5 Contoh Teks Analytical Exposition Singkat dan Terjemahannya

Buat kamu yang sudah duduk di bangku SMA dan sederajat, pastinya akan banyak jenis teks Bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari, salah satunya yaitu teks analytical exposition. Teks yang masih termasuk ke dalam argumentative ini digunakan untuk menunjukkan suatu pendapat atau argument penulis terhadap sesuatu. Sedangkan, fungsi sosial dari teks analytical exposition yaitu untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan merupakan topik penting untuk dibahas dengan cara memberikan pendapat yang mendukung main idea atau topik tersebut.

Contoh Teks Analytical Exposition Singkat dan Terjemahannya

Contoh teks analytical exposition singkat, image by freepik.com

Nah, kalau cuma membahas mengenai pengertian dari teks analytical exposition saja, tentu pemahaman yang kita dapat tak akan maksimal. Untuk itu, berikut ContohText berikan 5 contoh teks analytical exposition singkat dan terjemahannya yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari teks analytical exposition ini lebih lanjut.


Contoh Teks Analytical Exposition Singkat 1

Why Sleep is Essential for Our Health

Modern-day living, especially in urban areas, does not always embrace the necessity of an adequate portion of sleep. Yet, it is essential that people make an effort to get enough sleep regularly.

Enough sleep makes us be more active. When we get healthy sleep, our energy levels are higher. So it can improve athletic performance, including better speed, agility, and reflexes.

Sleeping is the most vital time to shape memories and make the connections between events, feeling, and experiences. In fact, sleep helps us to form new learning and memory pathway in our brains.

Good sleep allows our mind to regain focus and tackle those tricky mental challenges. It can also stimulate creativity.

Sleep makes our immune system stronger and helps us to fight infection. It is our body mechanism to ward off infection. When we do not get enough sleep, our immune system will be weaker, making us more susceptible to illness.

From the fact above, it is clearly obvious that sleep is essential for health. Getting enough, healthy sleep will make us be more active, boost our memory, keep us stay alert, and strengthen our immune system.

Terjemahan Teks Analytical Exposition Singkat 1

Mengapa Tidur Penting untuk Kesehatan Kita

Kehidupan modern, terutama di daerah perkotaan, tidak selalu menerima kebutuhan tidur yang cukup. Namun, sangat penting bagi orang untuk cukup tidur secara teratur.

Tidur yang cukup membuat kita menjadi lebih aktif. Ketika kita mendapatkan tidur yang sehat, tingkat energi kita lebih tinggi. Sehingga dapat meningkatkan performa atletik, termasuk kecepatan, kelincahan, dan refleks yang lebih baik.

Tidur adalah waktu yang paling vital untuk membentuk ingatan dan membuat hubungan antara peristiwa, perasaan, dan pengalaman. Sebenarnya, tidur membantu kita membentuk jalur pembelajaran dan memori baru di otak kita.

Tidur yang baik memungkinkan pikiran kita untuk mendapatkan kembali fokus dan mengatasi tantangan mental yang sulit itu. Itu juga dapat merangsang kreativitas.

Tidur membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat dan membantu kita melawan infeksi. Ini adalah mekanisme tubuh kita untuk menangkal infeksi. Ketika kita tidak cukup tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan lebih lemah, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Dari fakta di atas, jelas terlihat bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan. Tidur yang cukup dan sehat akan membuat kita lebih aktif, meningkatkan daya ingat, membuat kita tetap waspada, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.


Contoh Teks Analytical Exposition Singkat 2

The Importance of Breakfast

Some people prefer to skip breakfast or eat breakfast and use the morning time for other activities, such daily pattern is not good for us. Breakfast has some beneficial effects for us.

Firstly, having breakfast helps us prevent overeating. People who had breakfast in the morning will keep their metabolism stable and prevent them from consuming excessive calories for the entire day.

Secondly, breakfast may prevent ulcer pain. It also prevents the recurrence of ulcers for those who suffer from it. Breakfast will keep the stomach filled with food so that it can neutralize stomach acid.

Thirdly, breakfast will improve brain function. Our brain requires glucose from food to work best. Studies have also shown how having breakfast can improve memory and concentration levels, lower stress levels, and improve mood which leads us to be happier.

Lastly, breakfast will reduce stomach fat. Breakfast may prevent us from excessive snacking on junk food such as candy, soda, and chips; thereby it will reduce the amount of belly fat that leads to weight gain.

In conclusion, breakfast is important to keep us healthy and energized to start the day.

Terjemahan Teks Analytical Exposition Singkat 2

Pentingnya Sarapan Pagi

Beberapa orang lebih suka melewatkan sarapan atau makan pagi dan menggunakan waktu pagi hari untuk kegiatan lain, pola harian seperti itu tidak baik untuk kita. Sarapan memiliki beberapa efek menguntungkan bagi kita.

Pertama, sarapan pagi membantu kita mencegah makan berlebihan. Orang yang sarapan di pagi hari akan menjaga metabolisme mereka tetap stabil dan mencegah mereka mengonsumsi kalori berlebih sepanjang hari.

Kedua, sarapan dapat mencegah sakit maag. Ini juga mencegah terulangnya maag bagi mereka yang menderita penyakit tersebut. Sarapan akan menjaga perut dipenuhi dengan makanan sehingga bisa menetralkan asam lambung.

Ketiga, sarapan akan meningkatkan fungsi otak. Otak kita membutuhkan glukosa dari makanan agar bekerja dengan baik. Penelitian juga menunjukkan bagaimana sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan suasana hati yang membuat kita lebih bahagia.

Terakhir, sarapan akan mengurangi lemak perut. Sarapan dapat mencegah kita dari ngemil junk food berlebihan seperti permen, soda, dan keripik; dengan demikian ini akan mengurangi jumlah lemak perut yang menyebabkan pada bertambahnya berat badan.

Kesimpulannya, sarapan penting untuk menjaga kita tetap sehat dan berenergi untuk memulai hari.


Contoh Teks Analytical Exposition Singkat 3

The Importance of Drinking Enough Water

How much do you drink water today? Water is often considered insignificant but beyond that, it turns out that water has essential roles for our body. There are several reasons why you need to drink enough water every day.

Firstly, our body fluid is replenished by drinking the water. Water is used by the body to digest food and helps to transport essential nutrients throughout the body. Besides, body fluid is also useful for producing saliva and regulating body temperature.

Secondly, water improves the kidneys' function. Our kidneys process 200 liters of blood in our body every day. They also filter out waste from the blood in the form of urine and deliver it to the bladder. To do all the tasks, they need enough water to clean anything unnecessary for our bodies.

Thirdly, drinking water helps to moisturize our skin. It makes our skin feel fresh, soft, and smooth.

Lastly, drinking enough water a day can improve the function of our brain. It helps us to concentrate more and unleash the nervous system in the brain.

In conclusion, drinking enough water is important because about 60 percent of our body is water. It helps to improve the kidneys and brain function and is good to keep skin healthy.

Terjemahan Teks Analytical Exposition Singkat 3

Pentingnya Minum Air Yang Cukup

Berapa banyak Anda minum air hari ini? Air sering dianggap tidak penting tetapi di balik itu, ternyata air memiliki peran penting bagi tubuh kita. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu minum cukup air setiap hari.

Pertama, cairan tubuh kita kembali terisi dengan meminum air. Air digunakan oleh tubuh untuk mencerna makanan dan membantu mengangkut nutrisi penting ke seluruh tubuh. Selain itu, cairan tubuh juga berguna untuk memproduksi air liur dan mengatur suhu tubuh.

Kedua, air meningkatkan fungsi ginjal. Ginjal kita memproses 200 liter darah dalam tubuh kita setiap hari. Mereka juga menyaring limbah dari darah dalam bentuk urin dan mengirimkannya ke kandung kemih. Untuk melakukan semua tugas, mereka membutuhkan air yang cukup untuk membersihkan sesuatu yang tidak perlu bagi tubuh kita.

Ketiga, air minum membantu melembabkan kulit kita. Itu membuat kulit kita terasa segar, lembut, dan halus.

Terakhir, minum cukup air sehari dapat meningkatkan fungsi otak kita. Ini membantu kita untuk lebih berkonsentrasi dan melepaskan sistem saraf di otak.

Kesimpulannya, minum cukup air penting karena sekitar 60 persen dari tubuh kita adalah air. Ini membantu meningkatkan fungsi ginjal dan otak dan bagus untuk menjaga kulit tetap sehat.


Contoh Teks Analytical Exposition Singkat 4

Why Farming is Essential for Us

In this modern era, people can get their food conveniently by buying it from the supermarket or grocery store. It is the farmers who provide us with fresh produce, vegetables, meats, and other non-processed items. Unfortunately, farming has become the least attractive employment sector for youths. Yet, farming is important to support our life.

Farming is a huge boon to our local economy. Most of the farms owned are family-owned farms. It means when we buy local produce, we support their family while they support ours.

The healthy way to eat is consuming fresh fruits, vegetables, and animals which are grain-fed and raised in humane conditions. Without the local farmers, we would sorely lack healthy food and would be forced to consume processed and less healthy food.

Agriculture is the largest industry in Indonesia. These jobs range from actual farming, processing, distribution, and much more. With this great opportunity, it will absorb a lot of local workers and advance the development of the community's economy.

I personally believe that farming is essential for us as a community and local farmers can be a great way to empowering local economies, providing healthy food, and advancing the development of the community's economy.

Terjemahan Teks Analytical Exposition Singkat 4

Mengapa Pertanian Penting bagi Kita

Di era modern ini, orang bisa mendapatkan makanan dengan mudah dengan cara membelinya dari supermarket atau toko kelontong. Adalah para petani yang memberi kami hasil bumi segar, sayuran, daging, dan barang-barang non-olahan lainnya. Sayangnya, pertanian telah menjadi sektor pekerjaan yang paling tidak menarik bagi kaum muda. Akan tetapi, pertanian merupakan penting untuk mendukung kehidupan kita.

Pertanian adalah anugerah besar bagi perekonomian lokal kita. Sebagian besar pertanian yang dimiliki adalah pertanian milik keluarga. Itu berarti ketika kita membeli produk lokal, kita menyokong keluarga mereka sementara mereka menyokong keluarga kita.

Cara sehat untuk makan adalah mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan hewan yang diberi makan biji-bijian dan dibesarkan dalam kondisi manusiawi. Tanpa petani lokal, kita akan sangat kekurangan makanan sehat dan akan dipaksa untuk mengkonsumsi makanan olahan dan kurang sehat.

Pertanian adalah industri terbesar di Indonesia. Pekerjaan ini berkisar dari pertaniannya sendiri, pemrosesan, distribusi dan banyak lagi. Dengan peluang besar ini, hal ini akan menyerap banyak pekerja lokal dan memajukan perkembangan ekonomi masyarakat.

Saya pribadi percaya bahwa pertanian sangat penting bagi kita sebagai komunitas dan petani lokal dapat menjadi cara yang bagus untuk memberdayakan ekonomi lokal, menyediakan makanan sehat, dan memajukan pembangunan ekonomi masyarakat.


Contoh Teks Analytical Exposition Singkat 5

The importance of School Extracurricular Activities for Students

Besides learning formal lessons, students at school are able to develop their personality by joining certain extracurricular activities that held at school, for example, boy scouts, martial art, music, English club, sports, and so on. The activities have significant roles for students.

Firstly, school extracurricular activities will reveal the students' hidden potentials. This is important since knowing students’ potentials will ease school to direct and manage the students’ progress in certain talents. If some students join sport extracurricular, for example, the school basketball team, it is easy for the school to choose the best student sent if there is any student basketball competition.

Secondly, extracurricular activities will increase students’ self-confidence. It is important for them to have strong and high self-confidence in order to achieve higher achievements and better character.

Thirdly, joining school extracurricular activities will train students to learn how to organize and give a contribution to a certain kind of organization. This knowledge and experience are vital to developing students' leadership and cooperation. Here the will be involved in choosing the leader of the school extracurricular, managing the administration of the group, promoting their activities to other students, building good communication with school management and running the activity continuously. This needs strong leadership and full commitment and cooperation among members.

It is obviously clear that extracurricular activity in school is important for students to develop their potential, increase self-confidence, and train them to learn how to organize in school community.

Terjemahan Teks Analytical Exposition Singkat 5

Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah untuk Siswa

Selain belajar pelajaran formal, siswa di sekolah dapat mengembangkan kepribadian mereka dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tertentu yang diadakan di sekolah, misalnya, pramuka, seni bela diri, musik, klub Bahasa Inggris, olahraga, dan sebagainya. Kegiatan tersebut memiliki peran penting bagi siswa.

Pertama, kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan menyingkap potensi tersembunyi siswa. Hal ini penting karena mengetahui potensi siswa akan memudahkan sekolah untuk mengarahkan dan mengelola kemajuan siswa dalam bakat tertentu. Jika beberapa siswa mengikuti ekstrakurikuler olahraga, misalnya tim bola basket sekolah, mudah bagi sekolah untuk memilih siswa terbaik yang dikirim jika ada kompetisi bola basket siswa.

Kedua, kegiatan ekstrakurikuler akan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penting bagi mereka untuk memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tinggi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan karakter yang lebih baik.

Ketiga, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan melatih siswa untuk belajar bagaimana mengatur dan memberikan kontribusi pada jenis organisasi tertentu. Pengetahuan dan pengalaman ini sangat penting untuk mengembangkan kepemimpinan dan kerja sama siswa. Di sini akan terlibat dalam memilih pemimpin ekstrakurikuler sekolah, mengelola administrasi kelompok, mempromosikan kegiatan mereka kepada siswa lain, membangun komunikasi yang baik dengan manajemen sekolah dan menjalankan kegiatan secara terus menerus. Hal ini membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan komitmen penuh serta kerja sama di antara anggota.

Jelas sekali bahwa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah penting bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka, meningkatkan kepercayaan diri, dan melatih mereka untuk belajar bagaimana berorganisasi di komunitas sekolah.


Nah, itulah tadi 5 contoh teks analytical exposition singkat dan terjemahannya yang bisa kamu gunakan untuk belajar teks analytical exposition lebih lanjut ataupun untuk referensi dalam mengerjakan tugas sekolah.

Selain contoh teks analytical exposition singkat dan terjemahannya tadi, ContohText juga masih memiliki berbagai materi belajar Bahasa Inggris, mulai dari jenis teks Bahasa Inggris, grammar, tenses, dan lain sebagainya yang bisa ditemukan di laman daftar isi ContohText atau klik saja kategori terkait yang telah disediakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel