Apa sih Bahasa Inggrisnya Ngabuburit?

Hi English learners, istilah ngabuburit pastinya sudah tak asing lagi di telinga kalian, terutama jika sudah memasuki bulan Ramadan. Kalau sudah mendengar kata satu ini, pasti pikiran kita langsung tertuju pada berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum berbuka puasa, mulai dari jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, nongkrong bareng teman-teman, berburu takjil, hingga olahraga ringan.

bahasa inggris ngabuburit

Apa sih Bahasa Inggrisnya ngabuburit? Designed by freepik.com

Secara etimologi, kata ngabuburit sendiri berasal dari Bahasa Sunda. Kata burit dalam ngabuburit menggambarkan waktu pada sore hari atau menjelang petang, di mana matahari mulai tenggelam. Waktu ini berkisar antara jam 15.30 hingga 17.30 atau kerap disebut dengan ba’da Ashar. Jadi, ngabuburit sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mengisi waktu burit. Tapi pernah gak sih kalian penasaran tentang apa sih sebenarnya Bahasa Inggrisnya ngabuburit? Kalau iya, maka simak terus ulasan berikut.


Lalu apa sih Bahasa Inggris dari ngabuburit?

Nah, setelah mengetahui konteks dari ngabuburit di atas, sekarang paling tidak kita punya gambaran tentang istilah padanan yang pas digunakan untuk ngabuburit dalam Bahasa Inggris. Karena ngabuburit secara garis besar merujuk pada kegiatan untuk mengisi waktu sebelum buka puasa, maka bisa diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi kill time before iftar/breaking the fast atau kill time until iftar/breaking the fast (digunakan sebagai kata kerja).

Istilah kill time merupakan salah satu idiom dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti menghabiskan waktu luang atau waktu yang kosong. Sedangkan iftar atau breaking the fast merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada kegiatan berbuka puasa. Bagi yang belum jelas mengenai istilah buka puasa dalam Bahasa Inggris kamu bisa baca postingan sebelumnya mengenai ucapan selamat berbuka puasa dalam Bahasa Inggris.

Ok, Untuk lebih jelas, langsung saja praktek dengan menerapkannya ke dalam kalimat seperti contohnya berikut:

  • I sometimes kill the time by cycling to the town park with my friends before breaking the fast.
    (Aku terkadang ngabuburit dengan bersepeda bersama temanku ke taman kota.)
  • I usually kill time by reading books until iftar.
    (Aku biasanya ngabuburit dengan membaca buku.)
  • Yesterday, my brother and I killed a couple hours before iftar fishing at the nearest public fishing pond.
    (Kemarin, saya dan saudara saya ngabuburit dengan memancing di kolam pemancingan umum terdekat.)
  • What do you usually do to kill time before iftar?
    (Apa yang biasa kamu lakukan untuk ngabuburit?)

Kalau ingin menggunakan istilah ngabuburit dalam Bahasa Inggris di atas sebagai kata benda, kamu bisa menggunakan time-killing activity before/until iftar.

  • Hunting iftar dish at the traditional market is one of the most common time-killing activities most Indonesian do before iftar.
    (Berburu takjil berbuka di pasar merupakan salah satu kegiatan ngabuburit yang paling umum dilakukan oleh orang Indonesia.)

Nah, jadi itulah tadi pembahasan kita mengenai apa sih Bahasa Inggris dari ngabuburit beserta contoh kalimatnya. Semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dalam Belajar Bahasa Inggris, terutama dari segi perbendaharaan kata. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan, kalian bisa meninggalkannya di kolom komentar.