Contoh Descriptive Text about Eiffel Tower dan Terjemahannya

Contoh Descriptive Text About Eiffel Tower - Jika berbicara mengenai Ibu Kota Perancis, Paris, pasti salah satu hal yang langsung terbersit di pikiran kamu adalah kemegahan menaranya yang luar biasa. Nah, untuk lebih tahu mengenai menara yang banyak diadikan destinasi wisata pelancong dari berbagai penjuru dunia ini ContohText akan membahasnya dalam sebuah teks deskripsi.

Eiffel tower

Megahnya menara Eiffel dari kejauhan, via www.pixabay.com

Nah, langsung saja buat kamu yang sedang mencari referensi menulis teks deskripsi tentang tempat, tepatnya Menara Eiffel, langsung saja cek teks deskripsi menara yang menjadi ikon Paris berikut ini!


Descriptive Text About Eiffel Tower Lengkap Dengan Terjemahannya

Eiffel Tower

Eiffel Tower is an early model of wrought-iron construction on an enormous scale. The tower was named after the designer, Gustave Eiffel, a French engineer who was also designed the Statue of Liberty’s framework in New York. As the time of its completion in 1889, the tower was the world’s highest man-made structure and now it’s still the tallest structure of Paris. Having a great attraction with more than six million every year, Eiffel Tower is considered as one of the most recognizable landmarks in the world.

The tower consists of three levels which is about 300 meters (984 feet) high. It also has a TV antenna on the top of the tower which gives 22 meters of additional height. The tower’s base platform consists of four semicircular arches. It’s also installed with glass-walled elevators and stairs which lead up to the first and second deck. There are also some elevators that go from the second level to the third platform which is close the topmost part of tower. Visitors can see a great panoramic view extends for about 80 km (50 miles) on a clear day. Along with the viewing areas, there also museum, restaurants and a souvenir shop on first and second platform.

The Eiffel Tower initially was a result of a contest that held by the French Government. At the time the government was organizing the 1889’s International Exposition, a fair to celebrate a one hundred year French Revolution’s anniversary. There was a huge enthusiasm from the people around, and more than 100 ideas were submitted. Eiffel’s idea was selected among the others with some controversy. The plan required a tower which was constructed almost completely of a series of metal strips. The structure was largely criticized in the planning phases since there was nothing like it had ever been built before. Still, the tower was built with a minor labour force and at a slight cost. The construction took only two years, between 1887 until 1889.

The Eiffel Tower was nearly torn down a few times right after the 1889 fair ended. However, Eiffel then managed changes to the structure that made it more beneficial. There were several additions of changes to the tower, first a weather station and a military telegraph in 1890 and 1903. It continued with some changes for fairs that were held in 1900, 1925, and 1937. The tower was renovated in the early of 1980s for its a hundred year anniversary right in 1989. Now, this landmark of Paris becomes a popular tourist stop from all over the world.


Menara Eiffel

Menara Eiffel merupakan salah satu contoh bangunan besi tempaan dengan ukuran yang luar biasa besar. Menara ini dinamai seperti perancangnya, Gustave Eiffel, seorang insinyur berkebangsaan Perancis yang juga merancang kerangka Patung Liberty yang ada di New York. Semasa penyelesaiannya di tahun 1889, menara ini merupakan bangunan tertinggi yang pernah dibuat manusia dan saat ini masih menjadi yang tertinggi di Paris. Memiliki daya tarik yang amat besar dengan lebih enam juta tiap tahunnya, Menara Eiffel dianggap menjadi salah satu bangunan warisan budaya yang terkenal di dunia.

Menara ini terdiri dari tiga tingkat yang tinggi sekitar 300 meter atau 984 kaki. Ada antena TV di bagian atas menara yang menambah tingginya menjadi 22 meter. Bagian dasar menara terdiri dari empat lengkungan setengah lingkaran. Dilengkapi juga dengan lift dan tangga yang menuju ke lantai pertama dan kedua. Ada juga beberapa lift yang menuju lantai kedua ke lantai ketiga yang dekat dengan bagian tower paling atas. Para pengunjung dapat melihat pemandangan panorama yang hebat terbentang hingga kejauhan 80 km atau 50 mil saat hari cerah. Bersamaan dengan area untuk menikmati pemandangan, ada juga museum, restoran dan sebuah toko cendera mata di lantai pertama dan kedua.

Menara Eiffel pada mulanya merupakan sebuah hasil dari sebuah kontes yang digelar oleh pemerintah Perancis. Waktu itu, pemerintah sedang mengorganisir Eksposisi Internasional tahun 1889, sebuah pagelaran untuk memeriahkan 100 tahun Revolusi Perancis. Ada antusiasme yang besar dari masyarakat sekitar, dan lebih dari 1000 ide yang dikumpulkan. Ide Eiffel merupakan satu yang terpilih diantara yang lainnya dengan berbagai kontroversi. Perencanaan tersebut memerlukan sebuah menara yang hampir secara keseluruhan dibangun dari rangkaian lempengan logam. Bangunan tersebut secara luas dikritisi dalam tahap perencanaan karena belum pernah ada yang seperti ini sebelumnya. Tetap saja, menara tersebut dibangun dengan tenaga kerja yang minim dan dana yang terbatas. Pembangunan menelan waktu dua tahun, antara 1887 hingga 1889.

Menara Eiffel hampir saja dirobohkan beberapa kali tepat pasca pagelaran 1889 berakhir. Meski demikian, Eiffel lalu melakukan perubahan terhadap bangunan yang membuatnya lebih bermanfaat. Terdapat beberapa penambahan perubahan pada menara tersebut, pertama sebuah stasiun cuaca dan stasiun telegraf militer di tahun 1890 dan 1903. Dilanjutkan dengan beberapa perubahan guna pagelaran yang digelar pada tahun 1900, 1925, dan 1937. Menara tersebut direnovasi pada awal tahun 1980an guna ulang tahun yang keseratusnya pada tahun 1989. Saat ini, bangunan warisan budaya Paris ini menjadi salah satu pemberhentian pelancong yang populer dari seluruh dunia.

Nah, gimana contoh descriptive text about Eiffel Tower beserta terjemahannya di atas, semoga bisa meberikan kamu informasi yang bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi dalam menulis teks deskripsi baik untuk belajar ataupun tugas. Untuk teks deskriptif yang lebih lengkap lainnya, pilih aja menu pada label ataupun daftar isi!


Adapted from: Eiffel Tower. (2015). Britannica Elementary Library. Encyclopædia Britannica Ultimate Reference Suite. Chicago: Encyclopædia Britannica.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel