua bulan lewat dan PIN tak kunjung datang, saya coba datangi kantor pos dan hasilnya nihil juga.

Akhirnya saya lakukan request PIN kedua awal Desember. Hingga Januari, PIN pertama dan kedua tak ada yang datang. Jadi untuk kedua kali, saya putuskan untuk cek kembali kantor POS. Ternyata PIN AdSense kedua saya ada dan anehnya PIN pertama malah tidak ada. Tapi karena isinya sama saja, saya tak ambil pusing.

Buat kamu yang sudah request PIN manual sebanyak 3 kali dan tak kunjung datang, serta sudah cek kantor POS berkali-kali dan hasilnya nihil, tenang saja dan jangan khawatir.

Setelah kamu melakukan request PIN secara manual sebanyak 3 kali dan PIN belum juga ada yang sampai satupun, terhitung 1 bulan setelah kamu request PIN terakhir kamu akan dimintai verifikasi identitas (bisa scan KTP atau SIM) sebagai pengganti PIN. Jadi, pastikan nama dan alamat yang ada di AdSense sama dengan nama dan alamat yang ada di kartu identitas kamu. Pastikan juga kartu identitas tersebut masih valid alias masih dalam masa berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel