5 Cara Belajar Bahasa Inggris Online yang Seru dan Gak Membosankan!

Meski bahasa Inggris bukan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, tapi fakta kalau bahasa Inggris merupakan bahasa global yang digunakan dalam perdagangan, komunikasi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan sebagian besar media internasional, membuatnya menjadi bahasa yang sangat penting untuk dikuasai di era digital seperti sekarang ini.

Walaupun tahu akan seberapa pentingnya bahasa Inggris di era modern ini, kita kerap malas mempelajarinya dengan alasan yang klise, yaitu susah dan ngebosenin. Apalagi di tengah pandemi covid seperti ini, rasa malas buat keluar mengikuti kursus di bimbel terdekat pasti makin menjadi-jadi.

Tapi untungnya kita sangat dipermudah oleh internet dan kecanggihan teknologi seperti sekarang. Jadi meski di rumah aja, kita tetap bisa belajar bahasa Inggris online dengan cara-cara yang seru. Nah, kalau kamu penasaran bagaimana cara agar proses belajar online kamu lebih menyenangkan dan seru, simak kiatnya berikut ini.

Nonton Video YouTube atau Film

belajar bahasa inggris online nonton film

Siapa sangka kegiatan yang banyak disangka cuma menghabiskan waktu ini ternyata bisa bermanfaat buat belajar bahasa Inggris kalau dilakukan dengan cara yang tepat. Seperti yang kita tahu sendiri kalau video YouTube bisa dinikmati gratis, sementara kalau buat nonton film bisa menggunakan layanan streaming yang banyak tersedia.

Topik video atau genre film yang kamu tonton bisa disesuaikan dengan selera yang kamu suka, tapi harus yang menggunakan bahasa Inggris. Kalau kamu masih tahap pemula banget, kamu bisa menggunakan subtitle supaya bisa memahami maksud percakapan yang ada. Dengan cara menonton ini, kita bisa mengetahui secara langsung bagaimana sebuah kalimat digunakan sesuai konteksnya. Selain itu, dengan mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris, secara tidak langsung kita coba membiasakan bagaimana pelafalan yang benar dari sebuah kata sehingga listening skill kamu bakal terasah banget di sini. Dan yang pasti kamu gak bakal cepat bosen karena suka dengan apa yang sedang kamu tonton.

Dengerin Musik, Podcast, Audiobook

belajar bahasa inggris online dengerin musik

Cara belajar bahasa Inggris seru yang kedua ini juga cukup efektif. Sama dengan poin pertama tadi, pilih juga genre musik atau topik pembahasan audiobook yang kamu sukai. Untuk yang masih pemula banget, mendengarkan lagu berbahasa Inggris sangat berguna untuk menambah kosa kata. Selain itu, musik juga lebih cepat membuat kita hafal dengan kosa kata tersebut. Kalau ada kata yang sulit, tinggal buka kamus.

Sementara itu audiobook dan podcast memiliki cakupan kosa kata yang lebih luas. Dengan mendengarkan podcast atau audiobook, kita juga bisa melatih listening skill dengan berbagai kosa kata dan kalimat yang sering digunakan sehari-hari.

Ikut Group atau Forum Belajar di Media Sosial

belajar bahasa inggris online chatting

Kalau kamu tipe orang yang online untuk main medsos, ada baiknya kamu coba ikut group belajar bahasa Inggris yang saat ini udah banyak tersebar, baik di Facebook, Twitter, IG, Kaskus atau aplikasi chatting yang lainnya. Kamu bisa mengajak chatting atau video call para anggota yang kebetulan juga sedang belajar bahasa Inggris. Selain menambah kenalan, kita juga bisa meningkatkan kemampuan dalam percakapan.

Main Game

belajar bahasa inggris online main game

Jujur, alasan pertama saya dulu suka bahasa Inggris itu karena game. Saya banyak sekali belajar kosa kata dan kalimat dari game-game yang saya mainkan. Buat yang mau coba, usahakan untuk memainkan game yang memiliki genre RPG. Mengingat game RPG memiliki banyak sekali quest atau misi yang harus diselesaikan dengan membaca petunjuk yang disediakan, mau tidak mau kita harus mengerti dan menerjemahkan kata atau kalimatnya. Kalau kamu masih pemula, ada baiknya siap-siap kamus deh.

Terlebih lagi game online sekarang memungkinkan para pemainnya untuk bisa berkomunikasi satu sama lain dari berbagai belahan dunia. Sehingga tak hanya vocabulary dan reading skill yang bertambah, tapi kemampuan lain seperti listening dan speaking juga akan ikut berkembang.

Buat yang tidak terlalu suka game berat yang punya jalan cerita panjang, tak usah khawatir karena masih ada game casual yang cocok banget untuk meningkatkan vocabulary kamu. Yup, bener banget Scrabble. Game ini mirip dengan teka-teki silang namun menggunakan kata dalam bahasa Inggris. Main game ini bakal menantang wawasan kamu akan seberapa banyak kosa kata yang kamu kuasai.

Cari Tutor Online yang Tepat

belajar bahasa inggris online tutor

Kemampuan belajar setiap individu itu berbeda dan masing-masing bisa memiliki cara belajar yang efektif tersendiri. Kalau kamu merasa kemampuan bahasa Inggris gak berkembang sama sekali dengan mengikuti pola pengajaran guru kamu di kelas, sebenarnya itu bukan semata-mata karena kamu kurang pandai. Hal ini bisa dibilang wajar karena disamping waktu belajar kita di kelas yang sangat terbatas (sekitar 90 menit untuk 1 kali pertemuan), pengajaran di kelas juga cenderung tidak melakukan pendekatan personal ke setiap siswanya.

Sedangkan, kalau ikut kursus kamu bisa diarahkan secara personal dengan memberikan kamu pembelajaran berkualitas dengan jumlah siswa yang lebih sedikit untuk memaksimalkan efektivitas kamu dalam belajar.

Meski begitu, pemilihan tutor bahasa Inggris ini tak bisa asal begitu saja. Usahakan untuk memilih lembaga kursus online yang bisa menjadikan aktivitas belajarmu menyenangkan, memiliki standard pencapaian yang jelas, dan tentunya berpengalaman. Kalau kamu masih bingung carinya, coba aja gabung dengan Lister. Lembaga kursus bahasa Inggris online satu ini memiliki beragam paket kursus online yang menarik sesuai dengan kebutuhan belajar kamu, seperti kursus bahasa Inggris anak, bahasa Inggris business, bahasa Inggris akademik, dan masih banyak lagi paket kursus yang lainnya. Jadi, meski di tengah pandemi seperti ini, kita tetap bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di manapun dan kapanpun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel