7 Contoh Personal Letter untuk Teman dan Terjemahannya

Kalau bicara soal surat-menyurat, pastinya banyak dari kamu yang bertanya “apa masih zaman komunikasi pakai surat di era seperti ini?” Well, sebenarnya surat itu masih akan tetap dan terus digunakan, hanya saja mungkin saat ini dan masa mendatang kebanyakan surat-menyurat dilakukan dengan cara yang lebih kekinian, yakni dengan menggunakan platform digital seperti aplikasi messenger dan email.

Image by ededchechine on Freepik


Dari sekian banyak jenis surat yang ada, personal letter atau surat pribadi merupakan salah satu surat yang biasanya akan kita pelajari di bangku sekolah. Personal letter sendiri merupakan jenis surat yang ditulis untuk menyampaikan pesan atau komunikasi antara dua orang atau lebih dalam hubungan personal, seperti antara teman, keluarga, atau pasangan. 

Nah, kebetulan, dalam artikel ini ContohText akan membahas contoh personal letter untuk teman dalam bahasa Inggris.

Personal letter umumnya ditulis dengan gaya yang lebih santai dan informal daripada jenis surat resmi, seperti surat bisnis atau surat lamaran kerja. Jadi, surat jenis ini biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang lebih santai dan lebih personal, seperti bahasa sehari-hari, yang disisipi humor, atau bahkan dialek atau slang yang spesifik bagi suatu kelompok atau wilayah. 

Kamu bisa membahas berbagai topik dalam surat jenis ini, seperti kabar terbaru, pengalaman pribadi, cerita tentang kehidupan sehari-hari, atau bahkan curhatan dan nasihat. 

Sebelum lebih jauh ke contoh personal letter untuk teman dalam bahasa Inggris dan artinya, akan lebih baik kalau kamu mempelajari terlebih dahulu struktur yang biasanya ada pada personal letter.


Struktur Umum Personal Letter

Berikut adalah struktur umum dari personal letter:

Heading atau penanggalan

Personal letter biasanya dimulai dengan penanggalan pada bagian atas kiri. Kamu dapat menuliskan tanggal lengkap, bulan, dan tahun. Heading ini biasanya lebih bersifat opsional pada personal letter, terlebih pada personal letter untuk teman, jadi untuk contoh personal letter untuk teman dalam bahasa Inggris yang ContohText berikan berikut tidak diikutsertakan. Kalau kamu ingin menambahkan, silahkan tambahkan sendiri.

Salutation

Setelah heading, tuliskan salam pembuka pada bagian kiri bawah. Contohnya bisa berupa “Dear [Nama Teman]” atau “Hi [Nama Teman]”.

Introduction

Bagian pembuka dimana kamu menyampaikan alasan kenapa kamu menulis surat tersebut, misalnya untuk menyampaikan kabar terbaru, menyampaikan pesan, atau sekedar menyapa.

Body

Bagian utama dari surat pribadi, dimana kamu dapat menulis detail tentang kehidupanmu, cerita kamu, perasaan, atau apa pun yang ingin kamu sampaikan kepada temanmu.

Conclusion

Bagian penutup dimana kamu dapat menuliskan kesimpulan dari surat, mengucapkan terima kasih, atau berharap mendengar kabar baik dari temanmu.

Closing atau Salutation

Setelah menulis bagian penutup, berikan salam penutup seperti “Sincerely”, “Yours truly”, atau “Regards”.

Signature

Tulis namamu dan tanda tangan di bawah salam penutup.


Contoh Personal Letter untuk Teman dalam Bahasa Inggris dengan Berbagai Topik

Nah, setelah kita mempelajari struktur umum dari personal letter di atas, langsung aja lanjut ke contoh personal letter untuk teman dalam bahasa Inggris dengan berbagai topik pembahasan di dalam isi suratnya biar lebih jelas dan mempermudah kita dalam mempelajarinya lebih jauh lagi.


Contoh Personal Letter untuk Teman di Luar Negeri

Dear [Friend's Name],


I hope this letter finds you well. It's been a while since we last talked, and I wanted to reach out and see how you're doing. I can't believe it's already been three years since we last saw each other!

How's everything going in Singapore? I'm sure you're having so many amazing experiences and seeing so many new things. I would love to hear all about it! How's school going for you? Are you making new friends and adjusting well to the new environment?

As for me, school has been pretty busy lately. I've been taking some challenging courses and trying to stay on top of my assignments. But I'm also involved in some extracurricular activities, which have been a lot of fun. I've been playing soccer on the weekends and volunteering at a local environmental conservation center.

I miss you so much, and I wish we could hang out and catch up in person. But for now, I hope we can keep in touch through letters and emails. Please write back and let me know how you're doing and what's new in your life. I'm always here if you need someone to talk to or if you just want to vent about the stresses of school.

Take care and stay safe!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman di Luar Negeri

Teruntuk [Nama Teman],


Aku harap bersamaan dengan surat ini kamu baik-baik saja di sana. Sudah lama sejak terakhir kali kita berbicara, dan aku ingin menghubungi dan bagaimana kabarmu di sana. Aku tidak percaya sudah 3 tahun sejak terakhir kali kita bertemu!

Bagaimana kabar semuanya di Singapura? Aku yakin kau mengalami begitu banyak pengalaman luar biasa dan melihat begitu banyak hal baru. Aku akan senang mendengar semua hal tersebut! Bagaimana sekolahmu? Apakah kamu menjalin pertemanan baru dan menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan baru?

Bagiku, sekolah akhir-akhir ini cukup sibuk. aku telah mengambil beberapa kursus yang menantang dan mencoba untuk tetap fokus mengerjakan tugas-tugasku. Tapi aku juga terlibat dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler, yang sangat menyenangkan. Aku telah bermain sepak bola di akhir pekan dan menjadi sukarelawan di pusat perlindungan lingkungan setempat.

Aku sangat merindukanmu, dan aku berharap kita bisa jalan-jalan dan bertemu langsung. Tapi untuk saat ini, aku harap kita bisa tetap berhubungan melalui surat dan email. Tolong balas dan kabari aku mengenai dirimu dan apa yang baru dalam hidupmu. Aku selalu di sini jika kau membutuhkan seseorang untuk diajak bicara atau jika kau hanya ingin curhat tentang tekanan sekolah.

Jagalah diri baik-baik!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman di Luar Kota

Dear [Friend's Name],


I hope this letter finds you enjoying life to the fullest. It's been a while since we last talked, and I wanted to see how you're doing. I miss hanging out with you and all the fun times we had when we were in the same city.

How's everything going in Jakarta? I hope you're settling in well and enjoying your new surroundings. Things have been going well for me here in Surabaya, but I do miss having you around.

I've been keeping busy with school and some extracurricular activities. I've also been exploring some new places in the city and trying out new culinary spots here. Have you discovered any new places that you would recommend?

We should plan a visit soon and catch up in person. Let me know when you're free, and we can make some plans. I would love to see you and hear all about your new life in Jakarta.

Take care and stay in touch!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman di Luar Kota

Teruntuk [Nama Teman],


Aku harap bersamaan dengan surat ini kamu bahagia di sana. Sudah lama sejak kita terakhir berbicara, dan aku ingin tahu bagaimana kabarmu. Aku rindu berkumpul denganmu dan semua saat-saat menyenangkan yang kita alami saat kita berada di kota yang sama.

Bagaimana kabarmu di Jakarta? Aku harap kamu menetap dengan baik dan menikmati lingkungan barumu. Segalanya berjalan baik bagiku di sini, di Surabaya, tetapi aku sangat merindukan kehadiranmu.

Aku sibuk dengan sekolah dan beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Aku juga menjelajahi beberapa tempat baru di kota dan mencoba tempat kuliner baru di sini. Apa kamu sudah menemukan tempat baru yang akan kamu rekomendasikan?

Kita harus segera merencanakan kunjungan dan bertemu langsung. Beri tahu aku saat kau senggang, dan kita dapat membuat beberapa rencana. Aku akan senang berjumpa denganmu dan mendengar semua tentang kehidupan barumu di Jakarta.

Jaga diri baik-baik!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman Masa Kecil

Dear [Friend's Name],


It's a pleasure to write to you today. I hope you're doing well. It's been so long since we last talked, and I wanted to reach out and catch up with you. I can't believe how much time has passed since we were kids playing together!

I still remember all the fun times we had growing up, like playing in the park, having sleepovers, and celebrating birthdays together. Those memories will always be special to me, and I'm grateful to have had you as a friend all these years.

How's everything going for you now? What have you been up to? I'm currently in my 8th year of school, and things have been pretty busy with classes and extracurricular activities. I'm involved in the drama club and have been performing in school plays, which has been a lot of fun.

I miss hanging out with you and doing all the things we used to do together. I hope we can catch up soon and reminisce about old times. Please write back and let me know how you're doing and what's new in your life.

Take care and stay in touch!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman Masa Kecil

Teruntuk [Nama Teman],


Senang bisa menyuratimu hari ini. Aku harap kamu baik-baik saja. Sudah lama sekali sejak terakhir kali kita berbicara, dan aku ingin menghubungimu dan menjumpaimu. Aku tidak percaya berapa banyak waktu telah berlalu sejak kami masih kecil bermain bersama!

Aku masih ingat saat-saat menyenangkan saat kami tumbuh dewasa, seperti bermain di taman, menginap, dan merayakan ulang tahun bersama. Kenangan itu akan selalu istimewa bagiku, dan aku bersyukur memilikimu sebagai teman selama ini.

Bagaimana kabarmu sekarang? Apa saja yang telah kamu kerjakan? Saat ini aku berada di tahun ke-8 sekolah, dan banyak hal yang cukup sibuk dengan kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Aku terlibat dalam klub drama dan telah tampil di drama sekolah, yang sangat menyenangkan.

Aku rindu berkumpul denganmu dan melakukan semua hal yang biasa kita lakukan bersama. Aku harap kita bisa segera menyusul dan mengenang masa lalu. Tolong balas dan kabari aku tetang dirimu dan apa yang baru dalam hidupmu.

Berhati-hatilah dan jangan putus hubungan!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman Menceritakan Pengalaman Akhir Pekan

Dear [Friend's Name],


Warm greetings to you! I hope this letter finds you happy and healthy. I wanted to tell you about my weekend and all the fun things I did. I think you'll enjoy hearing about it!

On Saturday, I went hiking with some friends. We went to a nearby nature preserve and hiked through some beautiful trails. The views were amazing, and it was such a peaceful escape from the city. We even saw some wildlife, including a deer and a few birds.

On Sunday, I went to the farmer's market and picked up some fresh produce. I love going to the market and supporting local farmers. I got some delicious mangos, guavas, mushrooms, and some vegetables to make a stir-fry for dinner.

In the evening, I caught up on some reading and watched a comedy movie. It was a relaxing way to end the weekend and recharge for the upcoming week.

How was your weekend? What did you do? I would love to hear all about it.


Take care and talk to you soon!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman Menceritakan Pengalaman Akhir Pekan

Teruntuk [Nama Teman],


Salam hangat untukmu! Aku harap bersamaan dengan surat ini kamu sehat dan bahagia di sana. Aku ingin memberi tahumu tentang akhir pekanku dan semua hal seru yang aku lakukan. Aku rasa kamu akan senang mendengarnya!

Pada hari Sabtu, aku pergi hiking dengan beberapa teman. Kami pergi ke cagar alam terdekat dan mendaki beberapa jalur yang indah. Pemandangannya menakjubkan, dan itu merupakan sebuah pelarian yang damai dari kota. Kami bahkan melihat beberapa satwa liar, termasuk rusa dan beberapa burung.

Pada hari Minggu, aku pergi ke pasar rakyat dan membeli beberapa produk segar. Aku suka pergi ke pasar dan mendukung petani lokal. Aku mendapatkan beberapa mangga yang enak, jambu biji, jamur, dan beberapa sayuran untuk ditumis untuk makan malam.

Di malam hari, aku membaca dan menonton film komedi. Itu adalah cara yang santai untuk mengakhiri akhir pekan dan memulihkan tenaga untuk minggu yang akan datang.

Bagaimana akhir pekanmu? Apa yang kamu lakukan? Aku ingin sekali mendengar semua tentang itu.


Jaga diri dan semoga kita segera bertemu!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman tentang Pengalaman Berpartisipasi Mengikuti Futsal

Dear [Friend's Name],


I hope this letter finds you well. I wanted to share some exciting news with you. Last weekend, I joined a futsal competition with my school team and it was so much fun!

We played against some really tough teams, but we managed to win our first game. The second game was even tougher, but we ended up tying. It was such a thrilling experience to compete and play alongside my teammates.

During the competition, I got to meet some new people and make some new friends. It was great to be a part of a team and work together towards a common goal.

I'm looking forward to our next competition and hope we can continue to improve and grow as a team.

How have you been? What have you been up to lately? I would love to hear all about it.

Take care and talk to you soon!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman tentang Pengalaman Berpartisipasi Mengikuti Futsal

Teruntuk [Nama Teman],


Aku harap bersamaan dengan surat ini kamu baik-baik di sana. Aku ingin berbagi beberapa kabar menarik denganmu. Akhir pekan lalu, aku mengikuti kompetisi futsal dengan tim sekolahku dan itu sangat seru!

Kami bermain melawan beberapa tim yang sangat tangguh, tetapi kami berhasil memenangkan pertandingan pertama kami. Pertandingan kedua bahkan lebih sulit, tetapi kami akhirnya bermain imbang. Itu adalah pengalaman yang mendebarkan untuk bersaing dan bermain bersama rekan satu timku.

Selama kompetisi, aku bertemu dengan beberapa orang baru dan mendapatkan beberapa teman baru. Sangat menyenangkan menjadi bagian dari tim dan bekerja sama menuju tujuan bersama.

Aku menantikan kompetisi kami berikutnya dan berharap kami dapat terus meningkat dan tumbuh sebagai sebuah tim.

Bagaimana kabarmu? Apa aktifitas kamu baru-baru ini? Aku ingin sekali mendengar semua tentang itu.

Jaga diri dan semoga kita segera ketemu!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman tentang Memenangkan Lomba Game Online

Dear [Friend's Name],


Warm greetings to you! I hope this letter finds you well. I wanted to share some exciting news with you. Last week, I participated in an online game competition and won first prize! I was so happy and proud of myself.

The competition was intense, and there were so many skilled players from different parts of the world. I had to use all my gaming skills and strategies to win the game. It was such a thrilling experience to compete at such a high level.

Winning the competition has motivated me to continue playing and improving my skills. I've been practicing and playing with some new friends I met during the competition.

How have you been? What have you been up to lately? I would love to hear all about it.

Take care and talk to you soon!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman tentang Memenangkan Lomba Game Online

Teruntuk [Nama Teman],


Salam hangat! Aku harap kau baik-baik saja saat ini. Aku ingin berbagi beberapa kabar seru padamu. Minggu lalu, aku berpartisipasi dalam kompetisi game online dan memenangkan hadiah pertama! Aku sangat senang dan bangga pada diriku.

Persaingan sangat ketat, dan ada begitu banyak pemain terampil dari berbagai belahan dunia. Aku harus menggunakan semua keterampilan dan strategi permainanku untuk memenangkan permainan. Hal tersebut merupakan pengalaman yang mendebarkan untuk bersaing di level setinggi itu.

Memenangkan kompetisi telah memotivasiku untuk terus bermain dan meningkatkan keterampilanku. Aku telah berlatih dan bermain dengan beberapa teman baru yang aku temui selama kompetisi.

Bagaimana kabarmu? Apa aktifitas kamu baru-baru ini? Aku ingin sekali mendengar semua tentang itu.

Jaga diri dan semoga kita segera berjumpa!


Salam,


[Namamu]


Contoh Personal Letter untuk Teman tentang Perasaan Lulus SNMPTN

Dear [Friend's Name],


I hope this letter finds you well. I wanted to share some exciting news with you. I recently got accepted into one of the top universities after passing SNMPTN. I am thrilled and cannot wait to start this new chapter in my life after graduating from senior high school.

The admission process was rigorous and competitive, but I worked hard and prepared well. I spent countless hours studying for the entrance exams. All the hard work paid off, and I am proud of myself for achieving this milestone.

I'm excited to learn from some of the best professors and be a part of a diverse student community. I'm also looking forward to exploring the campus and the city, and making new friends.

How have you been? What have you been up to lately? I would love to hear all about it.


Take care and talk to you soon!


Best regards,


[Your Name]


Terjemahan Personal Letter untuk Teman tentang Perasaan Lulus SNMPTN

Teruntuk [Nama Teman],


Bersamaan surat ini, aku harap kau baik-baik saja saat ini. Aku ingin berbagi beberapa berita menarik denganmu. Aku baru saja diterima di salah satu universitas ternama setelah lulus SNMPTN. Aku sangat senang dan tidak sabar untuk memulai babak baru dalam hidupku setelah lulus dari sekolah menengah atas.

Proses penerimaannya ketat dan kompetitif, tetapi aku bekerja keras dan mempersiapkan diri dengan baik. Aku menghabiskan waktu berjam-jam belajar untuk ujian masuk. Semua kerja keras terbayar, dan aku bangga pada diriku sendiri karena mencapai pencapaian seperti ini.

Aku senang belajar dari beberapa profesor terbaik dan menjadi bagian dari komunitas mahasiswa yang beragam. Aku juga menantikan untuk menjelajahi kampus dan kota, dan mencari teman baru.

Bagaimana kabarmu? Apa aktifitas kamu baru-baru ini? Aku ingin sekali mendengar semua tentang itu.

Berhati-hati dan aku harap bisa segera jumpa!


Salam,


[Namamu]


Nah, itulah tadi 7 contoh personal letter untuk teman dalam bahasa Inggris dan arti terjemahannya. Semoga contoh personal letter untuk teman tersebut bisa jadi referensi buat kamu untuk menuliskan sendiri surat personal letter-mu dan mempermudahmu dalam belajar bahasa Inggris, khususnya terkait materi personal letter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel