3 Contoh Teks Analytical Exposition dan Terjemahnnya

Contoh Teks Analytical Exposition - Analytical exposition merupakan teks yang bertujuan untuk menyampaikan pandangan penulis tentang suatu masalah. Tidak hanya di artikel surat kabar, teks analytical exposition juga biasanya ada di jurnal, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

contoh teks analytical exposition

Teks ini merupakan teks argumentatif yang berusaha meyakinkan pembaca bahwa masalah yang dibicarakan adalah masalah yang penting. Selain untuk menuangkan pemikiran penulis, teks analytical exposition juga bertujuan untuk memberikan sudut pandang lain kepada pembaca.

Nah, buat kalian yang sedang mencari referensi contoh teks analytical exposition Bahasa Inggris untuk tugas sekolah, berikut beberapa contoh yang bisa digunakan sebagai referensi.

Contoh Teks Analytical Exposition 1

The Importance of Education

Education is the most important thing among us all. Education has a very important role in your life. In order to live a luxurious life or live a better life, you need education.

Education becomes something that can change a person in living a better life and for social welfare. Education is a step towards doing something constructive for the near future. It helps someone to do their best by using their mind and soul. This is what gives you a lot of knowledge in all aspects.

Education plays an important role in your success in personal growth. The more knowledge you have, the more you will grow. Being educated and obtaining a professional degree can prepare you to be part of well-known companies, organizations, or institutions.

As discussed above, there are a lot of positive benefits to having a good education. Therefore, education is deemed a real success behind any future success.

Terjemahan Teks Analytical Exposition 1

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan adalah hal terpenting di antara kita semua. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam hidupmu. Untuk menjalani kehidupan mewah atau menjalani kehidupan yang lebih baik, kamu membutuhkan pendidikan.

Pendidikan menjadi sesuatu yang dapat mengubah seseorang dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan untuk kesejahteraan sosial. Pendidikan adalah langkah untuk melakukan sesuatu yang konstruktif dalam waktu dekat. Hal ini membantu seseorang untuk melakukan yang terbaik dengan menggunakan pikiran dan jiwa mereka. Inilah yang memberimu banyak pengetahuan dalam semua aspek.

Pendidikan memainkan peran penting dalam kesuksesanmu dalam perkembangan diri. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, semakin banyak kamu akan bertumbuh. Terdidik dan memperoleh gelar profesional dapat mempersiapkan kamu untuk menjadi bagian dari perusahaan, organisasi, atau institusi terkenal.

Sebagaimana dibahas di atas, ada banyak manfaat positif dari pendidikan yang baik. Oleh karena itu, pendidikan dianggap sukses nyata di balik kesuksesan masa depan.

Contoh Teks Analytical Exposition 2

Why is Sleep Importance?

Sleep has a very important role in good health and well-being for the rest of your life. When you sleep, your brain gets ready to run the next day. This will certainly create new pathways to help you learn and remember information.

Studies suggest that a good night's sleep can enhance learning. Whether you are learning how to play the piano, math, how to play golf, or how to drive a car, sleep will help you improve your learning and problem-solving skills. Sleep will also help you make decisions, pay attention, and be creative.

Physical health is often related to sleep quality. That is why sleep has an important role in your physical health. Continuous sleep deprivation is associated with an increased risk of kidney, heart disease, high blood pressure, stroke, and diabetes.

Based on several facts discussed above, it is clear that maintaining sleep quality is good for our physical health and brain function.

Terjemahan Teks Analytical Exposition 2

Kenapa Tidur itu Penting?

Tidur memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan dan kesejahteraan yang baik selama sisa hidupmu. Saat kamu tidur, otakmu bersiap untuk bekerja keesokan harinya. Ini pasti akan menciptakan jalur baru untuk membantu kamu mempelajari dan mengingat informasi.

Studi menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat meningkatkan pembelajaran. Entah kamu sedang belajar cara bermain piano, matematika, cara bermain golf, atau cara mengendarai mobil, tidur akan membantu kamu meningkatkan kemampuan belajar dan pemecahan masalahmu. Tidur juga akan membantu kamu membuat keputusan, memperhatikan, dan menjadi kreatif.

Kesehatan fisik sering kali dikaitkan dengan kualitas tidur. Itulah mengapa tidur memiliki peran penting dalam kesehatan fisikmu. Kurang tidur terus-menerus dikaitkan dengan peningkatan risiko ginjal, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

Berdasarkan beberapa fakta yang telah dibahas di atas, jelaslah bahwa menjaga kualitas tidur baik untuk kesehatan fisik dan fungsi otak kita.

Contoh Teks Analytical Exposition 3

Harmful Effects of Littering

We produce a lot of waste every day. Indeed, this cannot be avoided but finding a good way to overcome it is a must because the habit of littering can affect the environment to be very terrible. Below are various harmful effects of littering that we may not be aware of.

If your environment does not smell nice, there may be some organic waste scattered about. The organic waste can rot and will pollute the air with an unpleasant odor. Rotten garbage is also a place for harmful germs. These harmful germs can be spread through the air or with the help of flies. That means, when you let the organic waste scatter around, you also have to be prepared to get sick.

Non-organic waste or what is called non-biodegradable waste, for example, styrofoam and plastics, can also have a negative impact on the environment. In fact, this type of garbage causes flooding in urban areas. Plastic and styrofoam that are dumped carelessly will be carried by rainwater to the drain. Then it piles up in the gutter and clogs the drains. When this situation has occurred, then flooding can no longer be avoided.

This type of waste is also often carried out to sea. So that it can pollute water and endanger marine life. The dangers are very real. In fact, hundreds of marine animals such as fish, turtles, whales, and seals have died because they accidentally ate plastic or cigarette butts. This number will continue to grow if we don't start changing our habit of littering. If the disaster above is not enough to arouse your heart, do you want to eat fish with garbage in its stomach? If not, change bad habits.

Terjemahan Teks Analytical Exposition 3

Bahaya Membuang Sampah Sembarangan

Kita menghasilkan banyak sampah setiap hari. Memang hal tersebut tidak dapat dihindari namun mencari cara yang baik untuk mengatasinya merupakan suatu keharusan karena kebiasaan membuang sampah sembarangan dapat berdampak pada lingkungan menjadi sangat mengerikan. Di bawah ini adalah berbagai efek berbahaya dari membuang sampah sembarangan yang mungkin tidak kita sadari.

Jika lingkunganmu baunya tidak enak, mungkin ada sampah organik berserakan. Sampah organik dapat membusuk dan akan mencemari udara dengan bau yang tidak sedap. Sampah busuk juga menjadi tempat berkembang biaknya kuman berbahaya. Kuman berbahaya ini dapat menyebar melalui udara atau dengan bantuan lalat. Artinya, ketika membiarkan sampah organik berserakan, kamu juga harus bersiap-siap sakit.

Sampah non organik atau yang disebut dengan sampah non biodegradable, misalnya styrofoam dan plastik, juga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Padahal, sampah jenis ini menyebabkan banjir di perkotaan. Plastik dan styrofoam yang dibuang sembarangan akan terbawa air hujan ke saluran pembuangan. Kemudian menumpuk di selokan dan menyumbat saluran air. Ketika keadaan ini sudah terjadi, maka banjir tidak bisa lagi dihindari.

Jenis sampah ini juga sering dibawa ke laut. Sehingga dapat mencemari air dan membahayakan biota laut. Bahayanya sangat nyata. Bahkan, ratusan satwa laut seperti ikan, penyu, paus, dan anjing laut mati karena tidak sengaja memakan plastik atau puntung rokok. Jumlah ini akan terus bertambah jika kita tidak mulai mengubah kebiasaan membuang sampah sembarangan. Jika musibah di atas belum cukup menggugah hati, apa kamu mau makan ikan yang perutnya ada sampahnya? Jika tidak, ubah kebiasaan buruk tersebut.

Nah, itu dia beberapa contoh teks analytical exposition dan terjemahannya yang bisa dijadikan referensi ataupun untuk tugas sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel