5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Perpisahan memang suatu hal yang tak bisa terhindarkan dalam berbagai aspek kehidupan, contohnya saja perpisahan sekolah untuk SD. Momen ini merupakan momen bahagia sekaligus haru karena kita harus meninggalkan sekolah yang telah menjadi bagian dari hari-hari kita selama 6 tahun kebelakang namun juga menjadi tonggak di mana kita harus terus maju meninggalkan sekolah lama untuk melanjutkan hidup dan pendidikan.

pidato perpisahan kelas 6 bahasa Inggris
Image by Freepik


Pada acara perpisahan sekolah untuk SD ini, biasanya akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dari siswa dan juga salah satunya pidato perpisahan dari perwakilan kelas 6. Untuk membuat pidato perpisahan kelas 6 ini nampaknya tak terlalu susah, akan tetapi beda hal kalau pidato perpisahan ini dalam bahasa Inggris.

Nah, buat kamu yang sedang mencari contoh pidato perpisahan kelas 6 bahasa Inggris, kebetulan sekali karena kali ini ContohText ingin membagikan pidato bahasa Inggris perpisahan kelas 6 yang bisa kamu jadikan referensi untuk menulis teks pidato bahasa Inggris-mu sendiri.


Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Esteemed Headmaster of SDN 1 Sambirejo, respected teachers, dear parents, and my beloved fellow students,

First and foremost, I would like to praise and thank God, the almighty, who has granted countless blessing to us, so that we are able to gather here in good health.

Today, we are here to bid farewell to our elementary school days in SDN 1 Sambirejo.  As the representative student of the 6th grade of SDN 1 Sambirejo, I stand before you with mixed emotions – a mixture of excitement, nostalgia, and a touch of sadness.

Our teachers have been our guiding lights throughout this journey. They've taught us not only math, science, and language, but also important values like kindness, respect, and perseverance. They've inspired us to dream big and encouraged us to reach for the stars. We owe them a great deal of gratitude for their dedication and care.

I also want to take a moment to thank our parents and families. They've been there every step of the way, cheering us on, helping us with our homework, and being our biggest supporters. Their love and encouragement have been instrumental in our success, and we are truly grateful for their unwavering support.

And for all juniors, as we say goodbye to our elementary school, let's not forget the memories we've created together. These memories will forever hold a special place in our hearts, reminding us of the laughter, the growth, and the bonds we've shared.

In closing, let me express my gratitude to our school, our teachers, and our parents for providing us with a solid foundation for our futures. Let's carry the values we've learned and the memories we've made in our hearts as we move forward. Remember, my fellow students, we are capable of great things, and our potential is limitless.

Thank you, and farewell, my dear friends!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kepala Sekolah SDN 1 Sambirejo yang saya hormati, para guru yang saya hormati, orang tua tercinta, dan rekan-rekan siswa yang saya cintai,

Pertama-tama, saya panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Hari ini, kita di sini untuk mengucapkan selamat tinggal pada masa sekolah dasar kami. Sebagai siswa perwakilan dari kelas 6 SDN 1 Sambirejo, saya berdiri di hadapan Anda sekalian dengan perasaan campur aduk – campuran kegembiraan, nostalgia, dan sentuhan kesedihan.

Guru kami telah menjadi lampu penuntun kami sepanjang perjalanan ini. Mereka tidak hanya mengajari kami matematika, IPA, dan bahasa, tetapi juga nilai-nilai penting seperti kebaikan, rasa hormat, dan ketekunan. Mereka telah menginspirasi kami untuk bermimpi besar dan mendorong kami untuk meraih bintang. Kami berutang banyak terima kasih atas dedikasi dan perhatian mereka.

Saya juga ingin mengambil waktu sejenak untuk berterima kasih kepada orang tua dan keluarga kami. Mereka selalu ada di setiap langkah, menyemangati kami, membantu kami mengerjakan PR, dan menjadi pendukung terbesar kami. Cinta dan dorongan mereka telah berperan penting dalam kesuksesan kami, dan kami benar-benar berterima kasih atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan.

Dan untuk semua adik kelas, bersamaan dengan kami mengucapkan selamat tinggal pada sekolah dasar kita, jangan lupakan kenangan yang telah kita buat bersama. Kenangan ini akan selamanya memiliki tempat khusus di hati kita, mengingatkan kita akan tawa, pertumbuhan, dan ikatan yang telah kita lalui bersama.

Sebagai penutup, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada sekolah kami, guru kami, dan orang tua kami karena telah memberikan dasar yang kuat untuk masa depan kami. Mari bawa nilai-nilai yang telah kita pelajari dan kenangan yang telah kita buat di hati kita saat kita melangkah maju. Ingat, teman-teman para siswa, kita mampu melakukan hal-hal hebat, dan potensi kita tidak terbatas.

Terima kasih, dan selamat tinggal, teman-teman terkasih!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris Variasi Ke-2

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

To our honorable Headmaster of SDN 1 Sumbergedong, respected teachers, dear parents, and beloved fellow students, Greetings to each and every one of you on this special occasion.

Let us begin by expressing our sincere gratitude to God for His abundant blessings that have allowed us to come together today in good health and spirits.

As I stand before you as the representative student of the 6th grade, I am filled with both excitement and a tinge of sadness. Today, we come together to bid farewell to our elementary school years in SDN 1 Sumbergedong.

We want to thank our teachers, who have been the guiding stars that illuminated our path during these formative years. They have not only imparted knowledge but also nurtured our passions, encouraged our dreams, and celebrated our achievements. To our amazing teachers, we express our heartfelt gratitude for their dedication and the care they have shown us.

I also want to extend a heartfelt thank you to our parents and families, whose unwavering support has been the foundation of our success. They have been there for us through thick and thin, cheering us on from the sidelines, and providing a shoulder to lean on when we needed it the most. We owe them a debt of gratitude for their love, sacrifices, and endless encouragement.

As we bid farewell to our beloved juniors and school, let us cherish the memories we have created together. From the joyous moments of playing and laughing together during recess to the excitement of our class projects, each memory has woven a tapestry of friendship and growth. These memories will forever be cherished in our hearts, reminding us of the incredible bond we share.

In conclusion, I extend my deepest gratitude to our school, our teachers, our parents, my fellow students. Thank you for making this journey remarkable and unforgettable. As we bid farewell, let us embrace the future with hope and excitement, knowing that we are equipped with the knowledge and skills to make a difference in the world.

Thank you, and farewell!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kepada Kepala Sekolah SDN 1 Sumbergedong yang kami hormati, guru-guru yang kami hormati, orang tua yang terkasih, dan rekan-rekan siswa yang kami cintai, Salam untuk Anda semua pada kesempatan yang istimewa ini.

Marilah kita mulai dengan mengungkapkan rasa syukur yang tulus kepada Tuhan atas berkat-Nya yang melimpah yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul bersama pada hari ini dalam keadaan sehat sentosa.

Bersamaan dengan saya berdiri di hadapan Anda sebagai siswa perwakilan dari kelas 6, saya dipenuhi dengan kegembiraan dan sedikit kesedihan. Hari ini, kita berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal pada masa-masa sekolah kami di SDN 1 Sumbergedong.

Kami ingin berterima kasih kepada para guru kami, yang telah menjadi bintang penuntun yang menerangi jalan kami selama tahun-tahun pembentukan ini. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga memupuk semangat kami, mendorong impian kami, dan merayakan pencapaian kami. Kepada para guru kami yang luar biasa, kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas dedikasi dan perhatian mereka yang telah mereka tunjukkan kepada kami.

Saya juga ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada orang tua dan keluarga kami, yang dukungannya tak tergoyahkan telah menjadi fondasi kesuksesan kami. Mereka telah ada untuk kami melalui suka dan duka, menyemangati kami dari pinggir lapangan, dan menyediakan bahu untuk bersandar saat kami sangat membutuhkannya. Kami berutang budi kepada mereka atas cinta, pengorbanan, dan dorongan semangat mereka yang tak ada habisnya.

Bersamaan dengan kita mengucapkan selamat tinggal kepada adik-adik kelas dan sekolah kita tercinta, mari kita hargai kenangan yang telah kita buat bersama. Dari saat-saat gembira saat bermain dan tertawa bersama saat istirahat hingga keseruan tugas sekolah, setiap kenangan telah menjalin persahabatan dan perkembangan. Kenangan ini akan selamanya dikenang di hati kita, mengingatkan kita akan ikatan luar biasa yang kita lalui bersama.

Sebagai penutup, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sekolah kami, guru kami, orang tua kami, teman-teman siswa. Terima kasih telah membuat perjalanan ini luar biasa dan tak terlupakan. Bersamaan dengan kita mengucapkan selamat tinggal, mari kita rangkul masa depan dengan harapan dan semangat, ketahuilah bahwa kita dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat perbedaan di dunia ini.

Terima kasih, dan sampai jumpa!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris Variasi Ke-3

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Esteemed Headmaster of SDN Maju Terus, respected teachers, beloved parents, and dear all my fellow students, Warm greetings to all of you gathered here today on this auspicious occasion.

Today, we gather here with mixed emotions as we bid farewell to our beloved elementary school, SDN 1 Maju Terus. It seems like just yesterday we were timid and wide-eyed, stepping into these halls for the first time. Now, as representatives of the 6th grade, we stand here on the threshold of a new chapter in our lives, ready to embrace the challenges and adventures that await us.

Our elementary school journey has been nothing short of extraordinary. We have grown both academically and personally, thanks to the unwavering support of our incredible teachers. They have not only shared their knowledge with us but also instilled in us the values of hard work, perseverance, and the importance of never giving up. To our teachers, we express our deepest gratitude for their patience, guidance, and belief in our potential.

We also owe a debt of gratitude to our parents and families. They have been our biggest support system, offering love, encouragement, and a shoulder to lean on during the toughest of times. Their sacrifices and unwavering support have been instrumental in our success, and for that, we are eternally grateful.

While we may be saying goodbye to our beloved juniors and school, let us not forget the importance of the friendships we have cultivated. The bonds we have formed here are special and enduring. Let us promise to stay connected, supporting and uplifting one another as we continue to pursue our dreams. Together, we can achieve great things.

Thank you all, and farewell, my fellow students!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kepala Sekolah SDN Maju Terus yang terhormat, para guru yang dihormati, orang tua tercinta, dan teman-teman siswa yang tersayang, Salam hangat untuk kalian semua yang berkumpul di sini hari ini pada kesempatan yang baik ini.

Hari ini, kami berkumpul disini dengan perasaan campur aduk saat berpisah dengan sekolah dasar tercinta, SDN 1 Maju Terus. Sepertinya baru kemarin kami malu-malu, melangkah ke aula ini untuk pertama kalinya. Sekarang, sebagai perwakilan dari kelas 6, saya berdiri di sini di ambang babak baru dalam hidup kami, siap menghadapi tantangan dan petualangan yang menanti kami.

Perjalanan sekolah dasar kami sangat luar biasa. Kami telah tumbuh baik secara akademis maupun pribadi, berkat dukungan tak tergoyahkan dari para guru kami yang luar biasa. Mereka tidak hanya membagikan ilmunya kepada kami, tetapi juga menanamkan dalam diri kami nilai-nilai kerja keras, ketekunan, dan pentingnya pantang menyerah. Kepada para guru kami, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesabaran, bimbingan, dan kepercayaan mereka terhadap potensi kami.

Kami juga berutang budi kepada orang tua dan keluarga kami. Mereka telah menjadi sistem pendukung terbesar kami, menawarkan cinta, dorongan, dan bahu untuk bersandar selama masa-masa terberat. Pengorbanan dan dukungan mereka yang tak tergoyahkan telah berperan penting dalam kesuksesan kami, dan untuk itu, kami sangat berterima kasih.

Meskipun kita mungkin mengucapkan selamat tinggal kepada junior dan sekolah kita tercinta, janganlah kita melupakan pentingnya persahabatan yang telah kita jalin. Ikatan yang kami bentuk di sini istimewa dan bertahan lama. Mari kita berjanji untuk tetap terhubung, mendukung dan menyemangati satu sama lain saat kita terus mengejar impian kita. Bersama-sama, kita bisa mencapai hal-hal besar.

Terima kasih semua, dan selamat tinggal, teman-teman siswa semua!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris yang Menyentuh

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Distinguished teachers of SD Cerdas Gemilang, beloved parents, and my dear fellow students,

Before we commence, let us take a moment to express our heartfelt gratitude to God for bestowing upon us His blessings and granting us the opportunity to gather here today in good health and well-being.

Today, we gather here with heavy hearts as we bid farewell to our elementary school days in SD Cerdas Gemilang. Emotions run deep within us as we reflect upon the incredible journey we have shared. It is a bittersweet moment, filled with nostalgia, gratitude, and a touch of sadness.

As the representative of the 6th grade, I stand here today to give this speech before we leave behind a place that has become our second home.

Our teachers, the pillars of wisdom and guidance, have been our guiding lights throughout this incredible journey. They have not only imparted knowledge but have also nurtured our dreams and celebrated our achievements. They have gone above and beyond their duty, giving us love, support, and belief in our potential. To our teachers, we owe an immeasurable debt of gratitude for shaping us into the individuals we are today.

And to our parents, the ones who have witnessed our growth from the very beginning, we express our deepest appreciation. Your unwavering love, sacrifice, and encouragement have been the foundation upon which we have built our dreams. Thank you for being our guiding stars, our safe haven, and our greatest source of strength.

As we bid farewell to our beloved school, memories flood our minds, and tears well up in our eyes. We recall the laughter that echoed through the hallways, the friendships that were forged, and the shared experiences that have shaped our lives. We will forever cherish those moments, for they have created bonds that will withstand the test of time.

As we step into the future, let us carry the spirit of our elementary school with us. And as we embark on this new chapter, may our paths be filled with joy, success, and the fulfillment of our deepest aspirations.

Thank you all, and farewell!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu guru SD Cerdas Gemilang yang saya hormati, orang tua tercinta, dan teman-teman siswa yang saya sayangi,

Sebelum kita mulai, mari kita luangkan waktu sejenak untuk mengungkapkan rasa syukur tulus kita kehadirat Tuhan YME karena telah melimpahkan kepada kita berkat-Nya dan memberi kita kesempatan untuk berkumpul di sini hari ini dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Hari ini, kita berkumpul di sini dengan berat hati saat kami mengucapkan selamat tinggal pada masa sekolah kami di SD Cerdas Gemilang. Emosi mengalir jauh di dalam diri kita saat kita merenungkan perjalanan luar biasa yang telah kita lalui. Hal tersebut merupakan momen susah senang, penuh dengan nostalgia, rasa syukur, dan sentuhan keharuan.

Sebagai perwakilan dari kelas 6, saya berdiri di sini hari ini untuk memberikan pidato ini sebelum kami meninggalkan tempat yang telah menjadi rumah kedua bagi kami.

Guru kami, pilar kebijaksanaan dan bimbingan, telah menjadi lampu penuntun kami sepanjang perjalanan yang luar biasa ini. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga memupuk impian kami dan merayakan pencapaian kami. Mereka telah melampaui tugas mereka, memberi kita cinta, dukungan, dan keyakinan pada potensi kita. Kepada para guru kami, kami berhutang budi yang tak terhingga karena telah membentuk kami menjadi individu seperti sekarang ini.

Dan kepada orang tua kami, yang telah menyaksikan pertumbuhan kami sejak awal, kami menyampaikan penghargaan kami yang terdalam. Cinta, pengorbanan, dan dorongan Anda yang tak tergoyahkan telah menjadi fondasi di mana kami membangun impian kami. Terima kasih telah menjadi bintang penuntun kami, tempat berlindung yang aman, dan sumber kekuatan terbesar kami.

Saat kami mengucapkan selamat tinggal pada sekolah tercinta kami, kenangan membanjiri pikiran kami, dan air mata menggenang di mata kami. Kami mengingat tawa yang bergema di lorong, persahabatan yang terjalin, dan berbagi pengalaman yang telah membentuk hidup kami. Kami akan selamanya menghargai saat-saat itu, karena mereka telah menciptakan ikatan yang akan bertahan dalam ujian waktu.

Saat kita melangkah ke masa depan, mari kita bawa semangat sekolah dasar bersama kita. Dan saat kita memulai babak baru ini, semoga jalan kita dipenuhi dengan kegembiraan, kesuksesan, dan pemenuhan aspirasi terdalam kita.

Terima kasih semuanya, dan selamat tinggal!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Inggris Islami

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Esteemed Headmaster and teachers of SD Maju Jaya, cherished parents, and beloved fellow students, 

Greetings and salutations to each and every one of you.

First and foremost, I would like to praise Allah the Almighty, the Most Gracious, and the Most Merciful for His blessing given to us, so that we are able to gather here on this momentous day. May Allah’s blessing goes to His final Prophet Muhammad SAW (peace be upon him), his family and his companions.

Today, we gather here to say goodbye to our elementary school years. It's a mix of happy and sad feelings as we prepare to move on to the next part of our journey. I am standing here as a representative of the 6th grade, feeling grateful for this opportunity.

We have come a long way since our first day of school, filled with excitement and a bit of nervousness. Our teachers have been amazing guides, teaching us not just subjects like math and science, but also important things like being kind, respecting others, and never giving up. They have inspired us to dream big and supported us every step of the way.

I want to say a big thank you to our parents and families too. They have been there for us, cheering us on, helping us with homework, and showing us unconditional love. We couldn't have done it without them, and we are so grateful for everything they've done for us.

We have so many special memories from our time with this school and our beloved juniors. From fun field trips to playing games at recess, each moment has brought us closer as friends and helped us grow. These memories will always hold a special place in our hearts, reminding us of the good times we shared.

As we say our goodbyes, let's look ahead to the future with excitement and hope. We have so much to look forward to, and I know that each one of us has the potential to achieve great things.

Thank you all, and goodbye!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah dan para guru SD Maju Jaya, orang tua tercinta, dan teman-teman siswa yang tersayang,

Salam sejahtera untuk Anda semua.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan puji syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang atas nikmat-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di sini pada hari yang penting ini. Semoga berkah Allah tercurah kepada Nabi terakhir-Nya Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Hari ini, kita berkumpul di sini untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun-tahun kami bersekolah di sini. Hal ini merupakan campuran antara perasaan senang dan sedih saat kami bersiap untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya dari perjalanan kami. Saya berdiri di sini sebagai perwakilan dari kelas 6, merasa bersyukur atas kesempatan ini.

Kami telah menempuh perjalanan jauh sejak hari pertama kami sekolah, dipenuhi dengan kegembiraan dan sedikit kegugupan. Guru kami telah menjadi pemandu yang luar biasa, mengajari kami tidak hanya di mata pelajaran seperti matematika dan sains, tetapi juga hal-hal penting seperti bersikap baik, menghormati orang lain, dan tidak pernah menyerah. Mereka telah menginspirasi kami untuk bermimpi besar dan mendukung kami di setiap langkah.

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua dan keluarga kami juga. Mereka selalu ada untuk kita, menyemangati kita, membantu kita mengerjakan PR, dan menunjukkan cinta tanpa syarat. Kami tidak dapat melakukannya tanpa mereka, dan kami sangat berterima kasih atas semua yang telah mereka lakukan untuk kami.

Kami memiliki begitu banyak kenangan khusus dari waktu kami bersama sekolah ini dan junior tercinta kami. Dari kunjungan lapangan yang menyenangkan hingga bermain game saat istirahat, setiap momen telah mendekatkan kami sebagai teman dan membantu kami berkembang. Kenangan ini akan selalu memiliki tempat khusus di hati kita, mengingatkan kita akan saat-saat indah yang kita bagi.

Saat kita mengucapkan selamat tinggal, mari kita menatap masa depan dengan semangat dan harapan. Kita memiliki begitu banyak hal untuk dinantikan, dan saya tahu bahwa masing-masing dari kita memiliki potensi untuk mencapai hal-hal besar.

Terima kasih semuanya, dan selamat tinggal!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Baiklah, itu tadi 5 contoh pidato perpisahan kelas 6 bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi menulis teks pidato bahasa Inggris sendiri. Kami juga sertakan terjemahannya biar kamu lebih memahami isi dari pidato bahasa Inggris sesuai konteks. Kamu bisa melakukan penyesuaian terhadap pidato tersebut seperti di bagian nama sekolah, salam pembuka/penutup, serta dibagian isi sesuai dengan kebutuhanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel