Review dan Pengalaman Pakai Gamepad Murah Rexus GX1

Setelah di postingan sebelumnya aku membahas gamepad murah dari Logitech, yakni Logitech F310, kali ini aku juga masih akan berbagi pengalaman dan kesan-kesan dalam menggunakan gamepad murah lainnya yakni Rexus GX1. Gamepad besutan Rexus ini memang lumayan cocok banget buat yang ingin cari gamepad PC mudah entry level yang berfungsi sebagaimana mestinya sebuah kontroller standar.

harga gamepad rexus gx1


Aku beli gamepad Rexus GX1 ini sekitar pertengahan tahun 2021, tepatnya di bulan April, jadinya sudah lumayan lama dan juga sudah cukup tahu seluk beluknya. Jadi kalau ditanya apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh gamepad murah besutan Rexus satu ini, sudah pasti tahu dong.

Disclaimer aja, semua yang aku tuliskan ini murni pengalaman dan pendapatku pribadi aja dalam menggunakan gamepad Rexus GX1, jadi kalau kamu ada pengalaman yang tidak seusai dengan apa yang aku tuliskan di sini, itu sangat mungkin terjadi dan sah-sah saja.

Desain dan Konektivitas

harga gamepad rexus gx1

Dari segi desain aku lumayan suka dengan gamepad besutan Rexus satu ini. Gamepad murah Rexus GX1 ini memiliki desain yang mirip banget dengan DualShock 4 dari PS4. Dengan layout tombol yang sama dan analog sejajar, membuat orang yang terbiasa pakai stik PS pasti juga akan langsung terbiasa menggunakan gamepad satu ini. Cuma kalau kamu lebih prefer layout Xbox yang analognya di atas D-pad, mungkin agak kurang cocok atau perlu penyesuaian.

Di genggaman tangan sih lumayan nyaman dan untuk dipakai berlama-lama main game juga pas dan tidak melelahkan. Pengalaman menekan tombolnya juga standar dan nyaman, tidak terlalu clanky. Bagian body plastik semua dibuat ada tekstur, tapi menurut aku sama sekali tidak membantu grip dan kesannya cuma tampilan aja. Huruf di bagian tombol A, B, X, dan Y itu ada di dalam lapisan tombol jadi hampir tidak mungkin memudar.

Gamepad murah Rexus GX1 ini memiliki konektivitas berupa USB 2.0 dengan panjang 2 meter (50 cm Micro USB + 150 cm kabel tambahan). Dengan adanya Micro USB ini sebenarnya gamepad ini mengindikasikan kalau mereka mau mendukung untuk para user Android. Tapi kalau Smartphone kamu menggunakan USB type-C, mungkin bakal tetap butuh adapter juga.

Kalau menurut aku sendiri, panjang kabel 2 meter ini sudah cukup nyaman kalau buat main di PC. Soalnya kebanyakan juga mainnya di kursi jadi gak terlalu jauh juga jaraknya. Buat yang ingin main sambil rebahan di lantai atau sofa yang cukup jauh mungkin agak sulit.

Build Quality

Untuk build quality dari gamepad murah Rexus GX1 ini mungkin aku tidak bisa berbicara banyak, sama aja seperti gamepad murah pada umumnya dan dengan harga gamepad Rexus GX1 yang berada di rentang 100 ribuan lebih sedikit, menurut aku worth it aja.

Dari pengalaman aku menggunakan gamepad ini sekitar 7 bulanan untuk gamepad utama bermain game, aku mendapatkan kerusakan di bagian RT atau trigger kanannya yang bagian dalamnya buat poros patah. Tapi untungnya masih bisa aku perbaiki dengan menggunakan lem G atau lem Korea dan bisa berfungsi normal kembali.

Untuk semua tombol dan analog, aku hampir tidak menemukan masalah. Sejauh ini sampai artikel ini ditulis, aku masih biasa menggunakannya buat main game multiplayer bareng teman dan berfungsi normal. Jadi, bisa aku bilang untuk harga gamepad Rexus GX1 ini sesuai banget dengan kualitas dan daya tahan yang ditawarkan.

Fitur dan Kompatibilitas

harga gamepad rexus gx1

Menurut aku tidak ada yang spesial dari fitur yang disediakan gamepad Rexus GX1 ini, sama seperti kebanyakan gamepad murah lainnya. Di bagian belakang, ada tombol switch yang bisa ganti mode Xinput atau Dinput. Selain itu, di bagian depan ada tombol turbo dan clear yang bisa kamu pakai buat spamming tombol tertentu saat main game, biasanya buat spamming nembak pas main game FPS. Aku sendiri belum pernah sama sekali pakai fitur ini. Jadi ya tidak terlalu berguna juga fitur ini buat aku pribadi.

Salah satu kekurangan gamepad murah ini menurut aku trigger-nya kurang presisi. Kalau ditekan sedikit aja indikatornya udah langsung ke 30%. Jadi, kalau mau main game balapan dengan pengalaman pedal gas yang presisi dari 0% sampai 100%, gamepad ini tidak cocok. Gamepad murah lain, Logitech F310 malah menawarkan trigger yang jauh lebih presisi meskipun kalau ditekan rasanya lebih keras.

Untuk kompatibilitasnya, seperti yang sudah aku singgung di atas tadi, gamepad murah ini mendukung buat berbagai platform, seperti Android, PS 3 (belum aku coba, tapi di covernya tertulis begitu), dan juga Windows PC versi 7,8, dan 10.

Harga Gamepad Rexus GX1

harga gamepad rexus gx1

Aku beli gamepad Rexus GX1 ini dulu dengan harga Rp 159.000 (sudah termasuk ongkir). Dan per artikel ini ditulis, aku cek di berbagai toko online harga gamepad Rexus GX1 ini masih ada di Rp 145.000’an.

Kesimpulan

Untuk gamepad murah di harga Rp 150 ribuan, gamepad Rexus GX1 ini lumayan worth it menurut aku. Kalau kamu sebelumnya suka pakai gamepad random alias abal-abal dengan harga 50 ribuan, tentu upgrade ke Rexus GX1 ini bakal meningkatkan pengalaman bermain. 

Kamu gak akan lagi menemukan masalah gamepad random seperti koneksi kabel yang bermasalah, stik gampang rusak dalam hitungan beberapa bulan, dan tombol yang tiba-tiba gak respon di Rexus GX1. Buat yang berminat, kamu bisa beli gamepad Rexus GX1 di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel