Cara Mengubah Warna Background Foto di Photoshop

Pas foto pasti sudah tak asing lagi di kehidupan kita. Foto identitas ini memang umum digunakan untuk pembuatan berbagai surat atau berkas formal seperti lamaran kerja, SKCK, buku nikah, passport, ijazah, dan berbagai dokumen formal lainnya.

Cara mengubah warna background foto di Photoshop, image by tokopedia.com/kansainet

Hal lain yang khas dari pas foto adalah warna background-nya, di mana secara umum kita mengenal peraturan background merah untuk tahun kelahiran ganjil dan biru untuk kelahiran genap. Akan tetapi ada kalanya beberapa kebutuhan tak mengikuti peraturan ini sehingga kita perlu untuk mengubah warna background foto kita.

Nah, untuk itulah kali ini ContohText akan memberikan solusi terkait cara mengganti warna background foto tersebut. Untuk aplikasinya, di sini saya akan menggunakan aplikasi Photoshop CS6. Jika kamu memiliki Photoshop yang memiliki versi berbeda silahkan menyesuaikan saja karena secara fitur dasar, semuanya hampir sama. Tak usah berlama-lama lagi, simak cara mengubah warna background foto di Photoshop berikut.


Cara Mengubah Warna Background Foto di Photoshop Capat dan Mudah

Karena kita di sini hanya akan mengganti warna background foto, saya anggap kamu sudah memiliki foto dengan background satu warna polos biru atau merah. Sebagai contoh di sini, saya menggunakan foto yang memiliki warna background merah dan ingin diganti ke warna merah.

  1. Buka aplikasi Photoshop di laptop atau komputer kamu dan cari file pas foto yang ingin diganti warna background-nya. Masukkan foto ke Photoshop dengan cara di drag and drop atau buka melalui menu Open (Ctrl + O).
  2. Gunakan Quick Selection Tool untuk menyeleksi background yang warnanya ingin diganti. Sapukan pada background pas foto hingga semuanya merata.
  3. Tahap nomor 3 hingga 5 ini hanya opsi untuk memperhalus bagian pinggiran agar lebih bagus, kalau dirasa tidak diperlukan langsung lanjut saja ke tahap nomor 6. Untuk melihat batas background dengan objek, zoom-in foto dengan tekan Ctrl dan + sehingga batas seleksi tampak jelas.
  4. Pastikan kamu masih menggunakan Quick Selection Tool dan pilih refine edge.
  5. Lihat di bagian Shift edges, lalu geser hingga nilainya sekitar +30 atau lihat perubahan pinggiran seleksi (sesuaikan hingga agak menjorok ke objek). Setelah dirasa cukup kemudian klik Ok.
  6. Centang Auto-Enhance agar seleksi yang dihasilkan secara otomatis lebih halus.
  7. Setelah itu pilih Paint Bucket Tool (G).
  8. Sebelum diaplikasikan pada daerah background, rubah dulu warna palet sesuai dengan yang diinginkan dengan cara klik Set Foreground Color atau klik tab Swatches di bagian kanan atas. Di sini saya pilih warna biru untuk mengisi daerah seleksi.
  9. Setelah warna ditentukan, aplikasikan Paint Bucket Tool pada daerah yang diseleksi dengan cara klik satu kali. Nah, secara otomatis background foto akan berubah sesuai dengan warna yang kamu butuhkan.
  10. Setelah selesai tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. Agar file foto hasil editan yang baru tidak menimpa file semula, simpan foto dengan klik File > Save As atau bisa juga dengan tekan Shift + Ctrl + S.
  11. Beri nama file dan klik Save. Akhirnya cara mengubah warna background foto di Photoshop selesai dilakukan.

Baiklah, itu tadi tutorial dari ContohText mengenai cara mengganti warna background foto di Photoshop yang cepat dan mudah untuk para pemula. Mudah untuk diikuti, bukan? Semoga dengan menggunakan cara tersebut, kamu tak lagi kebingungan dan kerepotan dalam mengganti background foto sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel