7 Contoh Deskripsi Teman Sebangku dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Descriptive text atau dikenal juga dengan teks deskriptif merupakan sebuah teks yang berusaha menggambarkan suatu objek khusus tertentu. Banyak hal yang bisa dijadikan objek khusus dalam penulisan teks deskripsi mulai dari orang, tempat, benda, hewan, atau bisa juga ke hal-hal sekitar kita sebagai pelajar seperti teman sebangku dan teman sekelas. 

Contoh Deskripsi Teman Sebangku dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Image by studio4rt on Freepik


Materi deskripsi teman sebangku ini biasanya diajarkan di bangku SMP, sementara untuk pelajar SMA dan setingkatnya akan mendeskripsikan objek benda dan tempat wisata.

Secara umum, descriptive text atau teks deskriptif bahasa Inggris memiliki generic structure atau struktur umum sebagai berikut:

1. Identification: bagian ini bisa disebut juga bagian pendahuluan, berupa gambaran umum tentang suatu objek yang mau digambarkan secara singkat dan jelas.

2. Description: bagian ini berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki objek yang dideskripsikan. Misalnya sifat-sifat, tampilan fisik, dan hal lain yang dituliskan dengan spesifik.

Kalau dilihat berdasarkan generic structure yang dimiliki, bisa disimpulkan kalau teks deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara detail mengenai suatu objek kepada pembaca.


Nah, setelah kita mempelajari secara sekilas mengenai struktur dari teks deskriptif ini, langsung saja kita masuk ke contoh deskripsi teman sebangku dalam bahasa Inggris beserta artinya yang bisa kamu jadikan bahan atau referensi tugas.


Contoh Deskripsi Teman Sebangku dalam Bahasa Inggris Singkat

Contoh 1

I have a best friend; she is my seatmate. Her name is Indah Nur. I call her Nur.

Nur lives with her family. It consists of her parent and her two sisters.  She usually plays with her sisters and me at the town park. Nur is really a nice and friendly girl. She always takes care of her two sisters. She likes fried rice and meatballs. Sometimes she treats me at the school canteen when I help her with her school project.


Terjemahan:

Aku punya seorang sahabat baik; dia adalah teman sebangku aku. Namanya Indah Nur. Aku memanggilnya Nur.

Nur tinggal bersama keluarganya. Terdiri dari orang tuanya dan dua saudara perempuannya. Dia biasanya bermain denganku dan saudara perempuannya di taman kota. Nur memang gadis yang baik dan ramah. Dia selalu menjaga kedua saudara perempuannya. Dia suka nasi goreng dan bakso. Kadang-kadang dia mentraktirku di kantin sekolah ketika aku membantunya mengerjakan tugasnya.


Contoh 2

I have a nice seatmate; I always sit next to her in class. She is Puput Widia, her nickname is Widi.

She has an ideal body. Her weight is about 42 kg dan her height is 147 cm. Her hair is black and wavy. She looks cute with her black little eyes and light-tanned skin.

Widi is the second child of 3 siblings. She loves to eat ice cream and fried chicken.


Terjemahan:

Aku punya teman sebangku yang baik; Aku selalu duduk di sebelahnya di kelas. Dia Puput Widia, panggilan akrabnya Widi.

Dia memiliki tubuh yang ideal. Berat badannya sekitar 42 kg dan tinggi badannya 147 cm. Rambutnya hitam dan bergelombang. Dia terlihat manis dengan mata kecilnya yang hitam dan kulitnya yang sawo matang.

Widi merupakan anak kedua dari 3 bersaudara. Dia suka makan es krim dan ayam goreng.


Contoh 3

My Best Seatmate Forever, Elis

I have the best seatmate in my class. Her name is Elis. It’s my first year in Junior High School. Although the school year has just begun for two months, we already get along well in school.

Elis has a slim and tall body. She has a pretty face that will make every boy in my class like her. She has curly black hair.

Elis loves to play volleyball and swimming. That is why her body looks quite athletic. She usually practices volleyball with her friends after school. We sometimes also go swimming at the weekend.

Every morning we always go to school together by bike. We always stay together at school, mostly when break time, we go to the canteen together. I like to stay with her because she is a cheerful and fun person. Our classmates say that we are like peas and carrots. Sometimes she acts silly and does ridiculous things that give me some giggles. I am so glad to have a best seatmate like her.


Terjemahan:

Teman Duduk Terbaikku Selamanya, Elis

Aku mempunyai teman sebangku terbaik di kelasku. Namanya Elis. Ini tahun pertamaku di SMP. Meski tahun ajaran baru dimulai dua bulan, kami sudah akrab di sekolah.

Elis memiliki tubuh langsing dan tinggi. Dia memiliki wajah cantik yang akan membuat setiap anak laki-laki di kelasku menyukainya. Dia memiliki rambut hitam keriting.

Elis suka bermain bola voli dan berenang. Itu sebabnya tubuhnya terlihat cukup atletis. Dia biasanya berlatih bola voli bersama teman-temannya sepulang sekolah. Kami terkadang juga pergi berenang di akhir pekan.

Setiap pagi kami selalu berangkat sekolah bersama-sama dengan bersepeda. Kami selalu bersama-sama di sekolah, kebanyakan saat jam istirahat, kami pergi ke kantin bersama. Saya senang bersamanya karena dia orang yang ceria dan menyenangkan. Teman sekelas kami bilang kami seperti gula dan semut. Terkadang dia bertingkah konyol dan melakukan hal-hal konyol yang membuatku tertawa. Aku sangat senang memiliki teman sebangku terbaik seperti dia.


Contoh Deskripsi Teman Sebangku Singkat Secara Positif

One of the brightest students in my class is my seatmate, Maya. I am truly impressed by her dedication to her studies. She is a diligent student who consistently strives for excellence. Despite her unwavering focus on academics, she manages to actively participate in numerous student organizations. I always looked up to her, not only for her academic prowess but also for her charismatic presence that brightens up everyone’s day. I genuinely appreciate having her as my classmate.


Terjemahan:

Salah satu siswa paling cerdas di kelasku adalah teman sebangku aku, Maya. Aku benar-benar terkesan dengan dedikasinya untuk belajar. Dia adalah siswa rajin yang secara konsisten berusaha untuk menjadi yang unggul. Meskipun fokusnya pada bidang akademis, ia berhasil berpartisipasi aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Aku selalu menjadikannya panutan, tidak hanya karena kecakapan akademisnya tetapi juga karena kehadiran karismatiknya yang mencerahkan hari setiap orang. Aku begitu menghargai dia sebagai teman sekelasku.


Contoh Deskripsi Teman Sebangku Singkat Secara Negatif

Selain mendeskripsikan teman sebangku secara positif, kita juga bisa mendeskripsikan teman sebangku secara negatif kalau memang ternyata teman sebangku kita memiliki sifat toxic dan tidak baik.


I would like to share some thoughts about my seatmate, although I would prefer not to mention his name because it will not be a nice description of him. He is a student who struggles with responsibility, consistently getting below-average grades each semester. He plays truant from school and he doesn't think school to be his priority, and he frequently finds himself in conflicts with the teachers. Besides that, his unreliability and lack of diligence have caused friction with other students as well, especially me as his seatmate.


Terjemahan:

Aku mau mengutarakan sesuatu tentang teman sebangku aku, meskipun aku memilih untuk tidak menyebutkan namanya karena ini tak akan jadi penggambaran yang baik baginya. Ia adalah seorang siswa yang kesulitan dengan tanggung jawab, secara konsisten mendapatkan nilai di bawah rata-rata setiap semesternya. Dia sering membolos dari sekolah dan sepertinya sekolah bukan prioritasnya, dan dia sering terlibat masalah dengan guru. Selain itu, sikapnya yang tidak dapat diandalkan dan kurang rajin juga menyebabkan perselisihan dengan siswa lain, terlebih aku sebagai teman sebangkunya.


Contoh Teman Sebangku Sekaligus Teman Sekamar Kos

Terkadang kalau sekolah kamu jauh dan harus nge-kos, kamu memiliki kemungkinan untuk punya teman sebangku yang juga teman sekamar kosan. Kalau kebetulan teman sebangku dan sekamar kos kamu sama, berikut contoh deskripsi teman sebangku dalam bahasa Inggris yang mungkin cocok buat referensi.


My Nice Roommate, Novia

Among my school friends, my roommate is the one I get along with the most. Her name is Novia. She has a slender body and it looks good on her.

Novia has a thin and short body. She weighs only about 40 kilograms. She also has a snub nose but it looks pretty on her. Her eyes are black, and her skin is exotic light brown. She looks cute when she smiles because of the couple of dimples on both her cheeks. Her eyelashes and eyebrows are quite thin. There is a mole right in front of her nose. She enjoys eating fruits, especially dragon fruit and pineapple.

Despite being skinny, Novia has great talent and potential in art. She proves it by consistently securing the top three positions in most school singing competitions. All her friends know that she may be a small girl, but she has a great voice. In addition to this, she can also play Keroncong instruments well, like guitar and ukulele. She learns that from participating in the Keroncong music extracurricular activity. I am happy and proud to have a friend like her.


Terjemahan:

Teman Sekamarku yang Baik, Novia

Di antara teman-teman sekolahku, teman sekamarku adalah orang yang paling akrab denganku. Namanya Novia. Dia memiliki tubuh yang ramping dan terlihat bagus buatnya.

Novia memiliki tubuh kurus dan pendek. Beratnya hanya sekitar 40 kilogram. Dia juga memiliki hidung pesek tetapi terlihat cantik di wajahnya. Matanya hitam, dan kulitnya sawo matang yang eksotis. Dia terlihat manis saat tersenyum karena sepasang lesung pipit di kedua pipinya. Bulu mata dan alisnya cukup tipis. Ada tahi lalat tepat di depan hidungnya. Dia suka makan buah-buahan, terutama buah naga dan nanas.

Meski bertubuh kurus, Novia punya bakat dan potensi besar di bidang seni. Ia membuktikannya dengan konsisten berada di posisi tiga besar di sebagian besar kompetisi menyanyi sekolah. Semua temannya tahu bahwa dia mungkin seorang gadis bertubuh kecil, tapi dia memiliki suara yang bagus. Selain itu, ia juga pandai memainkan alat musik keroncong, seperti gitar dan ukulele. Hal itu ia pelajari saat mengikuti ekstrakurikuler musik Keroncong. Aku senang dan bangga mempunyai sahabat seperti dia.


My Great Roommate, Andy

I feel so grateful for getting a good roommate. His name is Andy, and coincidentally he is also my seatmate. He is an ideal and cooperative person. I share a room together so we can save money for other needs. We usually also help each other.

We go to school together. Andi comes from a middle-class and well-educated family. His father is a senior high school teacher and his mother is an elementary school teacher.

Andy is always on time, smart, and has good manners. He is a diligent student. He always does his school assignments and homework. Most of teachers like him and think that he is brilliant student.

Andy has an ideal body weight and looks athletic. He loves exercise by playing sports, especially futsal soccer with his friends.

Andy is a great student. He always gets excellent marks and ranks in the top three in our class. His parents must be so proud of him. He inspires me to work harder and I am happy to have a seatmate and roommate like him.


Terjemahan:

Teman Sekamarku yang Hebat, Andy

Aku merasa sangat bersyukur mendapatkan teman sekamar yang baik. Namanya Andy, dan kebetulan dia juga teman sebangku aku. Dia adalah sosok yang ideal dan mudah bekerjasama. Aku berbagi kamar bersama sehingga kami bisa menghemat uang untuk kebutuhan lain. Kami biasanya juga saling membantu.

Kami pergi ke sekolah bersama. Andi berasal dari keluarga kelas menengah dan terpelajar. Ayahnya adalah seorang guru SMA atas dan ibunya adalah seorang guru SD.

Andy selalu tepat waktu, cerdas, dan mempunyai sopan santun. Dia adalah murid yang rajin. Dia selalu mengerjakan tugas sekolah dan pekerjaan rumahnya. Kebanyakan guru menyukainya dan menganggap dia adalah siswa yang cerdas.

Andy memiliki berat badan ideal dan terlihat atletis. Ia sangat suka melatih fisiknya dengan cara berolahraga khususnya sepak bola futsal bersama teman-temannya.

Andy adalah murid yang hebat. Dia selalu mendapat nilai bagus dan menempati peringkat tiga teratas di kelas kami. Orang tuanya pasti sangat bangga padanya. Dia menginspirasiku untuk bekerja lebih keras dan aku senang memiliki teman sebangku dan teman sekamar seperti dia


Nah, itulah tadi 7 contoh deskripsi teman sebangku dalam bahasa Inggris beserta dengan artinya. Kamu bisa memilih teks mana yang cocok buat kamu jadikan referensi buat menulis teks deskripsi mu sendiri, baik mau mendeskripsikan teman sebangku dalam bahasa Inggris singkat ataupun mendeskripsikan dengan lebih panjang.