10 Masakan Lebaran Idul Fitri Ala Desa: Nikmati Kelezatan Tradisi Kuliner yang Tak Tergantikan

Perayaan Hari Raya Idul Fitri memang selalu identik dengan momen kebahagiaan, di mana kita saling memaafkan dan menikmati waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat. Meski begitu, suasana Hari Raya Idul Fitri akan terasa kurang lengkap tanpa adanya hidangan lebaran Idul Fitri istimewa untuk disantap bersama keluarga.

Banyak sekali menu masakan yang bisa dihidangkan saat Lebaran, salah satunya yakni masakan khas Lebaran ala kampung halaman. Selain karena rasanya yang nikmat karena kaya akan rempah, masakan tradisional ala kampung biasanya juga akan memberikan memori tersendiri bagi yang menikmatinya.


Masakan Lebaran Idul Fitri Ala Desa: Resep-Resep Klasik yang Bikin Lidah Bergoyang!

Ada berbagai macam masakan lebaran Idul Fitri khas kampung halaman yang nikmat dan pas untuk dinikmati bersama ketupat ataupun nasi hangat. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung aja simak aneka masakan Lebaran Idul Fitri ala kampung halaman yang nikmat berikut ini!

Opor Ayam



Hidangan pertama yang sudah pasti ada di rumah-rumah masyarakat saat merayakan Lebaran yakni opor ayam. Hidangan lebaran Idul Fitri satu ini merupakan masakan sejenis kari ayam yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia. Buat aku sendiri, opor ayam santan kuah kuning terasa menggoda banget dan wajib buat dicicipi saat lebaran.

Biasanya, orang-orang akan menikmati opor ayam bersama dengan ketupat yang sudah dipotong-potong dan ditaburi bawang goreng yang gurih. Kalaupun tidak ada ketupat, dimakan bersama nasi tidak akan mengurangi kenikmatan opor ayam.


Rendang Daging



Ketupat dan opor ayam akan terasa kurang lengkap tanpa hidangan yang dinobatkan sebagai hidangan paling lezat di dunia ini, yaitu rendang daging. Biasanya hidangan rendang daging untuk Hari Raya menggunakan daging sapi. Rendang daging sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang dibuat dengan rempah-rempah khas dan campuran santan yang gurih.


Serundeng Daging



Serundeng daging adalah makanan khas Indonesia yang biasanya dijadikan lauk-pauk nasi. Terbuat dari daging yang dicampurkan dengan kelapa parut yang disangrai hingga kekuningan dengan bumbu-bumbu rempah nusantara. Serundeng daging ini biasanya hadir sebagai masakan untuk berbagai acara seperti hajatan dan juga cocok untuk momen spesial seperti Lebaran. Selain itu, masakan satu ini juga terbilang awet dan tahan lama kalau mau disimpan.


Empal Gentong



Empal gentong adalah masakan khas dari masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Hidangan satu ini biasanya terbuat dari daging sapi, usus, dan babat. Masakan ini biasanya disajikan dengan kucai dan sambal cabai kering giling, dan bisa dinikmati dengan nasi atau lontong ketupat sehingga pas banget kalau dijadikan ide masakan lebaran Idul Fitri.


Rawon Daging



Rawon merupakan salah satu hidangan asli Indonesia yang berasal dari kota Ponorogo. Hidangan ini berupa sup daging dengan kuah hitam yang dicampur dengan bumbu khas yang menggunakan kluwek. Kunci kelezatan rawon juga terletak pada kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda, maupun kulit. Menyajikan rawon sebagai masakan Lebaran Idul Fitri tentu bisa jadi ide hidangan ala kampung halaman yang nikmat.


Pindang Daging Sapi



Masakan khas dari Pekalongan satu ini terbuat dari daging sapi yang biasa dicampur dengan tetelan daging sapi. Pindang daging atau tetel disajikan dalam kuah bumbu pindang yang dicampur dengan kluwek. Meskipun namanya mengandung kata "pindang", masakan ini lebih mirip rawon dan disajikan dengan kerupuk udang. Hidangan ini biasa disajikan untuk acara-acara tertentu dan pastinya pas juga kalau mau disajikan buat pilihan hidangan Lebaran Idul Fitri.


Ayam Bumbu Rujak



Bagi sebagian orang Jawa, ayam bumbu rujak bukan hal yang asing lagi. Olahan ayam satu ini terbuat dari daging ayam muda (lemodo) yang dibumbui dengan bumbu rempah merah yang digiling. Warna merah khas dari bumbunya sendiri didapatkan dari perpaduan cabe merah dan gula merah. Hidangan ini disebut bumbu rujak karena mengandung banyak bumbu, yang umumnya digunakan dalam saus rujak buah seperti cabe dan gula jawa. Buat yang ingin alternatif olahan lain selain opor, ayam bumbu rujak bisa dijadikan pilihan masakan Lebaran Idul Fitri yang pas banget.


Semur Daging



Salah satu hidangan Lebaran yang terbuat dari daging lainnya adalah semur daging. Semur daging sendiri adalah hidangan daging yang direbus dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia. Oleh karena itu, jangan heran jika rasa semur daging identik dengan rasa yang manis. Tapi buat penyuka masakan pedas, bisa juga ditambahkan cabe biar lebih pas di lidah.


Telur Balado



Buat yang bosan dengan hidangan ayam dan daging melulu pada saat Lebaran, menu telur balado bisa dicoba sebagai alternatif pilihan. Telur balado memiliki rasa pedas yang menggigit dan tentunya sangat nikmat di lidah. Tidak hanya itu, hidangan ini juga mudah disiapkan dan cocok disajikan untuk acara kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa untuk menyajikan hidangan ini dengan nasi putih hangat dan bisa dikombinasikan dengan berbagai menu lainnya di sini. 


Pesmol Gurame



Buat yang ingin variasi lain dari menu daging ayam dan sapi, menu terakhir bisa jadi alternatif pilihan yang pas buat masakan Lebaran Idul Fitri yang nikmat, yakni pesmol ikan. Hidangan ini sering dijumpai di daerah Jawa Barat dan Jakarta. Ciri khas pesmol adalah ikan yang dimasak dengan bumbu kuning yang memberikan cita rasa gurih, asam, manis, dan pedas. Salah satu jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat pesmol adalah ikan gurame. Pesmol gurame cocok disajikan sebagai menu bersantap bersama keluarga dan tamu di rumah saat Lebaran.


Nah, itulah tadi berbagai ide masakan Lebaran Idul Fitri yang bisa dicoba sebagai hidangan saat hari kemenangan nanti. Pastinya hidangan tersebut enak banget dan cocok buat bersantap bersama keluarga ataupun sanak saudara yang datang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel