7 Ide Content YouTube yang Cocok Buat YouTuber Pemula

Memiliki sebuah channel YouTube yang sukses dengan ratusan ribu hingga jutaan subscriber serta jutaan views tentunya merupakan mimpi sebagian besar para YouTuber pemula, termasuk saya sendiri. Karena dengan begitu, kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari content yang kita buat dan tentunya popularitas juga ikut naik.

ide content youtube untuk pemula

Akan tetapi, untuk memiliki sebuah channel yang sukses dengan fans setia dan views yang membludak bukanlah perkara mudah dan instan yang bisa dicapai dalam satu malam saja. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun sebuah channel, salah satunya yakni ide content YouTube channel.

Kenapa menentukan ide channel sangat penting? Jawabannya karena ini yang akan jadi brand channel kamu nantinya. Jadi, diharapkan bisa menarik minat penonton yang memiliki ketertarikan yang sama dengan topik channel kamu sehingga mereka bisa menjadi penonton setia channel kamu. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya, namun saya tak akan membahasnya kali ini.

Ok, balik lagi ke ide content YouTube tadi, kali ini saya mau berbagi 7 ide content YouTube yang bagus untuk YouTuber pemula.

1. Storytelling

Sejauh observasi saya, content storytelling (bercerita) ini merupakan content yang banyak digemari masyarakat kita. Saya sendiri mendapati banyak channel dengan content story telling ini bisa dengan mudah mendapatkan puluhan ribu hingga jutaan views di setiap videonya.

Untuk teknik yang dipakai sebenarnya tak terlalu rumit, kebanyakan menggunakan gambar tangan sebagai ilustrasi (speed drawing) dengan diisi narasi cerita. Karena menonjolkan isi cerita, ilustrasi gambar yang ditunjukkan juga biasanya sederhana. Untuk lebih memperkuat daya tarik dan isi cerita, biasanya harus pandai-pandai menggunakan sound effect.

Content storytelling ini biasanya berkutat seputar cerita horror, kisah asmara, kisah keagamaan, cerita sukses, hingga kisah inspiratif. Kalau kamu jago dalam bercerita, ide content YouTube semacam ini bisa jadi pilihan yang cocok banget.

2. Video React

Saya yakin pasti kamu pernah nonton video react di YouTube. Pernah bertanya gak sih kenapa kamu mau nonton video react padahal kamu sendiri bisa nonton langsung video yang sedang di-react tersebut?

Yup, benar, karena kamu penasaran dan tertarik dengan pendapat dan reaksi mereka yang unik mengenai isi video yang di-react. Jadi untuk menghasilkan video react yang menarik, kamu harus memberikan sudut pandang kamu dan reaksi unik kamu terhadap video yang kamu react. Usahakan juga untuk membawakannya dengan penuh semangat, biar yang nonton juga semangat dan tak lekas bosan.

3. Cover Lagu

Kalau kamu merasa memiliki suara yang lumayan bagus dan suka karaokean, tak ada salahnya buat coba membuat content cover lagu. Kamu bisa coba cover lagu yang akhir-akhir ini sedang trending untuk bisa ikut dalam arus dan kalau beruntung akan banyak penonton baru yang tertarik dengan channel kamu.

Akan jadi nilai plus kalau kamu juga bisa memainkan alat musik sendiri. Atau kalau belum bisa main alat musik, berkolaborasilah dengan orang lain yang sudah mahir. Jadi, paling tidak kamu bisa membuat cover lagu dengan iringan musik akustik.

Tak usah pakai alat mahal-malah kalau baru mencoba. Coba saja beli mic yang murah dan lakukan editing lebih lanjut dengan berbagai software pengedit suara gratis yang banyak tersedia untuk menghilangkan noise. Karena noise ini merupakan salah satu hal yang lumayan mengganggu di telinga dan bikin penonton gak betah.

4. Gaming

Kalau hobi kamu main game, ide content YouTube gaming bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa coba main game yang akhir-akhir ini trending. Usahakan untuk memilih game yang memiliki fan base dengan jumlah yang banyak, sebab semakin banyak yang bermain game tersebut maka semakin banyak pula potensi penonton yang akan didapatkan. Meskipun hal ini juga mengindikasikan akan banyak persaingan dari YouTuber lain.

Tak hanya para gamer cowok, akhir-akhir ini juga banyak para gamer cewek yang coba menunjukkan skill mereka di channel YouTubenya. Terlebih cowok gamer pasti demen banget nontonin cewek gamer. Jadi, baik cewek atau cowok memiliki chance yang sama di ranah content YouTube gaming ini.

5. Tutorial Memasak dan Food Traveller

Dunia kuliner memang tak akan pernah habisnya. Oleh karena itulah, tak ada salahnya kalau kamu suka dunia kuliner dan bisa masak, tutorial memasak bisa jadi ide buat content YouTube. Dan kalau kamu kurang bisa masak tapi suka banget berburu makanan enak, maka food traveller bisa jadi content yang pas.

Kalau kamu ingin memulai channel memasak, kamu bisa mulai dengan masakan yang kamu kuasai atau bisa juga ikuti menu-menu yang sedang trending saat ini. Untuk content food traveller, cobalah untuk mendatangi tempat-tempat makan, kedai, atau restoran yang menyajikan menu enak, eksotis, dan unik sehingga penonton bisa tertarik dengan hidangan yang kamu coba.

6. Tutorial Make Up

Buat kamu para cewek-cewek yang demen berdandan, skill make-up kamu itu bisa dijadikan ide content YouTube yang banyak dicari, lho. Terlebih lagi, belakangan ini market make-up untuk anak SMP dan SMA saya lihat makin nanjak.

Selain memiliki target pasar yang lumayan luas, content make-up juga memiliki banyak produk dan pengiklan di dalamnya. Jadi, pasti gak bakal kehabisan ide dan syukur-syukur kalau penonton kamu banyak, akan banyak pula endorsement yang kamu terima.

Tapi di sisi lain, content semacam juga membutuhkan modal yang tak sedikit. Terlebih kalau mau bikin content make-up yang branded. Buat yang pemula, mungkin bikin content dengan produk make-up yang murah dan ekonomis bisa cara mensiasati keterbatasan dana.

7. Komedi

Terakhir, buat kamu yang suka ngelawak dan lucu, content komedi bisa banget kamu coba. Kamu bisa buat content komedi sendiri ataupun ngajak teman kamu yang sama-sama lucu. Berdasarkan pengamatan saya dari salah satu teman YouTuber, content semacam ini bisa menghasilkan retensi tontonan yang tinggi dan juga subscriber yang loyal (nonton semua video kamu).

Buat menarik penonton baru, kamu bisa coba mengkomedikan berbagai hal-hal trending yang sedang terjadi saat ini. Cara ini salah satu cara yang ampuh untuk menaikkan channel komedi agar bisa direkomendasikan oleh algoritma YouTube.


Well, itu dia 7 ide content YouTube yang memiliki ceruk yang lumayan besar dan bisa kamu coba sebagai YouTuber pemula. Apapun topik yang akan kamu coba nantinya, pastikan kamu suka dan ahli pada bidang tersebut sehingga kamu tak akan kehabisan ide ditengah jalan nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel