Contoh Teks Analytical Exposition tentang Covid-19 dan Terjemahannya

Contoh Teks Analytical Exposition tentang COVID-19 - Teks eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan, menyampaikan informasi tentang suatu topik. Topik dalam teks eksposisi dapat berupa berbagai masalah. Mulai dari isu-isu terkini yang sedang dibahas, ataupun isu-isu yang menurut penulis penting untuk dibahas. Salah satu isu yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah tentang pandemi COVID-19.

contoh teks analytical exposition tentang covid-19

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus korona yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang ditimbulkannya tidak diketahui sebelum wabah di Wuhan, China, pada Desember 2019 dimulai. COVID-19 sekarang menjadi pandemi yang terjadi di banyak negara di dunia, salah satunya di Indonesia sendiri.

Nah, sehubungan dengan isu COVID-19 yang kian serius ini, kali ini ContohText akan membagikan beberapa contoh teks analytical exposition tentang COVID-19.

Ok, langsung saja berikut beberapa contoh teks analytical exposition tentang Covid-19.

Contoh Teks Analytical Exposition tentang COVID-19 Ke-1

Why is Social Distancing Important during Corona Pandemic?

As cases of coronavirus disease or COVID-19 continue to spread like wildfire across the globe, the term social distancing seems to be flooding news and social media feeds. It is done by keeping a safe space about 1.5 meters between yourself and other people who are not from your household. Then, why is social distancing important?

When someone coughs or sneezes, they spray small droplets from their nose or mouth which may contain the virus. If you are too close, you can breathe in the droplets, including the COVID-19 virus if the person coughing has the disease, even if they do not feel sick. The best way to fight the spread of the virus is to stay at home, be away from your friends, and socialize online.

Physically distancing is critical to try and limit the spread of COVID-19. The rationale behind social distancing is to try and avoid a huge spike in COVID-19 cases that will put too much strain on our health care system all at once. If everyone gets sick at the same time, hospitals will be overwhelmed, and won’t have the capability to provide the necessary treatment for everyone.

As discussed above, it is clear that social (physical) distancing is important because it can effectively break the transmission chain if we continue to limit our physical interactions with others during the coronavirus pandemic.

Terjemahan Teks Analytical Exposition tentang COVID-19 Ke-1

Mengapa Jarak Sosial Penting selama Pandemi Corona?

Ketika kasus penyakit virus korona atau COVID-19 terus menyebar seperti kebakaran hutan di seluruh dunia, istilah social distancing tampaknya membanjiri berita dan media sosial. Hal tersebut dilakukan dengan menjaga jarak aman sekitar 1,5 meter antara Anda dengan orang lain yang bukan dari lingkungan rumah Anda. Lalu, mengapa social distancing penting?

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup tetesannya, termasuk virus COVID-19 jika orang yang batuk mengidap penyakit tersebut, meskipun dia tidak merasa sakit. Cara terbaik untuk melawan penyebaran virus adalah tinggal di rumah, jauh dari teman Anda, dan bersosialisasi secara online.

Jarak fisik sangat penting untuk mencoba dan membatasi penyebaran COVID-19. Alasan di balik jarak sosial adalah mencoba dan menghindari lonjakan besar kasus COVID-19 yang akan terlalu membebani sistem perawatan kesehatan kita secara sekaligus. Jika semua orang sakit pada saat yang sama, rumah sakit akan kewalahan, dan tidak akan memiliki kemampuan untuk menyediakan perawatan yang diperlukan untuk semua orang.

Sebagaimana dibahas di atas, jelas bahwa jarak sosial (fisik) itu penting karena secara efektif dapat memutus rantai penularan jika kita terus membatasi interaksi fisik kita dengan orang lain selama pandemi virus corona.

 

Contoh Teks Analytical Exposition tentang COVID-19 Ke-2

The Importance of Hand Washing in Covid-19 Outbreak

Respiratory viruses such as COVID-19, spread when mucus or droplets containing the virus enter the body through the nose, mouth, or eyes. One of the cheapest, easiest, and most important ways to prevent the spread of the virus is to wash your hands often with soap and water. Then why is washing hand is important in the COVID-19 outbreak? Is it really work?

First, objects in public places may have viruses on them. Our hands touch many objects in public and there may be viruses on them. The contaminated hand then touches our eyes, nose, and mouth. We can become sick when the virus infected our body.

Second, we also interact with many people. There is a chance they can carry the virus in their hands when shaking hands or interacting with us. Even though we do not touch contaminated objects, we touch that person's hand.

Accordingly, washing hands is important because we can be contaminated at any time by viruses. Washing hands with soap will be cheaper and easier to do than using hand sanitizer. It is clear that washing hands keep the health of ourselves and the people we love around us, especially during the COVID-19 pandemic.

Terjemahan Teks Analytical Exposition tentang COVID-19 Ke-2

Pentingnya Cuci Tangan dalam Wabah Covid-19

Virus pernapasan seperti COVID-19 menyebar ketika lendir atau tetesan yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, atau mata. Salah satu cara termurah, termudah, dan terpenting untuk mencegah penyebaran virus adalah sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Lalu mengapa mencuci tangan penting dalam wabah COVID-19? Apakah ini benar-benar manjur?

Pertama, objek di tempat umum mungkin terkena virus. Tangan kita menyentuh banyak benda di depan umum dan mungkin ada virus di atasnya. Tangan yang terkontaminasi kemudian menyentuh mata, hidung, dan mulut kita. Kita bisa sakit jika virus menginfeksi tubuh kita.

Kedua, kita juga berinteraksi dengan banyak orang. Ada kemungkinan mereka bisa membawa virus di tangan mereka saat berjabat tangan atau berinteraksi dengan kita. Meskipun kita tidak menyentuh benda yang terkontaminasi, kita menyentuh tangan orang itu.

Oleh karena itu, mencuci tangan menjadi penting karena setiap saat kita dapat terkontaminasi oleh virus. Mencuci tangan pakai sabun akan lebih murah dan mudah dilakukan dibanding menggunakan hand sanitizer. Jelaslah bahwa mencuci tangan menjaga kesehatan diri kita dan orang-orang yang kita cintai di sekitar kita, terutama saat terjadi pandemi COVID-19.

 

Baiklah, itu tadi beberapa contoh teks analytical exposition tentang COVID-19 beserta dengan terjemahannya yang bisa dijadikan bahan referensi penulisan teks analytical exposition ataupun sebagai bahan untuk tugas sekolah.