Review dan Pengalaman Menggunakan Gamepad Murah Logitech F310

Sebagai seorang yang suka main game di PC, controller atau gamepad menurut aku merupakan gaming gear yang penting banget untuk bisa menghadirkan pengalaman bermain yang mengesankan layaknya di console seperti PS, Xbox, ataupun Nintendo Switch. Dari sekian banyak gamepad PC di pasaran, Logitech F310 menurut aku lumayan layak dikatakan sebagai gamepad murah yang layak banget.

logitech f310


Sebenarnya Logitech gamepad F310 ini merupakan produk gamepad yang tidak bisa dibilang baru karena sudah mulai diperkenalkan semenjak tahun 2003 silam. Aku sendiri mencoba beli gamepad Logitech F310 ini di akhir 2019’an. Jadi, aku juga sudah pakai gamepad ini lumayan lama dan mau berbagi pengalaman serta review jujur mengenai gamepad seri F pertama besutan Logitech satu ini.

Konektivitas

Untuk konektivitasnya, gamepad Logitech F310 ini masih menggunakan kabel USB 2.0 yang tentu saja bisa dipastikan lumayan responsif untuk bermain game. Panjang kabelnya sendiri yaitu sekitar 1,8 meter, jadi ya cukup menyediakan jarak yang lumayan fleksibel. 

Aku sendiri tidak terlalu ambil pusing terkait konektivitas ini karena biasa main game di kursi dan tidak terlalu jauh juga jaraknya. Tapi kalau kamu tipe pemain game yang santai sambil rebahan mungkin bisa sedikit merepotkan pakai gamepad kabel seperti ini.

Desain

Salah satu hal yang membuat aku membeli gamepad murah untuk PC ini yaitu karena desain dan tata letak tombolnya itu khas stik PS dengan dua analog sejajar dan bagian sisi kanan digunakan untuk tombol D-pad. Aku sendiri sudah terbiasa dengan desain gamepad PS dari kecil jadi ya lumayan nyaman dan mudah beradaptasi. Tapi kalau kamu sudah terbiasa dengan tata letak gamepad Xbox mungkin agak kurang nyaman dan butuh penyesuaian juga.

Kekurangan dari desain yang mirip stik PS 3 ini membuat Logitech F310 agak kurang nyaman kalau buat berlama-lama main game. Hal ini aku rasakan sendiri dengan dua gamepad murah lain buat pembanding dari Fantech GP12 dan Rexus GX1.

logitech f310


Meski ketiganya memiliki tata letak tombol yang sama dengan stik PS, namun bentuk gamepad Fantech dan Rexus itu lebih ergonomis seperti desain gamepad modern dari Xbox One dan PS4 jadinya lebih nyaman dipegang berlama-lama. Sementara kalau Logitech F310 itu bagian bawahnya terlalu cekung dan sempit, khas gamepad jadul.

Kalau kamu tipe pemain yang tidak terlalu lama main game, semisal sekitar 1 jam saja mungkin tidak akan terlalu berpengaruh dan bisa tetap nyaman.

Build Quality

Sama halnya dengan produk Logitech pada umumnya, Logitech F310 ini juga memiliki kualitas lumayan baik dikelasnya. Kualitas bahan plastik untuk body juga lumayan bagus sebanding dengan harga gamepad Logitech F310. Selain body, tombol-tombolnya juga terasa begitu solid. Cukup nyaman juga buat dipencet-pencet dan tidak terlalu clanky jadi tidak terkesan murahan. 

Untuk topi analognya masih menggunakan desain ala stik PS Sony jaman dulu jadi masih seperti jamur polos yang tidak memiliki grip cekungan di bagian tengah jamur analognya. Aspek lain yang membuat tangan aku kurang nyaman menggunakan gamepad ini untuk bermain game lama yakni tombol triggernya yang cukup keras dibandingkan dengan 2 gamepad lain yang aku punya.

Untuk durability, Logitech F310 ini memiliki daya tahan yang bagus. Pas awal beli aku pakai lumayan intens buat main game karena ini gamepad satu-satunya dulu, baru selang waktu 1,5 tahunan analog kanannya agak bermasalah kurang presisi sudah longgar. 

Tapi untungnya buat mengatasi masalah ini mudah banget tinggal ganti dengan modul analog baru harganya murah sekitar 15 ribuan per piece. Jadi sampai artikel ini aku tulis gamepad Logitech F310 ini masih normal semua, baik kabelnnya, tombol-tombolnya, dan masih bekerja dengan baik.

Fitur

logitech f310


Layaknya gamepad murah lainnya, fitur yang diberikan Logitech F310 ini terbilang standar. Di bagian belakang ada tombol switch untuk beralih mode Xinput atau Dinput. Selain itu, di bagian depan ada tombol “mode” yang bisa digunakan untuk switch tombol D-pad ke Analog.

logitech f310


Yang membuat aku lumayan terkesan yakni tombol triggernya itu sangat presisi dibanding dengan gamepad murah di kelasnya. Jadi kalau kamu mau main game balapan yang ingin sensasi trigger gas presisi, gamepad ini menurut aku lumayan cocok.

Tapi sangat disayangkan gamepad Logitech F310 ini belum memiliki fitur rumble alias vibration. Buat aku yang sudah terbiasa dengan vibration di gamepad, kalau memakai gamepad F310 ini serasa ada yang kurang. Karena tidak memiliki rumble alias motor getar, bobotnya juga jadi terasa ringan.

Harga Gamepad Logitech F310

logitech f310


Untuk harganya sendiri, dulu aku beli di harga sekitar 250 ribuan. Dan aku cek lagi harga gamepad Logitech F310 ini masih sama ya di rentang 250-280 ribuan.

Kesimpulan

Buat kamu gamer entry level yang terbiasa menggunakan stik random yang biasa harganya 50 ribuan, gamepad Logitech F310 ini cocok banget buat dicoba. Dengan gamepad murah ini, kamu gak akan menemukan lagi masalah stik 50 ribuan yang gampang banget rusak, entah itu bagian tombol, analog, hingga kabelnya yang gak stabil.

Dengan harga gamepad Logitech F310 murah di sekitar 250 ribuan, kamu sudah bisa merasakan pengalaman bermain game yang lumayan bagus dan tentunya daya tahan gamepad yang sudah tidak perlu dipertanyakan. Jadi, buat kamu yang tertarik beli gamepad PC murah dari Logitech ini, bisa langsung beli Logitech F310 di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel