Pentingnya Entrepreneurship Mindset dalam Membangun Usaha

Kini kemajuan teknologi membuat semua orang bisa berbisnis dengan mudah. Meskipun begitu tidak semua bisnis tersebut akan berhasil dan tahan lama. Banyak yang tiba-tiba tumbang atau bertahun-tahun lamanya hanya mandek dan tidak berkembang. Seseorang dengan modal uang yang banyak dan latar belakang pendidikan yang mumpuni tidak menjamin bisa mengelola bisnis secara kreatif dan disiplin.

entrepreneurship mindset kuncie


Perlu diketahui bisnis-bisnis pesat yang kita lihat sekarang adalah puncak kesuksesan perusahaan yang dibangun di atas puing-puing kegagalan masa lalu. Kegagalan-kegagalan yang bermacam-macam bentuknya itu kemudian diubah menjadi pembelajaran yang kelak memperkukuh perusahaan. 

Yang utama dalam memulai bisnis adalah kita harus membenahi pola pikir, terlebih jika sebelumnya kita adalah karyawan/pekerja tradisional yang lingkup kerjanya sangat berbeda dengan dunia bisnis. Biasanya para pegawai itu selalu bekerja searah dengan perintah dan tuntutan perusahaan sehingga berpengaruh pada cara berpikir mereka menjadi cenderung monoton dan hitam-putih. Dalam memulai bisnis cara berpikir seperti demikian harus segera disingkirkan.   

Dalam dunia usaha, kita mengenal entrepreneurship mindset yang merupakan serangkaian pola pikir dan cara hidup yang dikembangkan oleh pengusaha sebagai hasil dari pengalaman panjang dalam mengelola bisnisnya.  Oleh karena itu pola pikir dan cara hidup ini tidak serta merta muncul dengan sendirinya. Ia tumbuh dari proses panjang dalam memahami, menganalisis, mempraktekkan peluang dan taktis usaha. 

Entrepreneur mindset ini yang perlu ditanamkan matang-matang. Seorang dengan entrepreneur mindset selalu berpikir bahwa bahwa tanpa percobaan segala sesuatu tidak dapat dimulai. Analisis yang kita lakukan dalam kepala hanyalah imajinasi tanpa pembuktian. Memang setiap langkah besar mengandung resiko yang tak kalah besar pula. Tetapi bagi entreprenur sejati resiko tersebut akan diolah menjadi senjata baru untuk menghadapi problem yang sama yang timbul kemudian hari.

Entrepreneurship mindset ini sangatlah penting bagi individu yang baru memulai usahanya. Bahkan lebih penting dari pengumpulan modal bisnis. Modal bisnis yang melimpah tidak berguna jika sumber daya manusia yang mengelolanya adalah pribadi yang lembek dengan nalar bisnis yang carut marut. 

Memang mengubah pola pikir tidak semudah menjentikkan jari. Mungkin bagi awam menumbuhkan mindset ini terlihat mudah. Sekilas kita hanya perlu berani mengambil resiko dan belajar dari pengalaman. Namun untuk menjalaninya tidak akan semudah itu. 

Mindset ini benar-benar menuntut kecerdasan, keuletan dan kedisiplinan tingkat tinggi. Jika niat kita sudah mantap, perlahan kita bisa mengubahnya dengan banyak belajar dari misalnya mentor bisnis yang tepat atau cerita pengalaman orang-orang yang telah sukses lebih dulu. 

Lalu apa saja entrepreneur mindset yang perlu dimiliki seorang pengusaha?

1. Cita-cita yang tinggi

Untuk menuntut kerja yang paling optimal kita perlu menggantungkan harapan yang sedemikian besar dan tinggi di atas kepala. Visi yang tinggi terhadap bisnis yang dimiliki akan menjadi bahan bakar untuk bekerja cerdas dan keras. Indikator kemajuan perusahaan juga kian terarah dan terkonsep jika dari awal kita sudah menyiapkan potensi paling optimal dari perusahaan. 

Cita-cita yang tinggi juga membuat perusahaan kian inovatif dan kreatif. Strategi-strategi baru akan muncul seiring dengan banyaknya rencana perusahaan yang ingin dicapai. Sebagai pengusaha anda harus memiliki mindset ini supaya perusahaan anda terus berkembang mencari versi terbaik dirinya.

2. Terus memperkaya ide dan menciptakan peluang

Ide-ide segar harus selalu dicari supaya perusahaan tidak kalah bersaing dengan perubahan jaman yang kian tahun selalu menuntut untuk semakin modern dan inovatif. Ide-ide dapat dicari dari mana saja. Seorang dengan entrepreneurship mindset terus menerus mendapat ide segar dari berjejaring dengan banyak orang serta membaca banyak buku. 

Setiap sedikit saja perubahan jaman yang terjadi seorang pengusaha harus dapat menggali ide dari sana untuk kemudian diubah menjadi peluang untuk berbisnis. Jika kita lengah sedikit saja, ide dan peluang baru akan diserobot lebih dulu oleh pesaing.

Ide baru juga penting supaya perusahaan terus menerus hadir dan diingat oleh masyarakat yang sifatnya secara umum cepat bosan. Tentunya selain pemasukan tetap berjalan lancar sebagai hasil dari produk yang variatif. 

3. Berani mengambil resiko

Setelah menetapkan rencana, menemukan ide serta mencari peluang, seorang pengusaha perlu mengambil resiko untuk mewujudkannya. Seorang pengusaha sejati bukanlah pakar teori karena bisa saja yang terjadi di lapangan sangat berbeda dengan teori pribadi. 

Apalagi dari awal, bisnis memang  sebuah pekerjaan yang penuh resiko. Dari awal memulai kita dihadapkan dari resiko kehilangan modal, resiko mengambil keputusan yang salah, resiko bangkrut dan banyak lagi. Tetapi di balik resiko tersebut terdapat keuntungan yang sebanding bahkan lebih besar. 

Meski kita menyadari bahwa resiko adalah item yang akan selalu mengikuti setiap percobaan usaha, kita juga harus tetap meminimalisir dengan cara misalnya berkonsultasi dengan pakar, bisnis plan yang efektif, survey yang teliti dan siap menerima kritik dari semua komponen. 

4. Motivasi kuat dan tidak pernah puas

Motivasi tinggi dari pengusaha adalah bangunan dalam diri yang tidak akan ambruk meski diterjang segala problem bisnis. Ia yakin dengan potensi yang dimiliki perusahaannya, ia bisa bangkit kembali. Motivasi yang kuat dari pemimpin ini juga akan menular kepada karyawannya sehingga tim yang terbentuk juga akan berusaha lebih keras lagi. 

Selain itu sifat tidak pernah puas juga perlu ditanamkan terus menerus oleh pengusaha. Seorang pengusaha harus terus belajar karena merasa tidak cukup pintar, harus selalu mencoba hal baru karena tidak cukup inovatif dan lain sebagainya.

Itulah beberapa mindset yang perlu dibangun dalam diri pengusaha. Untuk mempelajari mindset tersebut Anda perlu melatihnya terus menerus supaya berkembang menjadi karakter pribadi yang melekat. Kalau perlu Anda juga bisa belajar dari pakar bisnis yang telah mumpuni. Aplikasi Kuncie bisa menjadi solusi dalam menangani problem mindset Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel